Tax100 税百

  • 在线人数 1021
  • Tax100会员 32503
查看: 129|回复: 0

[东南亚] 印度尼西亚 2021年第36号政府令《工资支付规定》

203

主题

396

帖子

896

积分

超级版主

Rank: 8Rank: 8

积分
896
2024-12-2 14:32:41 | 显示全部楼层 |阅读模式
政策文件
政策原文链接: https://peraturan.bpk.go.id/Details/161909/pp-no-36-tahun-2021
发文单位:
文件编号: -
文件名: 2021年第36号政府令《工资支付规定》
发文日期:
政策解读: -
备注: -
纵横四海点评: -
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR  36  TAHUN  2021
TENTANG
PENGUPAHAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang  :bahwa  untuk  melaksanakan  ketentuan  Pasal  81  dan Pasal   185   huruf   b   Undang-Undang   Nomor    11 Tahun  2020  tentang  Cipta  Kerja,perlu  menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Pengupahan;

Mengingat    :
1.Pasal    5   ayat    (2)Undang-Undang   Dasar   Negara
Republik Indonesia Tahun 1945;
2.Undang-Undang  Nomor   13  Tahun  2003  tentang Ketenagakerjaan   (Lembaran   Negara   Republik Indonesia   Tahun   2003   Nomor    39,Tambahan
Lembaran                        Negara          Republik           Indonesia
Nomor  4279);
3.Undang-Undang  Nomor   11  Tahun  2020  tentang CiptaKerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun  2020  Nomor  245,Tambahan  Lembaran  Negara Republik IndonesiaNomor 6573);

MEMUTUSKAN:
MenetapkanERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENGUPAHAN.

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal  1
Dalam   Peraturan   Pemerintah   ini   yang   dimaksud dengan:
1.Upah adalah hak Pekerja/Buruh yang diterima dan dinyatakan  dalam  bentuk  uang  sebagai  imbalan dari   Pengusaha    atau   pemberi   kerja   kepada Pekerja/Buruh  yang  ditetapkan  dan  dibayarkan menurut  suatu  Perjanjian  Kerja,kesepakatan,atau peraturan        perundang-undangan,        termasuk tunjangan  bagi  Pekerja/Buruh  dan  keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.
2.Pekerja/Buruh  adalah  setiap  orang  yang  bekerja dengan menerima Upah atau imbalan dalambentuk lain.
3.Pengusaha    adalah:
a.orang     perseorangan,persekutuan,atau      badan hukum  yang  menjalankan   suatu  Perusahaan milik sendiri;
b.orang     perseorangan,persekutuan,atau     badan hukum yang secara berdiri sendiri menjalankan Perusahaan bukan miliknya;
c.orang     perseorangan,persekutuan,atau     badan  hukum  yang  berada  di  Indonesia  mewakili Perusahaan    sebagaimana    dimaksud    dalam huruf  a   dan  b  yang  berkedudukan  di  luar
wilayah Indonesia. 4.Perusahaan    adalah:
a.setiap   bentuk   usaha   yang   berbadan   hukum atau   tidak,milik   orang   perseorangan,milik persekutuan,atau   milik   badan   hukum,baik milik   swasta   maupun   milik   negara   yang mempekerjakan       Pekerja/Buruh        dengan membayar Upah  atau  imbalan  dalam  bentuk lain;
b.usaha-usaha  sosial  dan  usaha-usaha  lain  yang mempunyai   pengurus   dan   memperkerjakan orang   lain   dengan   membayar   Upah    atau imbalan dalam bentuk lain.
5.Perjanjian       Kerja      adalah    perjanjian     antara  Pekerja/Buruh  dengan  Pengusaha  atau  pemberi kerja  yang  memuat  syarat-syarat  kerja,hak,dan kewajiban para pihak.
6.Peraturan    Perusahaan     adalah    peraturan     yang dibuat secara tertulis oleh Pengusaha yang memuat syarat-syarat kerja dan tata tertib Perusahaan.
7.Perjanjian  Kerja  Bersama  adalah  perjanjian  yang merupakan   hasil   perundingan   antara    Serikat Pekerja/Serikat   Buruh   atau   beberapa   Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang tercatat pada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan Pengusaha,atau beberapa Pengusaha atau perkumpulan  Pengusaha  yang  memuat   syarat- syarat kerja,hak,dan kewajiban kedua belah pihak.
8.Hubungan       Kerja    adalah     hubungan      antara  Pengusaha   dengan    Pekerja/Buruh   berdasarkan PerjanjianKerja,yang mempunyai unsur pekerjaan, Upah,dan  perintah.
9.Pemutusan  Hubungan  Kerja  adalah  pengakhiran Hubungan  Kerja  karena  suatu  hal  tertentu  yang mengakibatkan  berakhirnya  hak  dan  kewajiban  antara Pekerja/Buruh dan Pengusaha.
10.Serikat  Pekerja/Serikat  Buruh  adalah  organisasi yang dibentuk dari,oleh,dan untuk Pekerja/Buruh baik  di  Perusahaan  maupun  di  luar  Perusahaan, yang   bersifat   bebas,terbuka,mandiri,demokratis, dan  bertanggung  jawab   guna  memperjuangkan, membela  serta  melindungi  hak  dan  kepentingan Pekerja/Buruh  serta  meningkatkan  kesejahteraan Pekerja/Buruh dan keluarganya.
11.Pemerintah    Pusat    adalah    Presiden    Republik Indonesia        yang        memegang        kekuasaan pemerintahan  negara  Republik  Indonesia  yang dibantu        oleh         Wakil        Presiden         dan        menteri sebagaimana   dimaksud   dalam   Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
12.Pengawas Ketenagakerjaan adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas,tanggung jawab,wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk     melaksanakan      kegiatan      pembinaan, pemeriksaan,     pengujian,       penyidikan,      dan pengembangan              sistem                    pengawasan ketenagakerjaan      sesuai      dengan          ketentuan  peraturan  perundang-undangan.
13.Menteri  adalah  menteri  yang  menyelenggarakan
urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan.

Pasal 2
(1)Setiap  Pekerja/Buruh  berhak   atas  penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
(2)Setiap  Pekerja/Buruh  berhak  memperoleh perlakuan  yang  sama  dalam  penerapan   sistem pengupahan tanpa diskriminasi.
(3)Setiap  Pekerja/Buruh  berhak   memperoleh  Upah yang sama untuk pekerjaan yang sama nilainya.

Pasal 3
Hak Pekerja/Buruh atas Upah timbul pada saat terjadi Hubungan    Kerja     antara    Pekerja/Buruh     dengan Pengusaha    dan    berakhir    pada     saat     putusnya HubunganKerja.


BAB  II
KEBIJAKAN    PENGUPAHAN
Pasal 4
(1)Pemerintah        Pusat      menetapkan      kebijakan pengupahan      sebagai       salah     satu       upaya    mewujudkan       hak       Pekerja/Buruh        atas penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
(2)  Kebijakan  pengupahan  sebagaimana  dimaksud pada    ayat    (1)merupakan    program    strategis nasional.
(3)Pemerintah       Daerah        dalam    melaksanakan  kebijakan  pengupahan  wajib  berpedoman  pada kebijakan Pemerintah Pusat.


Pasal 5
(1)Kebijakan  pengupahan  ditetapkan  sebagai  salah satu upaya mewujudkan hak Pekerja/Buruh atas penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
(2)Kebijakan  pengupahan  sebagaimana  dimaksud
pada ayat(1)meliputi:
a.Upah    minimum;
b.struktur  dan  skala  Upah;
c.Upah  kerja  lembur;
d.Upah   tidak   masuk   kerja   dan/atau   tidak melakukan pekerjaan karena alasan tertentu;
e.bentuk  dan  cara  pembayaran  Upah;
f.hal-hal   yang   dapat   diperhitungkan   dengan Upah;dan
g.Upah     sebagai     dasar     perhitungan     atau
pembayaran hak dan kewajiban lainnya.

Pasal 6
(1)Kebijakan      pengupahan     ditujukan     untuk  pencapaian     penghasilan     yang     memenuhi penghidupan yang layak bagikemanusiaan.
(2)Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dalambentuk:
a.Upah;dan
b.pendapatan    non-Upah.

Pasal 7
(1)Upah terdiri atas komponen:
a.Upah   tanpa   tunjangan;
b.Upah pokok dan tunjangan tetap;
C.       Upah pokok,tunjangan tetap,dan tunjangan tidak tetap;atau
d.·Upah pokok dan tunjangan tidak tetap.
(2)Dalam  hal  komponen  Upah  terdiri  atas  Upah pokok    dan    tunjangan    tetap    sebagaimana dimaksud pada ayat (1)huruf b,besarnya Upah pokok paling sedikit 75%.(tujuh puluh lima persen) dari jumlahUpah pokok dan tunjangantetap.
(3)Dalam  hal  komponen  Upah  terdiri  atas  Upah pokok,tunjangan    tetap,dan    tunjangan    tidak    tetap sebagaimana  dimaksud  pada  ayat(1)huruf  c, besarnya Upah pokok paling sedikit 75%(tujuh puluh lima persen)dari jumlah Upah pokok dan tunjangan    tetap.
(4)Komponen  Upah  sebagaimana  dimaksud  pada ayat (1)yang akan digunakan ditetapkan dalam Perjanjian    Kerja,Peraturan    Perusahaan,atau Perjanjian   Kerja   Bersama.
(5)Persentase besaran Upahpokok dalam komponen Upah sebagaimana dimaksud pada ayat (2)dan ayat  (3)untuk jabatan  atau pekerjaan tertentu, dapat  diatur  dalam  Perjanjian  Kerja,Peraturan Perusahaan,atau PerjanjianKerja Bersama.

Pasal 8
(1)Pendapatan non-Upah berupa tunjangan hari raya keagamaan.
(2)Selain      tunjangan      hari    raya     keagamaan sebagaimana    dimaksud    pada    ayat    (1),Pengusaha dapat   memberikan    pendapatan   non-Upah    berupa:
a.insentif;
b.bonus;
c.uang   pengganti   fasilitas   kerja;dan/atau
d.uang  servis  pada  usaha  tertentu.

Pasal 9
(1)Tunjangan hari raya  keagamaan  wajib  diberikan oleh Pengusaha kepada Pekerja/Buruh.
(2)Tunjangan hariraya keagamaan wajib dibayarkan paling   lama   7(tujuh)hari   sebelum   hari   raya keagamaan.
(3)Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  tunjangan  hari raya  keagamaan  dan  tata  cara  pembayarannya diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 10
(1)Insentif  dapat  diberikan  oleh  Pengusaha  kepada Pekerja/Buruh   dalam   jabatan   atau   pekerjaan tertentu.
(2)Insentif ditetapkan  sesuai  kebijakan  Perusahaan.

Pasal 11
(1)Bonus  dapat  diberikan  oleh  Pengusaha  kepada Pekerja/Buruh atas keuntungan Perusahaan.
(2) Bonus untuk Pekerja/Buruh diatur dalam Perjanjian     Kerja,Peraturan     Perusahaan,atau Perjanjian    Kerja    Bersama.

Pasal  12
(1)Perusahaan     dapat     menyediakan     fasilitas     kerja bagi:
a.Pekerja/Buruh  dalam jabatan  atau  pekerjaan tertentu;atau
b.seluruh     Pekerja/Buruh.
(2)   Dalam  hal  fasilitas  kerja  bagi  Pekerja/Buruh  tidak tersedia   atau   tidak   mencukupi,Perusahaan   dapat memberikan     uang     pengganti      fasilitas     kerja  sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   8   ayat   (2) huruf c.
(3)Penyediaan fasilitas kerja sebagaimana dimaksud pada  ayat  (1)dan  pemberian  uang  pengganti fasilitas   kerja   sebagaimana   dimaksud   pada ayat   (2)diatur    dalam   Perjanjian    Kerja,Peraturan Perusahaan,atau   Perjanjian   Kerja   Bersama.

Pasal  13
(1)Uang servispada usaha tertentu dikumpulkan dan dikelola oleh Perusahaan.
(2)Uang servis pada usaha tertentu wajib dibagikan kepada  Pekerja/Buruh  setelah  dikurangi  biaya cadangan   terhadap   risiko   kehilangan   atau kerusakan   dan   pendayagunaan    peningkatan kualitas sumber daya manusia.
(3)Ketentuan    mengenai    uang    servis    pada     usaha tertentu  diatur  dengan  Peraturan  Menteri.

BAB III
UPAH BERDASARKAN SATUAN WAKTU DAN/ATAU SATUAN HASIL
Pasal 14
Upahditetapkan berdasarkan: a.satuan      waktu;dan/atau  b.satuan     hasil.

Pasal  15
Upah   berdasarkan   satuan   waktu   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 hurufa ditetapkan secara:
a.per    jam;
b.   harian;atau c.    bulanan.

Pasal  16
(1)Penetapan    Upah    per    jam    hanya     dapat diperuntukkanbagiPekerja/Buruh yang bekerja secara paruhwaktu.
(2)Upah   per jam  dibayarkan berdasarkan kesepakatan           antara        Pengusaha       dan  Pekerja/Buruh.
(3)Kesepakatan    sebagaimana     dimaksud    pada ayat  (2)tidak  boleh  lebih  rendah  dari  hasil perhitungan  formula Upah per jam.
(4)Formula    perhitungan    Upah    per    jam     sebagai berikut:
(5)Angka    penyebut    dalam    formula    perhitungan    Upah per  jam  dapat  dilakukan  peninjauan  apabila terjadi        perubahan            median       jam        kerja   Pekerja/Buruhparuh waktu secara signifikan.
(6)Peninjauan sebagaimana dimaksud pada ayat (5) dilakukan dan ditetapkan hasilnya oleh Menteri dengan  mempertimbangkan  hasil  kajian  yang dilaksanakan oleh dewan pengupahannasional.

Pasal 17
Dalam hal Upah ditetapkan secara harian,perhitungan Upah sehari sebagai berikut:
a.bagi   Perusahaan    dengan   sistem    waktu   kerja 6 (enam)hari dalam seminggu,Upah sebulan dibagi 25 (duapuluh lima);atau
b.bagi   Perusahaan   dengan   sistem   waktu   kerja 5(lima)hari dalam seminggu,Upah sebulan dibagi 21 (duapuluh satu).

Pasal 18
(1)Upah   berdasarkan   satuan   hasil   sebagaimana dimaksud  dalam  Pasal  14  huruf b  ditetapkan sesuai   dengan   hasil   pekerjaan   yang   telah disepakati.
(2)Penetapan       besarnya      Upah      sebagaimana dimaksud pada ayat(1)dilakukan oleh Pengusaha berdasarkan       hasil     kesepakatan       antara Pekerja/Buruh dengan Pengusaha.

Pasal 19
Penetapan  Upah  sebulan  berdasarkan  satuan  hasil sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf buntuk pemenuhan    pelaksanaan      ketentuan    peraturan  perundang-undangan,ditetapkan  berdasarkan  Upah rata-rata  12(dua belas)bulan terakhir yang diterima oleh Pekerja/Buruh.

BAB IV
STRUKTUR DAN SKALA UPAH
Pasal 20
(1)Penetapan  besarnya  Upah  berdasarkan  satuan waktu  sebagaimana  dimaksud dalam Pasal  14 huruf  a  dilakukan  dengan  berpedoman  pada struktur dan skala Upah.
(2)Dalam  hal  Upah   di  perusahaan  menggunakan komponen  Upah  tanpa  tunjangan,struktur  dan skala Upah menjadi pedoman dalam penetapan besaran Upahtanpatunjangan.
(3)Dalam   hal   Upah   di   perusahaan   terdiri   atas komponen Upah pokok dan tunjangan,struktur dan   skala   Upah    menjadi   pedoman    dalam penetapan besaran Upahpokok.

Pasal 21
(1)Pengusaha  wajib  menyusun   dan  menerapkan struktur dan skala Upah di Perusahaan dengan memperhatikan  kemampuan  Perusahaan  dan produktivitas.
(2)Struktur dan skala Upah sebagaimana dimaksud pada ayat(1)wajib diberitahukan kepada seluruh Pekerja/Buruh secara perorangan.
(2)Struktur   dan   skala   Upah   yang   diberitahukan sekurang-kurangnya  struktur  dan  skala  Upah pada  golongan jabatan  sesuai  dengan jabatan Pekerja/Buruh yang bersangkutan.

Pasal 22
(1)Struktur dan skala Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1)harus dilampirkan oleh Perusahaan pada saat mengajukan permohonan: a.pengesahan     dan     pembaruan     Peraturan
Perusahaan;atau
b.pendaftaran,perpanjangan,dan        pembaruan
PerjanjianKerja Bersama.
(2)Struktur   dan   skala   Upah   yang   dilampirkan sebagaimana     dimaksud      pada      ayat     (1) diperlihatkan kepada pejabat yang berwenang pada   kementerian   yang   menyelenggarakan   urusan  pemerintahan    di     bidang     ketenagakerjaan  dan/atau dinas yang menyelenggarakan urusan  pemerintahan dibidang ketenagakerjaan.
(3)Setelah   dokumen   struktur   dan   skala   Upah diperlihatkan,      pejabat      yang      berwenang sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (2)harus  mengembalikan  dokumen  struktur  dan  skala  Upah kepada pihak Perusahaan pada  saat  itu  juga.
(4)Selain  melampirkan  struktur  dan  skala  Upah sebagaimana dimaksud pada ayat (1),pimpinan Perusahaan melampirkan surat pernyataan telah ditetapkannya         struktur        dan          skala     Upah   di Perusahaan
(5)Surat  pernyataan   sebagaimana  dimaksud  pada ayat  (4)didokumentasikan  oleh  pejabat  yang berwenang                    pada         kementerian         yang  menyelenggarakan             urusan        pemerintahan di bidang ketenagakerjaan dan/atau dinas yang menyelenggarakan   urusan   pemerintahan   di bidang   ketenagakerjaan,sebagai   bukti   telah dilakukan penyusunan struktur dan skala Upah.
(6)Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  struktur  dan skala Upah diatur dengan Peraturan Menteri.

BAB V
UPAH MINIMUM
Bagian    Kesatu Umum
Pasal 23
(1)Upah    minimum    merupakan    Upah    bulanan terendahyaitu:
a.Upah   tanpa   tunjangan;atau
b.Upah    pokok    dan    tunjangan    tetap.
(2)Dalam hal komponen Upah di Perusahaan terdiri atas Upah pokok dan tunjangan tidak tetap,Upah pokok paling sedikit sebesar Upah minimum.
(3)Pengusaha dilarang membayar Upah lebih rendah dari Upah minimum.

Pasal 24
(1)Upah   minimum   sebagaimana   dimaksud   dalam Pasal  23  ayat  (1)berlaku  bagi  Pekerja/Buruh dengan  masa  kerja  kurang  dari   1  (satu)tahun  pada Perusahaan yang bersangkutan.
(2)Upah   bagi   Pekerja/Buruh   dengan   masa   kerja 1   (satu)tahun   atau   lebih   berpedoman   pada  struktur dan skala Upah.

Pasal 25
(1)Upah  minimum  terdiri  atas:
a.Upah   minimum   provinsi;
b.Upah     minimum      kabupaten/kota     dengan
syarat tertentu.
(2)Upah   minimum   sebagaimana   dimaksud   pada ayat (1)ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan.
(3)Syarat    tertentu    sebagaimana    dimaksud    pada ayat  (1)huruf b  meliputi pertumbuhan  ekonomi daerah  atau  inflasi  pada  kabupaten/kota  yang bersangkutan.
(4)Kondisi          ekonomi         dan          ketenagakerjaan   sebagaimana    dimaksud    pada    ayat    (2)meliputi variabel:
a.paritas   daya   beli;
b.tingkat    penyerapan     tenaga    kerja;dan
c.median     Upah.
(5)Data  pertumbuhan  ekonomi,inflasi,paritas  daya beli,tingkat penyerapan tenagakerja,dan median Upah bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik.

Pasal 26
(1)Penyesuaian   nilai   Upah   minimum   dilakukan setiap tahun.
(2)Penyesuaian nilai Upah minimum ditetapkan pada rentang nilai tertentu di antara batas atas dan  batas bawah Upah minimum pada wilayah yang bersangkutan.
(3)Batas      atas      Upah    minimum   sebagaimana dimaksud pada ayat (2)merupakan acuan nilai Upah minimum tertinggi yang dapat ditetapkan dan  dihitung  menggunakan  formula  sebagai berikut:
(4)Batas       bawah       Upah       minimum        sebagaimana dimaksud    pada     ayat     (2)merupakan     acuan    nilai Upah    minimum    terendah    yang    dapat    ditetapkan dan      dihitung      menggunakan       formula      sebagai berikut:
Batas   bawah    UM(t)=Batas   atas   UM(t×50%
(5)Nilai       Upah       minimum       tertentu       sebagaimana dimaksud      pada      ayat      (2)dihitung      berdasarkan formula   penyesuaian   nilai   Upah   minimum    sebagai berikut:
(6)Rata-rata            konsumsi            per             kapita,rata-rata banyaknya     anggota     rumah     tangga,dan     rata-rata banyaknya    anggota    rumah    tangga    bekerja    pada setiap   rumah    tangga    sebagaimana    dimaksud   pada ayat     (3)menggunakan     data     di     wilayah     yang bersangkutan.
(7)Nilai     pertumbuhan      ekonomi      atau      inflasi     yang digunakan   dalam    formula   penyesuaian   nilai   Upah minimum    sebagaimana     dimaksud    pada    ayat    (5) merupakan      nilai      pertumbuhan      ekonomi       atau inflasi   tingkat   provinsi.
(8)Data  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (6)dan ayat (7)bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik.
Bagian  Kedua
Upah  Minimum  Provinsi

Pasal 27
(1)Gubernur  wajib  menetapkan  Upah  minimum provinsi   setiap   tahun.
(2)Penyesuaian   nilai   Upah   minimum   provinsi dilakukan  sesuai  dengan  tahapan  perhitungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26.
(3)   Nilai penyesuaian Upah minimum provinsi yang ditetapkan harus berdasarkan hasil perhitungan penyesuaian nilai Upah minimum sebagaimana dimaksud pada ayat (2).
(4)   Dalam hal Upah minimum provinsitahun berjalan lebih  tinggi   dari  batas   atas  Upah  minimum provinsi maka gubernur wajib menetapkanUpah minimum provinsitahun berikutnya sama dengan nilai Upah minimum provinsitahun berjalan.

Pasal 28
(1)Perhitungan  penyesuaian  nilai  Upah  minimum provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat   (2)dilakukan   oleh   dewan   pengupahan provinsi
(2)Hasil     perhitungan     penyesuaian     nilai     Upah minimum  provinsi  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat(1)       direkomendasikan    kepada     gubernur melalui   dinas   yang   menyelenggarakan   urusan  pemerintahandi bidang ketenagakerjaan provinsi.

Pasal  29
(1)Upah     minimum     provinsi     ditetapkan     dengan Keputusan    Gubernur   dan    diumumkan   paling lambat tanggal 21 November tahun berjalan.
(2)   Dalam  hal  tanggal  21 November jatuh pada hari Minggu,hari  libur  nasional,atau  hari  libur  resmi,  Upah     minimum     provinsi      ditetapkan      dan diumumkan  oleh  gubernur   1  (satu)hari  sebelum hari  Minggu,hari  libur  nasional,atau  hari  libur resmi.
(3)   Upah  minimum  provinsi  sebagaimana  dimaksud pada  ayat(1)dan  ayat  (2)berlaku  terhitung  mulai tanggal  1  Januari  tahun berikutnya.
(4)Pelaksanaan    ketentuan     sebagaimana    dimaksud pada ayat (1)dan ayat (2)tidak boleh bertentangan dengan     kebijakan     pengupahan     sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4.
Bagian Ketiga
Upah Minimum Kabupaten/Kota

Pasal 30
(1)Gubernur    dapat    menetapkan     Upah    minimum kabupaten/kota  dengan  syarat  tertentu.
(2)Syarat     tertentu     sebagaimana     dimaksud     pada ayat  (1)yaitu:
a.rata-rata             pertumbuhan              ckonomi kabupaten/kota  yang  bersangkutan   selama 3 (tiga)tahun terakhir dari data yang tersedia pada    periode     yang    sama,lebih    tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi;atau
b.nilai pertumbuhan ekonomi dikurangi inflasi kabupaten/kota  yang  bersangkutan  selama 3 (tiga)tahun terakhir dari data yang tersedia pada  periode  yang  sama,selalu  positif,dan lebih tinggi dari nilai provinsi.

Pasal 31
(1)Upah     minimum     kabupaten/kota     ditetapkan setelah penetapan Upah minimum provinsi.
(2)Upah     minimum      kabupaten/kota     sebagaimana
dimaksud  pada  ayat  (1)harus  lebih  tinggi  dari Upah minimum provinsi.

Pasal 32
(1)Penetapan  Upah  minimum  bagi  kabupaten/kota
yang             belum     memiliki                Upah             minimum
kabupaten/kota,          menggunakan          formula perhitungan  Upah   minimum   dengan   tahapan perhitungan sebagai berikut:
a.menghitung  nilai  relatif     Upah       minimum kabupaten/kota   terhadap   Upah   minimum provinsi berdasarkan rasio paritas daya beli (purchasing power parity),dengan formula sebagai berikut:
b.menghitung  nilai  relatif      Upah      minimum kabupaten/kota   terhadap   Upah   minimum provinsiberdasarkan rasio tingkat penyerapan tenagakerja,dengan formula sebagai berikut:
c.menghitung    nilai    relatif   Upah    minimum kabupaten/kota   terhadap   Upah   minimum provinsi   berdasarkan   rasio   median   Upah, dengan formula sebagai berikut:
d.menghitung      rata-rata       nilai      relatif      UMK sebagaimana   dimaksud  pada  huruf  a,huruf  b, dan  huruf  c,dengan  formula  sebagai  berikut:
(2)Variabel  paritas  daya  beli,tingkat  penyerapan tenaga  kerja,dan  median  Upah  sebagaimana dimaksud pada ayat(1)masing-masing dihitung berdasarkan nilairata-rata 3 (tiga)tahun terakhir dari data yang tersedia pada periode yang sama.
(2)Dalam     hal     syarat     tertentu     sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (2)tidak terpenuhi maka gubernur tidak dapat menetapkan Upah minimum  bagi  kabupaten/kota  yang  belum memiliki Upah minimum kabupaten/kota.

Pasal 33
(1)Perhitungan              nilai           Upah         minimum kabupaten/kota   dilakukan  oleh   dewan pengupahan      kabupaten/kota.
(2)Hasil            perhitungan           Upah         minimum kabupaten/kota     sebagaimana     dimaksud    pada ayat (1)disampaikan kepada bupati/wali kota untuk   direkomendasikan    kepada   gubernur melalui dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan    di    bidang    ketenagakerjaan provinsi
(3)Dalam  hal  hasil  perhitungan  Upah  minimum kabupaten/kota  lebih rendah  dari nilai Upah  minimum provinsi makabupati/wali kota tidak  dapat merekomendasikan nilai Upah minimum  kabupaten/kotakepada gubernur.

Pasal 34
(1)Penetapan Upah minimum bagi kabupaten/kota yang       telah      memiliki               Upah     minimum kabupaten/kota dilakukan dengan penyesuaian nilai Upah minimum.
(2)Penyesuaian            nilai         Upah         minimum kabupaten/kota    dilakukan    sesuai    tahapan  perhitungan    sebagaimana   dimaksud   dalam  Pasal 26.
(3)Pertumbuhan     ekonomi     atau     inflasi     yang digunakan dalam formula penyesuaian nilai Upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (5)merupakan nilai pertumbuhan ekonomi atau inflasitingkat provinsi.
(4)Perhitungan  penyesuaian  nilai  Upah  minimum kabupaten/kota  sebagaimana  dimaksud  pada ayat   (2)dilakukan   oleh   dewan   pengupahan kabupaten/kota.
(5)Hasil    perhitungan    penyesuaian    nilai    Upah minimum        kabupaten/kota         sebagaimana dimaksud  pada  ayat  (4)disampaikan  kepada bupati/wali kotauntuk direkomendasikan kepada gubernur melalui dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang ketenagakerjaan provinsi.
(6)Dalam hal Upah minimum kabupaten/kota tahun berjalan  lebih  tinggi  dari  batas  atas  Upah minimum kabupaten/kota makabupati/wali kota harus merekomendasikan kepada gubernur nilai Upah     minimum      kabupaten/kota      tahun  berikutnya sama dengan nilai Upah minimum kabupaten/kota tahun berjalan.

Pasal 35
(1)Gubernur   meminta   saran   dan   pertimbangan dewan pengupahan provinsi dalam menetapkan Upah         minimum                   kabupaten/kota       yang direkomendasikan oleh bupati/wali kota.
(2)Upah    minimum    kabupaten/kota     ditetapkan dengan  Keputusan  Gubernur  dan  diumumkan paling   lambat   pada   tanggal   30   November   tahun berjalan.
(3)Dalam   hal   tanggal   30   November   jatuh   pada   hari Minggu,hari libur nasional,atau hari libur resmi, Upah minimum kabupaten/kota ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur 1 (satu)hari sebelum hari Minggu,hari libur nasional,atau hari libur resmi.
(4)Upah   minimum    kabupaten/kota    sebagaimana dimaksud  pada  ayat  (2)dan  ayat  (3)berlaku terhitung   mulai   tanggal    1    Januari    tahun berikutnya.
(5)Pelaksanaan  ketentuan   sebagaimana   dimaksud pada  ayat  (1),ayat  (2),dan  ayat  (3)tidak boleh bertentangan   dengan   kebijakan   pengupahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4.

BAB VI
UPAH TERENDAH PADA USAHA MIKRO DAN USAHA KECIL
Pasal 36
(1)Ketentuan Upah minimum sebagaimana dimaksud  dalam   Pasal    23   sampai   dengan    Pasal   35 dikecualikanbagi usaha mikro dan usaha kecil
(2)Upah  pada  usaha  mikro  dan  usaha  kecil ditetapkan   berdasarkan   kesepakatan    antara Pengusaha dengan Pekerja/Buruh di Perusahaan dengan ketentuan:
a.paling    sedikit     sebesar    50%(lima    puluh persen)dari rata-rata konsumsi masyarakat di tingkat provinsi;dan
b.nilai Upah yang disepakati paling sedikit 25% (dua   puluh   lima   persen)di   atas   garis kemiskinan ditingkat provinsi.
(3)  Rata-rata   konsumsi   masyarakat    dan    garis kemiskinan sebagaimana dimaksudpada ayat (2) huruf a  dan huruf b menggunakan  data yang bersumber   dari   lembaga   yang   berwenang di bidang statistik.

Pasal 37
Usaha mikro dan usaha kecil sebagaimana dimaksud dalam  Pasal  36  ayat  (1)harus  memenuhi  kriteria tertentu  yang  ditetapkan  sesuai  dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 38
Usaha mikro dan usaha kecil yang dikecualikan dari ketentuan Upah minimum wajib mempertimbangkan faktor sebagai berikut:
a.mengandalkan   sumber  daya  tradisional;dan/atau
b.tidak bergerak pada usaha berteknologi tinggi dan tidak padat modal.

BAB VII
PELINDUNGAN UPAH
Bagian Kesatu
UpahKerja Lembur
Pasal 39
Upahkerja lembur wajib dibayar oleh Pengusaha yang mempekerjakan Pekerja/Buruh melebihi waktu kerja, pada  istirahat  mingguan,atau  pada  hari  libur  resmi sebagai   kompensasi    kepada   Pekerja/Buruh    yang bersangkutan   sesuai    dengan   ketentuan   peraturan perundang-undangan.
Bagian  Kedua
UpahPekerja/Buruh Tidak Masuk Bekerja dan/atau Tidak Melakukan
Pekerjaan Karena Alasan Tertentu

Pasal  40
(1)  Upah tidak dibayar apabila Pekerja/Buruh tidak masuk    bekerja    dan/atau    tidak    melakukan pekerjaan.
(2)Ketentuan  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1) tidak  berlaku  dan  Pengusaha  wajib  membayar Upah jika Pekerja/Buruh:
a.berhalangan;
b.melakukan                     kegiatan              lain          di          luar
pekerjaannya;
c.menjalankan     hak     waktu      istirahat     atau
cutinya;atau
d.bersedia   melakukan   pekerjaan   yang   telah dijanjikan      tetapi        Pengusaha      tidak  mempekerjakannya      karena        kesalahan Pengusaha    sendiri    atau    kendala    yang seharusnya dapat dihindari Pengusaha.
(3)Alasan    Pekerja/Buruh    tidak     masuk    bekerja dan/atau   tidak   melakukan   pekerjaan   karena berhalangan sebagaimana dimaksudpada ayat (2)
huruf a meliputi:
a.Pekerja/Buruh    sakit    sehingga    tidak    dapat melakukan pekerjaan;
b.Pekerja/Buruh   perempuan   yang    sakit   pada hari   pertama   dan   kedua   masa   haidnya sehingga tidak  dapat melakukan pekerjaan; atau
c.Pekerja/Buruh  tidak  masuk  bekerja  karena: 1.menikah;
2.menikahkan    anaknya;
3.mengkhitankan    anaknya; 4.membaptiskan    anaknya;
5.istri        melahirkan     atau       keguguran
kandungan;
6.suami,istri,orang                tua,mertua,anak, dan/atau menantu meninggal  dunia;atau
7.anggota    keluarga    selain    sebagaimana dimaksud  pada  angka  6  yang  tinggal dalam 1 (satu)rumah meninggal dunia.
(4)Alasan    Pekerja/Buruh     tidak    masuk    bekerja dan/atau   tidak    melakukan   pekerjaan   karena melakukan  kegiatan  lain  di  luar  pekerjaannya sebagaimana  dimaksud  pada   ayat   (2)huruf  b meliputi:
a.menjalankan  kewajiban  terhadap  negara;
b.menjalankan                kewajiban          ibadah         yang
diperintahkan agamanya;
c.melaksanakan   tugas    Serikat   Pekerja/Serikat Buruh atas persetujuan Pengusaha dan dapat dibuktikan  dengan  adanya  pemberitahuan tertulis;atau
d.melaksanakan    tugas    pendidikan    dan/atau
pelatihan dari Perusahaan.
(4)Alasan    Pekerja/Buruh    tidak    masuk     bekerja dan/atau   tidak    melakukan   pekerjaan   karena menjalankan  hak  waktu   istirahat  atau  cutinya sebagaimana   dimaksud  pada   ayat   (2)huruf  c apabila Pekerja/Buruh melaksanakan:
a.hak   istirahat   mingguan;
b.cuti     tahunan;
c.istirahat     panjang;
d.istirahat  sebelum  dan  sesudah  melahirkan; atau
e.istirahat     karena      mengalami     keguguran
kandungan.

Pasal 41
(1)Upah  yang  dibayarkan  kepada  Pekerja/Buruh yang   tidak   masuk    bekerja   dan/atau   tidak melakukan pekerjaan karena sakit sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (3)huruf a sebagai berikut:
a.untuk  4(empat)bulan  pertama,dibayar   100% (seratus persen)dari Upah;
b.untuk   4   (empat)bulan   kedua,dibayar   75% (tujuh puluh lima persen)dari Upah;
c.untuk   4   (empat)bulan   ketiga,dibayar   50% (lima puluh persen)dari Upah;dan
d.untuk  bulan   selanjutnya   dibayar   25%(dua puluh   lima   persen)dari   Upah    sebelum Pemutusan HubunganKerja dilakukan oleh Pengusaha.
(2)Upah  yang  dibayarkan  kepada  Pekerja/Buruh perempuan yang tidak masuk bekerja dan/atau tidak melakukan pekerjaan karena sakit pada hari pertama dan kedua masa haidnya sebagaimana dimaksud   dalam   Pasal   40   ayat   (3)huruf  b disesuaikan   dengan   jumlah    hari   menjalani    masa sakit haidnya,paling lama 2(dua)hari.
(3)Upah  yang  dibayarkan  kepada  Pekerja/Buruh yang   tidak   masuk    bekerja   dan/atau   tidak melakukan  pekerjaan  'sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 40 ayat (3)huruf c sebagai berikut:
a.Pekerja/Buruh        menikah,dibayar        untuk
selama 3(tiga)hari;
b.menikahkan  anaknya,dibayar  untuk  selama 2 (dua)hari;
c.mengkhitankan       anaknya,dibayar       untuk
selama 2 (dua)hari;
d.membaptiskan       anaknya,dibayar       untuk
selama 2(dua)hari;
e.istri  melahirkan  atau  keguguran  kandungan, dibayar untuk selama 2(dua)hari;
f.suami,istri,orang                                    tua,mertua,anak, dan/atau menantu meninggal dunia,dibayar untuk  selama  2(dua)hari;atau
g.anggota      keluarga      selain      sebagaimana dimaksud dalam huruff yang tinggal dalam 1        (satu)rumah       meninggal        dunia,dibayar untuk selama  1(satu)hari.

Pasal 42
(1)Pekerja/Buruh   yang   menjalankan   kewajiban terhadap negara sebagaimana dimaksud dalam  Pasal 40 ayat (4)huruf a tidak melebihi 1 (satu)  tahun  dan  penghasilan  yang  diberikan  oleh  negara   kurang dari besarnya Upah yang biasa diterima  Pekerja/Buruh,Pengusaha     wajib     membayar  kekurangannya.
(2)Pekerja/Buruh...
SK No 081869 A
PRESIDEN
REPUBLIK INDONESIA
—31—
(2)Pekerja/Buruh   yang   menjalankan   kewajiban terhadap negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (4)huruf a tidak melebihi 1 (satu) tahun dan penghasilan yang diberikan oleh negara sama  atau  lebih  besar  dari  Upah  yang  biasa diterima Pekerja/Buruh,Pengusaha tidak wajib membayar
(3)Pekerja/Buruh   yang   menjalankan   kewajiban terhadap  negara  sebagaimana  dimaksud  pada ayat (1)dan ayat (2)wajib memberitahukan secara tertulis kepada Pengusaha.

Pasal 43
Pengusaha    wajib    membayar    Upah    kepada Pekerja/Buruh yang tidak masuk bekerja atau tidak melakukan    pekerjaannya    karena    menjalankan kewajiban  ibadah  yang  diperintahkan  agamanya sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  40  ayat  (4) huruf    b,sebesar    Upah    yang    diterima    oleh Pekerja/Buruh   dengan   ketentuan   hanya   sekali selama Pekerja/Buruh bekerja di Perusahaan yang bersangkutan.

Pasal 44
Pengusaha    wajib    membayar    Upah    kepada Pekerja/Buruh yang tidak masuk bekerja dan/atau tidak melakukan pekerjaan karena melaksanakan tugas  Serikat  Pekerja/Serikat Buruh  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (4)huruf c,sebesar Upah yang biasa diterima oleh Pekerja/Buruh.

Pasal  45
Pengusaha     wajib      membayar   Upah    kepada Pekerja/Buruh yang tidak masuk bekerja dan/atau tidak melakukan pekerjaan karena melaksanakan tugas     pendidikan     dan/atau     pelatihan     dari Perusahaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (4)huruf d,sebesar Upah yang biasa diterima oleh Pekerja/Buruh.


Pasal 46
Pengusaha     wajib     membayar     Upah     kepada Pekerja/Buruh yang tidak masuk bekerja  dan/atau tidak melakukan pekerjaan karena menjalankan hak waktu istirahat atau cutinya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (5),sebesar Upah yang biasa diterima oleh Pekerja/Buruh.


Pasal  47
Pelaksanaan   ketentuan    sebagaimana    dimaksud dalam Pasal 40 sampaidengan Pasal 46 diatur dalam Perjanjian       Kerja,Peraturan        Perusahaan,atau Perjanjian  Kerja  Bersama.
Bagian Ketiga
Peninjauan Upah

Pasal 48
(1)Pengusaha  melakukan  peninjauan  Upah   secara berkala   dengan   memperhatikan   kemampuan Perusahaan dan produktivitas.
(2)Peninjauan   Upah   sebagaimana   dimaksud   pada ayat  (1)diatur  dalam Perjanjian Kerja,Peraturan Perusahaan,atau Perjanjian Kerja Bersama.
Bagian Keempat
Pembayaran Upah dalam Keadaan Kepailitan

Pasal 49
(1)Perusahaan      yang      dinyatakan      pailit      atau dilikuidasi        berdasarkan        ketentuan        peraturan  perundang-undangan,Upah dan hak lainnya yang belum  diterima  oleh  Pekerja/Buruh  merupakan utang yang didahulukan pembayarannya.
(2)Upah    Pekerja/Buruh    sebagaimana    dimaksud pada     ayat     (1)didahulukan     pembayarannya sebelum pembayaran kepada semua kreditur.
(3)Hak   lainnya    dari   Pekerja/Buruh   sebagaimana dimaksud      pada       ayat      (1)    didahulukan  pembayarannya   atas    semua   kreditur   kecuali kepada  para  kreditur  pemegang  hak  jaminan kebendaan.

Pasal 50
Apabila  Pekerja/Buruh  jatuh  pailit,Upah   dan   segala pembayaran  yang  timbul  dari  Hubungan  Kerja  tidak termasuk dalam kepailitan kecuali ditetapkan lain oleh hakim   dengan   ketentuan   tidak   melebihi    25%(dua puluh  lima  persen)dari  Upah  dan  segala  pembayaran yang    timbul    dari    Hubungan    Kerja    yang    harus dibayarkan.
Bagian Kelima
Penyitaan Upah Berdasarkan Perintah Pengadilan

Pasal 51
Apabila  uang  yang  disediakan  oleh  Pengusaha  untuk membayar   Upah   disita   oleh   juru   sita   berdasarkan perintah  pengadilan   maka  penyitaan   tersebut   tidak boleh   melebihi   20%(dua   puluh  persen)dari  jumlah Upah yang harus dibayarkan.
Bagian Keenam
Hak Pekerja/Buruh atas Keterangan Upah


Pasal 52
(1)Pekerja/Buruh   atau   kuasa   yang   ditunjuk   secara sah  berhak  meminta  keterangan  mengenai  Upah untuk dirinya dalam hal keterangan terkait Upah tersebut hanya dapat diperoleh melalui dokumen Perusahaan.
(2)Apabila    permintaan    keterangan     sebagaimana dimaksud   pada    ayat(1)tidak   berhasil   maka Pekerja/Buruh atau kuasa yang ditunjuk berhak meminta            bantuan         kepada       Pengawas Ketenagakerjaan.
(3)  Keterangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan  ayat   (2)wajib  dirahasiakan   sesuai  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BAB VIII
BENTUK DAN CARA PEMBAYARAN UPAH
Pasal 53
(1)Upah  wajib  dibayarkan  oleh  Pengusaha  kepada Pekerja/Buruh yang bersangkutan.
(2)Pengusaha  wajib  memberikan  bukti  pembayaran Upah yang memuat rincian Upah yang diterima oleh Pekerja/Buruh pada saat Upah dibayarkan.
(3)Pembayaran   Upah    oleh   Pengusaha    dilakukan berdasarkan     Perjanjian       Kerja,      Peraturan Perusahaan,atau Perjanjian Kerja Bersama.
(4)Upah  sebagaimana  dimaksud  pada   ayat(1)dapat dibayarkan   kepada   pihak   ketiga   berdasarkan surat        kuasa         dari       Pekerja/Buruh           yang   bersangkutan.

Pasal 54
(1)Pembayaran  Upah  harus  dilakukan  dengan  mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(2)Upah  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)harus dibayarkan  seluruhnya  pada  setiap  periode  dan per tanggal pembayaran Upah.

Pasal  55
(1)Pengusaha  wajib  membayar  Upah  pada  waktu yang telah diperjanjikan antara Pengusaha dengan Pekerja/Buruh.
(2)Dalam    hal     hari    atau     tanggal    yang     telah disepakati   jatuh    pada    hari    libur,hari    yang diliburkan,atau      hari      istirahat      mingguan, pelaksanaan   pembayaran   Upah   diatur   dalam Perjanjian      Kerja,Peraturan      Perusahaan,atau PerjanjianKerja Bersama.
(3)Upah   dapat   dibayarkan   dengan   cara   harian, mingguan,atau   bulanan.
(4)Jangka waktu pembayaran Upah  oleh Pengusaha tidak boleh lebih dari 1 (satu)bulan.

Pasal 56
(1)Pembayaran  Upah  dilakukan  pada  tempat  yang diatur      dalam      Perjanjian      Kerja,Peraturan Perusahaan,atau Perjanjian Kerja Bersama.
(2)Dalam hal tempat pembayaran Upah tidak diatur dalam   Perjanjian   Kerja,Peraturan   Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama maka pembayaran Upah dilakukan ditempat Pekerja/Buruh bekerja.

Pasal 57
(1)Upah dapat dibayarkan secara langsung kepada Pekerja/Buruh atau melalui bank.
(2)  Dalam hal Upah dibayarkan melalui bank maka Upah   harus   sudah   dapat   diuangkan   oleh Pekerja/Buruh pada tanggal pembayaran Upah yang disepakatikeduabelahpihak.
BAB IX
HAL-HAL YANG DAPAT DIPERHITUNGKAN DENGAN UPAH
Bagian Kesatu Umum

Pasal 58
(1)  Hal-hal yang dapat diperhitungkan dengan Upah terdiri atas:
a.denda;
b.ganti     rugi;
c.pemotongan    Upah;
d.uang   muka   Upah;
e.sewa   rumah   dan/atau   sewa   barang   milik Perusahaan yang disewakan oleh Pengusaha kepadaPekerja/Buruh;
f.      utang   atau   cicilan  utang  Pekerja/Buruh; dan/atau
g.kelebihan      pembayaran       Upah.
(2)Hal-hal yang dapat diperhitungkan dengan Upah sebagaimana     dimaksud     pada           ayat     (1)
dilaksanakan  sesuai  dengan  Perjanjian  Kerja, Peraturan   Perusahaan,atau   Perjanjian   Kerja Bersama.
Bagian Kedua
Denda

Pasal 59
(1)Pengusaha  atau  Pekerja/Buruh  yang  melanggar ketentuan    dalam    Perjanjian    Kerja,Peraturan Perusahaan,atau    Perjanjian    Kerja    Bersama karena kesengajaan atau kelalaiannya dikenakan denda    apabila    diatur    secara    tegas    dalam Perjanjian      Kerja,Peraturan      Perusahaan,atau PerjanjianKerja Bersama.
(2)Dalam  hal  denda  tidak  diatur  dalam  Perjanjian Kerja,Peraturan      Perusahaan,atau      Perjanjian
Kerja Bersama maka pengenaan denda mengacu
pada  ketentuan  yang  berlaku  dalam  Peraturan Pemerintah ini.
Pasal 60
(1)Denda   kepada    Pengusaha   atau    Pekerja/Buruh sebagaimana     dimaksud     dalam     Pasal    59 dipergunakan     hanya      untuk      kepentingan Pekerja/Buruh.
(2)Jenis  pelanggaran  yang  dapat  dikenakan  denda, besaran   denda,dan    penggunaan   uang    denda diatur      dalam      Perjanjian      Kerja,Peraturan Perusahaan,atau Perjanjian Kerja Bersama.

Pasal 61
(1)Pengusaha  yang  terlambat  membayar  dan/atau tidak  membayar  Upah  sebagaimana  dimaksud dalam  Pasal   55  ayat  (1)dikenai  denda,dengan ketentuan:
a.mulai         dari          hari         keempat          sampai         hari kedelapan   terhitung   tanggal    seharusnya Upah  dibayar,dikenakan  denda  sebesar  5% (lima persen)untuk setiap hari keterlambatan dari Upah yang seharusnya dibayarkan;
b.sesudah  hari  kedelapan,apabila  Upah  masih belum                   dibayar,       dikenakan        denda keterlambatan  sebagaimana  dimaksud pada huruf  a   ditambah    1%(satu   persen)untuk setiap hari keterlambatan dengan ketentuan 1 (satu)bulan tidak boleh melebihi 50%(lima puluh  persen)dari  Upah  yang  seharusnya dibayarkan;dan
c.sesudah  sebulan,apabila  Upah  masih  belum dibayar,dikenakan     denda     keterlambatan sebagaimana  dimaksud  pada  huruf  a  dan huruf b ditambah bunga sebesar suku bunga tertinggi yang berlakupada bank pemerintah.
(2)Pengenaan   denda   sebagaimana   dimaksud   pada ayat  (1) tidak menghilangkan kewajiban Pengusaha untuk tetap membayar Upah kepada Pekerja/Buruh.

Pasal 62
(1)Pengusaha  yang  terlambat  membayar  tunjangan hari   raya   keagamaan   kepada   Pekerja/Buruh dikenai denda sebesar 5%(lima persen)dari total  tunjangan   hari   raya   keagamaan   yang   harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban Pengusaha untuk membayar.
(2)Pengenaan   denda   sebagaimana   dimaksud   pada ayat      (1)tidak      menghilangkan      kewajiban Pengusaha untuk tetap membayar tunjangan hari raya keagamaan kepada Pekerja/Buruh.
Bagian Ketiga    Pemotongan Upah

Pasal 63
(1)Pemotongan     Upah     oleh     Pengusaha      dapat dilakukan untuk pembayaran:
a.denda;
b.ganti   rugi;
c.uang  muka  Upah;
d.sewa  rumah  dan/atau  sewa  barang  milik Perusahaan yang disewakan oleh Pengusaha kepadaPekerja/Buruh;
e.utang   atau   cicilan   utang    Pekerja/Buruh;
dan/atau
f.kelebihan pembayaran Upah.
(2)Pemotongan Upah  sebagaimana  dimaksud  pada ayat (1)huruf a,huruf b,dan huruf c dilakukan sesuai     dengan     Perjanjian     Kerja,Peraturan Perusahaan,atau PerjanjianKerja Bersama.
(3)Pemotongan  upah  sebagaimana  dimaksud  pada ayat(1)huruf  d  dan  huruf  e  harus   dilakukan berdasarkan kesepakatan tertulis atau perjanjian tertulis.
(4)Pemotongan Upah  sebagaimana  dimaksud  pada ayat  (1)huruf  f  dilakukan   tanpa  persetujuan Pekerja/Buruh.

Pasal 64
(1)Pemotongan Upah oleh Pengusaha untuk pihak ketiga hanya dapat dilakukan berdasarkan surat kuasa dari Pekerja/Buruh.
(2)Surat kuasa setiap saat dapat ditarik kembali.
(3)Surat   kuasa   dari   Pekerja/Buruh   dikecualikan untuk   semua   kewajiban   pembayaran   oleh Pekerja/Buruh   terhadap   negara   atau   iuran sebagai       peserta          pada       badan        yang menyelenggarakan  jaminan   sosial  yang   ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Pasal 65
Jumlah keseluruhan pemotongan Upah sebagaimana dimaksud   dalam   Pasal   63   paling  banyak   50% (lima  puluh  persen)dari  setiap  pembayaran  Upah  yang diterima Pekerja/Buruh.
BAB X
UPAH SEBAGAI DASAR PERHITUNGAN ATAU PEMBAYARAN HAK DAN
KEWAJIBAN LAINNYA
Bagian  Kesatu
Upah Sebagai Dasar PerhitunganUang Pesangon danUang
Penghargaan Masa Kerja

Pasal 66
(1)Komponen Upah yang digunakan sebagai dasar perhitungan        uang       pesangon        dan       uang  penghargaan masa kerja terdiri atas:
a.Upah          pokok;dan
b.tunjangan    tetap    yang    diberikan    kepada
Pekerja/Buruh    dan    keluarganya.
(2)Dalam hal Pengusaha membayarkan Upah tanpa  tunjangan    maka    dasar    perhitungan    uang pesangon  dan  uang  penghargaan  masa  kerja, yaituUpahtanpatunjangan.
(3)   Dalam hal komponenUpah yang digunakanyaitu Upah  pokok  dan  tunjangan  tidak  tetap  maka
dasar   perhitungan   uang   pesangon   dan   uang penghargaan masa kerja,yaitu Upah pokok.

Pasal 67
(1)Upah untuk pembayaran uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 66 diberikan dengan ketentuan:
a.dalam      hal      penghasilan      Pekerja/Buruh dibayarkan  atas  dasar  perhitungan   harian, Upah sebulan sama dengan 30 (tiga puluh) dikalikan Upah  sehari;atau
b.dalam  hal  Upah  Pekerja/Buruh  dibayarkan atas  dasar  perhitungan   satuan  hasil,Upah sebulan  sama  dengan  penghasilan  rata-rata dalam 12 (dua belas)bulan terakhir.
(2)Dalam hal Upah  sebulan  sebagaimana  dimaksud pada  ayat  (1)huruf  b  lebih  rendah  dari  Upah minimum,Upah yang menjadi dasar perhitungan uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja yaitu  Upah  minimum  yang  berlaku  di  wilayah tempat Pekerja/Buruh bekerja.
Bagian Kedua
Upah Sebagai Dasar Perhitungan Pajak Penghasilan

Pasal 68
(1)Upah  untuk  perhitungan  pajak  penghasilan  yang dibayarkan untuk pajak penghasilan dihitung dari seluruh     penghasilan     yang     diterima     oleh Pekerja/Buruh.
(2)Pajak  penghasilan  sebagaimana  dimaksud  pada ayat(1)dapat dibebankan kepadaPengusaha atau Pekerja/Buruh  yang  diatur  dalam  Perjanjian Kerja,Peraturan    Perusahaan,atau    Perjanjian Kerja Bersama.
(2)Upah   untuk   perhitungan   pajak   penghasilan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BAB XI
DEWAN  PENGUPAHAN
Pasal 69
(1)Dewan pengupahan terdiri atas:
a.dewan pengupahan nasional;dan
b.dewan pengupahan provinsi.
(2)   Dalam   hal  diperlukan,dapat  dibentuk  dewan pengupahan kabupaten/kota.

Pasal 70
(1)Dewan   pengupahan   nasional   dibentuk   oleh Presiden.
(2)Dewan       pengupahan  provinsi   dibentuk  oleh gubernur.
(3)Dewan   pengupahan    kabupaten/kota   dibentuk oleh bupati/wali kota.

Pasal 71
(1)Dewan         pengupahan       nasional       bertugas memberikan   saran   dan   pertimbangan   kepada Pemerintah Pusat dalam rangka:
a.perumusan   kebijakan   pengupahan;dan
b.penyusunan     dan     pengembangan     sistem
pengupahan.
(2)Dewan         pengupahan       provinsi       bertugas
memberikan   saran   dan   pertimbangan   kepada gubernur dalam rangka:
a.penetapan Upah minimum provinsi;
b.penetapan   Upah   minimum   kabupaten/kota bagi kabupaten/kota yang mengusulkan;dan
c.penyiapan  bahan  perumusan  pengembangan sistem pengupahan.
(3)Dewan    pengupahan     kabupaten/kota    bertugas memberikan   saran   dan   pertimbangan   kepada bupati/wali kota dalam rangka:
a.pengusulan  Upah  minimum  kabupaten/kota; dan
b.penyiapan  bahan  perumusan  pengembangan sistem pengupahan.

Pasal 72
(1)Keanggotaan    dewan   pengupahan   terdiri    atas unsur  pemerintah,organisasi  Pengusaha,Serikat Pekerja/Serikat  Buruh,akademisi,dan  pakar.
(2)Keanggotaan    dewan    pengupahan    dari    unsur pemerintah    bersifat    melekat    pada    jabatan
(ex   officio).
(3)Keanggotaan    dewan    pengupahan    dari    unsur pemerintah,organisasi    Pengusaha,dan     Serikat Pekerja/Serikat     Buruh      dengan      komposisi perbandingan  2:1:1(dua  banding   satu  banding satu).
(4)Keanggotaan    dewan    pengupahan    dari    unsur akademisi   dan   pakar   jumlahnya   disesuaikan dengan  kebutuhan.
(5)Susunan     keanggotaan      dewan      pengupahan     terdiri atas:
a.ketua,merangkap  sebagai  anggota  dari  unsur pemerintah di bidang ketenagakerjaan;
b.wakil   ketua:
1.sebanyak 2 (dua)orang merangkap sebagai anggota masing-masing dari unsur Serikat Pekerja/Serikat   Buruh    dan    organisasi Pengusaha,untuk     dewan     pengupahan nasional
2.sebanyak      1      (satu)orang      merangkap sebagai  anggota  dari  unsur  akademisi, untuk  dewan  pengupahan  provinsi   dan dewan pengupahan kabupaten/kota.
c.sekretaris,merangkap    sebagai    anggota    dari unsur pemerintah yang mewakili kementerian yang    menyelenggarakan    urusan    pemerintahan di  bidang  ketenagakerjaan  atau  dinas  yang menyelenggarakan  urusan  pemerintahan  di bidang ketenagakerjaan.
(6)Keseluruhan        anggota      dewan     pengupahan sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)berjumlah gasal.

Pasal 73
(1)Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas rutin     dewan     pengupahan    nasional,dewan pengupahan  provinsi,dan   dewan  pengupahan kabupaten/kota dibantu oleh sekretariat.
(2)Sekretariat dewan pengupahan nasional dibentuk oleh Menteri.
(3)Sekretariat dewan pengupahan provinsi dibentuk oleh gubernur.
(4)Sekretariat  dewan  pengupahan  kabupaten/kota dibentuk oleh bupati/wali kota.

Pasal 74
(1)Anggota  dewan  pengupahan  nasional  diangkat dan   diberhentikan   oleh   Presiden   atas   usul Menteri.
(2)Anggota dewan pengupahan provinsi diangkat dan diberhentikan   oleh   gubernur   atas   usul   kepala dinas       yang       menyelenggarakan         urusan  pemerintahan di bidang ketenagakerjaan provinsi.
(3)Anggota   dewan   pengupahan   kabupaten/kota diangkat dan diberhentikan oleh bupati/wali kota atas usul kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang ketenagakerjaan kabupaten/kota.
(4)   Ketentuan   lebih   lanjut   mengenai   tata   cara pengangkatan    dan    pemberhentian    dewan pengupahan diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal  75
(1)Untuk  dapat  diangkat  menjadi  anggota  dewan pengupahan,calon   anggota   harus   memenuhi persyaratan:
a.warga negara Indonesia;
b.berpendidikan paling rendah lulusan strata-1 (S-1)untuk dewan pengupahan nasional dan dewan pengupahan provinsi;
c.berpendidikan      paling    rendah      lulusan diploma-III (D-III)untuk dewan pengupahan kabupaten/kota;dan
d.memiliki   pengalaman    atau   pengetahuan bidang   pengupahan   dan   pengembangan sumber daya manusia.
(2)Anggota dewan pengupahan dari unsur organisasi Pengusaha  dan  Serikat  Pekerja/Serikat  Buruh diangkatuntuk 1 (satu)kali masa jabatan selama 3 (tiga)tahun dan dapat diangkat kembali hanya untuk  paling  lama   1(satu)kali  masa  jabatan berikutnya.
(3)Anggota dewan pengupahan dari unsur akademisi dan  pakar  diangkat  untuk   1(satu)kali   masa jabatan selama 3 (tiga)tahun dan dapat diangkat kembali   hanya   untuk   paling   lama   2   (dua)kali masa jabatan berikutnya.
(4)Selain berakhirnya masa jabatan,anggota dewan pengupahan diberhentikanjika:
a.mengundurkan   diri;
b.selama   3    (tiga)bulan   berturut-turut   tidak dapat menjalankan tugasnya;
c.dihukum  karena  melakukan  tindak  pidana dengan   putusan   pengadilan   yang   telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
d.melanggar    ketentuan    yang    diatur    dalam    tata kerja dewan pengupahan;atau
e.diusulkan oleh organisasi atau instansi yang bersangkutan  untuk  diganti  karena  terjadi perubahan organisasi.
(5)Penggantian  anggota  dewan  pengupahan  yang diberhentikan    dengan    alasan    sebagaimana dimaksud pada ayat (4),diusulkan oleh:
a.Menteri  kepada  Presiden  setelah  menerima usulan    dari    kementerian    terkait    atau organisasi yang bersangkutan,bagi anggota dewan pengupahannasional;
b.kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan   di   bidang   ketenagakerjaan provinsi kepada gubernur setelah menerima usulan  dari  dinas  yang  menyelenggarakan urusan     pemerintahan     bidang     terkait di provinsiatau organisasi yang bersangkutan, bagianggota dewan pengupahan provinsi;   
c.kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan   di   bidang   ketenagakerjaan kabupaten/kota   kepada    bupati/wali   kota setelah  menerima  usulan  dari  dinas  yang menyelenggarakan    urusan    pemerintahan bidang    terkait    di    kabupaten/kota    atau organisasi yang bersangkutan,bagi anggota dewan pengupahan kabupaten/kota.
(6)Dalam       hal      anggota      dewan    pengupahan  mengundurkan   diri   atas   permintaan   sendiri  sebagaimana  dimaksud  pada   ayat  (4)huruf  a, permintaan   disampaikan   oleh   anggota   yang  bersangkutan kepada:
a.Menteri  dengan  tembusan  kepada   organisasi atau    instansi    yang    mengusulkan    untuk diajukan kepada Presiden,bagi anggota dewan pengupahan nasional;
b.kepala  dinas  yang  menyelenggarakan  urusan pemerintahan    di    bidang    ketenagakerjaan provinsi dengan tembusan kepada organisasi atau dinas yang mengusulkan untuk diajukan kepada     gubernur,bagi     anggota     dewan pengupahan provinsi;
c.kepala  dinas  yang  menyelenggarakan  urusan pemerintahan    di    bidang    ketenagakerjaan kabupaten/kota   dengan   tembusan   kepada organisasi   atau    dinas   yang   mengusulkan untuk diajukan kepada bupati/wali kota,bagi anggota dewan pengupahan kabupaten/kota.
(7)   Ketentuan    lebih   lanjut   mengenai   tata   cara penggantian  anggota  dewan  pengupahan  diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 76
(1)Saran   dan   pertimbangan   dewan   pengupahan disampaikan   dalam   bentuk   surat   rekomendasi.
(2)Perumusan  saran  dan  pertimbangan   dilakukan berdasarkan musyawarahuntuk mufakat.
(3)Dalam hal musyawarah tidak mencapai mufakat maka   dapat   dilakukan   pemungutan   suara terbanyak.
(4)Ketentuan       mengenai     tata      kerja     dewan pengupahan diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 77
(1)Pendanaan  yang  diperlukan  bagi  pelaksanaan tugas dewan pengupahan nasional dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bagian           anggaran            kementerian         yang menyelenggarakan   urusan   pemerintahan   di bidang ketenagakerjaan.
(2)Pendanaan  yang  diperlukan  bagi  pelaksanaan tugas dewan pengupahan provinsi dibebankan padaAnggaran Pendapatan dan Belanja Daerah provinsi.
(3)Pendanaan  yang  diperlukan  bagi  pelaksanaan tugas    dewan    pengupahan    kabupaten/kota dibebankan  pada  Anggaran  Pendapatan  dan Belanja Daerah kabupaten/kota.
(4)Selain    sumber    pendanaan     sebagaimana    dimaksud pada   ayat   (1),ayat   (2),dan   ayat   (3),sumber pendanaan  yang  diperlukan  bagi  pelaksanaan tugas  dewan  pengupahan   dapat  berasal   dari sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

BAB XII
PENGAWASAN
Pasal 78
Pengawasan  ketenagakerjaan  terhadap  penerapan
ketentuan               dalam              Peraturan                    Pemerintah    ini
dilaksanakan oleh Pengawas Ketenagakerjaan pada kementerian     yang       menyelenggarakan      urusan pemerintahan  di  bidang  ketenagakerjaan  dan/atau dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan provinsi.

BAB XIII
SANKSI  ADMINISTRATIF
Pasal 79
(1)Pengusaha  yang   melanggar  ketentuan   Pasal  9 ayat  (1),Pasal  9  ayat  (2),Pasal   13  ayat  (2), Pasal  21  ayat  (1),Pasal  21  ayat  (2),dan/atau  Pasal  53  ayat  (2)dikenai  sanksi  administratif berupa:
a.teguran     tertulis;
b.pembatasan   kegiatan   usaha;
c.penghentian         sementara    sebagian     atau
seluruh alat produksi;dan
d.pembekuan  kegiatan  usaha.
(2)Pengenaan    sanksi    administratif   sebagaimana dimaksud    pada    ayat    (1)dilakukan    secara bertahap.
(3)Teguran   tertulis   sebagaimana   dimaksud   pada ayat  (1)huruf a  merupakan  peringatan  tertulis atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengusaha.
(4)Pembatasan     kegiatan     usaha      sebagaimana dimaksud pada ayat (1)huruf b meliputi:
a.pembatasan    kapasitas    produksi    barang dan/atau   jasa    dalam    waktu   tertentu; dan/atau
b.penundaan  pemberian  izin  usaha  di  salah satu atau beberapa lokasi bagi Perusahaan yang memilikiproyek di beberapa lokasi.
(5)Penghentian  sementara  sebagian  atau  seluruh  alat produksi  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1) huruf   c    berupa    tindakan   tidak   menjalankan sebagian    atau    seluruh    alat    produksi    barang dan/atau jasa  dalam  waktu  tertentu.
(6)Pembekuan     kegiatan    usaha    sebagaimana dimaksud pada ayat (1)huruf dberupa tindakan menghentikan seluruh proses produksi barang dan/atau  jasa  di  Perusahaan  dalam  waktu
tertentu.

Pasal 80
(1)Menteri,menteri               terkait,gubernur,bupati/wali kota,atau  pejabat  yang  ditunjuk  sesuai  dengan kewenangannya  mengenakan  sanksi  administratif sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  79  kepada Pengusaha.
(2)Pengenaan    sanksi    administratif    diberikan berdasarkan hasilpemeriksaan yang dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaanyang berasal dari: a.pengaduan;dan/atau
b.        tindak                     lanjut         hasil                      pengawasan
ketenagakerjaan.
(3)Tindak  lanjut  hasil  pemeriksaan  yang  dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan dituangkan dalam nota pemeriksaan.
(4)Dalam  hal  nota  pemeriksaan  tidak  dilaksanakan oleh      Pengusaha,Pengawas      Ketenagakerjaan menyampaikan laporan ketidakpatuhan terhadap ketentuan       peraturan       perundang-undangan  beserta nota pemeriksaan kepada:
a.direktur                          jenderal      yang      membidangi
pengawasan         ketenagakerjaan         pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan   di   bidang   ketenagakerjaan, untuk          Pengawas          Ketenagakerjaan di   kementerian   yang   menyelenggarakan urusan         pemerintahan        di        bidang ketenagakerjaan;atau
b.      kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan   di   bidang    ketenagakerjaan provinsi,untuk   Pengawas   Ketenagakerjaan pada  dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan   di   bidang    ketenagakerjaan provinsi.
(5)Direktur jenderal  atau  kepala  dinas  sebagaimana dimaksud    pada      ayat     (4)     menyampaikan rekomendasi  kepada  pejabat  yang  berwenang mengenakan sanksi administratif.
(6)Menteri     terkait,gubernur,bupati/wali      kota,atau pejabat      yang      ditunjuk       memberitahukan pelaksanaan    pengenaan    sanksi    administratif kepada Menteri.

Pasal 81
Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten/kota yang masih   memberlakukan   keputusan   tentang   Upah minimum    yang    bertentangan    dengan    Peraturan Pemerintah  ini  dikenai  sanksi  administratif  sesuai dengan   ketentuan   peraturan   perundang-undangan yang mengatur mengenai pemerintahan daerah.

BAB XIV
KETENTUAN   PERALIHAN
Pasal 82
Pada saat Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku:
a.Upah     minimum     provinsi      dan/atau     Upah minimum   kabupaten/kota   Tahun   2021   yang telah ditetapkan oleh gubernur pada Tahun 2020 dinyatakan    tetap    berlaku     sampai    dengan Desember 2021;
b.Upah  minimum   sektoral  yang  telah  ditetapkan sebelum tanggal 2 November 2020 tetap berlaku sampai dengan:
1.surat  keputusan  mengenai  penetapan  Upah minimum sektoral berakhir;atau
2.Upah   minimum   provinsi   dan/atau   Upah  minimum     kabupaten/kota     di     daerah tersebut ditetapkan lebih tinggi dari Upah minimum sektoral;
c.Upah  minimum  sektoral  provinsi  dan/atau  Upah
minimum                    sektoral    kabupaten/kota                 yang
ditetapkan setelah tanggal 2 November 2020 wajib dicabut    oleh    gubernur     selambat-lambatnya 1  (satu)tahun  sejak  ditetapkan;dan
d.gubernur   tidak   boleh   lagi   menetapkan   Upah
minimum sektoral

Pasal 83
(1)Perusahaan  yang   telah  memberikan  Upah   lebih tinggi dari Upah minimum yang telah ditetapkan, Pengusaha dilarang mengurangi atau menurunkan Upah.
(2)Pengusaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat(1)dikenai sanksiadministratif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79.

BAB XV
KETENTUAN  PENUTUP
Pasal 84
Pada saat Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku, semua        peraturan     perundang-undangan    yang
merupakan     peraturan        pelaksanaan              dari
Undang-Undang  Nomor   13  Tahun  2003  tentang Ketenagakerjaan      yang      mengatur       mengenai pengupahan    dinyatakan    masih     tetap    berlaku  sepanjang   tidak   bertentangan   dengan   Peraturan  Pemerintah ini

Pasal 85
Pada  saat  Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku, Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 237,Tambahan Lembaran Negara Republik   Indonesia   Nomor    5747),dicabut    dan dinyatakan tidakberlaku

Pasal 86
Peraturan Pemerintah ini mulai berlakupadatanggal diundangkan.
Agar         setiap         orang          mengetahuinya,memerintahkan
pengundangan        Peraturan        Pemerintah        ini        dengan
penempatannya      dalam      Lembaran      Negara      Republik
Indonesia.

Ditetapkan    di    Jakarta
pada   tanggal   2   Februari   2021
PRESIDEN  REPUBLIK  INDONESIA,
ttd.
JOKO       WIDODO

Diundangkan     di     Jakarta
pada   tanggal   2   Februari   2021
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK   INDONESIA,
ttd.
YASONNA       H.LAOLY

LEMBARAN    NEGARA     REPUBLIK    INDONESIA     TAHUN     2021    NOMOR     46
Salinan    sesuai    dengan    aslinya
KEMENTERIAN       SEKRETARIAT       NEGARA REPUBLIK         INDONESIA
Deputi     Bidang     Perundang-undangan      dan
uinistrasi       Hukum

SK  No  086138  A
PRESIDEN
REPUBLIK INDONESIA
PENJELASAN ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR   36   TAHUN   2021
TENTANG
PENGUPAHAN

I.  UMUM   
Upah merupakan salah satu unsur esensial dalam Hubungan
Kerja,mengingat keberadaan Upah selalu dikaitkan dengan sumber penghasilan bagiPekerja/Buruhuntuk mencapaiderajat penghidupan yang layakbagi dirinya dan keluarganya.
Dimensi  Upah  memiliki  cakupan  yang  luas,baik  yang berkaitan dengan aspek pemenuhan kebutuhan dasar Pekerja/Buruh, maupun yang berkaitan dengan aspek pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja.Arah kebijakan pembangunan sistem pengupahan,menekankan  pada  aspek  pelindungan  Upah  bagi Pekerja/Buruh       untuk       mencapai      kesejahteraan       dengan memperhatikan kemampuan Perusahaan dan kondisi perekonomian nasional.Dengan dasar tersebut maka diharapkan terwujud sistem pengupahan yang berkeadilan.
Selain itu,regulasi bidang pengupahan juga harus mampu menjawabtantangan dinamika globalisasi dan transformasi teknologi informasi yang berdampak terhadap perubahan tatanan sosial dan ekonomi,termasuk  perubahan  pola  Hubungan  Kerja   di  bidang ketenagakerjaan.
Oleh   karena   itu,diperlukan   regulasi   pengupahan   yang mengaturbeberapa isu strategis,antara lain mengenai bentuk Upah, Upah   bagi    Pekerja/Buruh,Upah   minimum    dan    Upah   bagi Pekerja/Buruhpada usaha mikro dan usaha kecil.
Ruanglingkup Peraturan Pemerintah ini meliputi:
a.kebijakan    pengupahan;
b.penetapan  Upah  berdasarkan  satuan  waktu  dan/atau  satuan hasil;
c.struktur  dan  skala  Upah;
d.Upah      minimum;
e.Upah terendah pada usaha mikro dan usaha kecil; f.     pelindungan  Upah;
g.     bentuk dan cara pembayaran Upah;
h.hal-hal  yang  dapat  diperhitungkan  dengan  Upah;
i.Upah   sebagai   dasar   perhitungan    atau    pembayaran    hak    dan
kewajiban lainnya;
j.          dewan   pengupahan;dan k.sanksi       administratif.

II.     PASAL DEMI PASAL
Pasal 1
Cukup jelas

Pasal 2
Ayat (1)
Cukup jelas. Ayat (2)
Yang  dimaksud  dengan“memperoleh  perlakuan  yang  sama” adalah  Pengusaha   dalam   menerapkan   sistem   pengupahan  tanpa    membedakan     jenis    kelamin,suku,ras,agama,warna  kulit,dan  aliran  politik.
Ayat (3)
Yang   dimaksud    dengan“pekerjaan   yang    sama   nilainya” adalah pekerjaan yang bobotnya sama diukur dari antara lain  kompetensi,risiko   kerja,dan   tanggung   jawab   dalam    satu  Perusahaan.

Pasal 3
Yang  dimaksud  dengan  ”pada  saat  terjadi  Hubungan  Kerja” adalah sejak adanya Perjanjian Kerja baik tertulis maupun tidak  tertulis  antara  Pengusaha  dengan  Pekerja/Buruh.
Yang  dimaksud  dengan”pada  saat  putusnya  Hubungan  Kerja” antara  lain  Pekerja/Buruh  meninggal  dunia,adanya  perjanjian  bersama,atau      adanya      penetapan      lembaga      penyelesaian  perselisihan  hubungan  industrial.

Pasal 4
Cukup  jelas.
Pasal 5
Cukup jelas.

Pasal 6
Ayat(1)
Yang  dimaksud  dengan  “penghasilan  yang  memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”adalahjumlah penerimaan  atau  pendapatan  Pekerja/Buruh  dari  hasil pekerjaannya sehingga mampu memenuhikebutuhan hidup Pekerja/Buruh dan keluarganya secara wajar.
Ayat (2)
Huruf a
Cukup jelas. Hurufb
Yang dimaksud dengan“Pendapatan non-Upah”adalah penerimaan  Pekerja/Buruh  dari  Pengusaha  dalam  bentuk    uang      untuk      pemenuhan     kebutuhan
keagamaan,memotivasi  peningkatan  produktivitas, atau  peningkatan  kesejahteraan  Pekerja/Buruh  dan keluarganya

Pasal 7
Ayat (1)
Huruf a
Yang dimaksud dengan“Upahtanpatunjangan”adalah sejumlah  uang  yang   diterima  oleh  Pekerja/Buruh secara tetap tanpa adanya tambahan tunjangan.
Contoh:
Seorang        Pekerja       A      menerima     Upah     sebesar Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah)sebagai Upah bersih (clean wages).Besaran Upah tersebututuh digunakan sebagai dasar perhitungan hal-hal yang terkait dengan Upah,antara  lain  tunjangan hari raya keagamaan, Upah kerja lembur,pesangon,iuran jaminan sosial, dan lain-lain.
Huruf b
Cukup jelas.
Huruf c
Cukup jelas.
Huruf d
Cukup jelas.
Ayat (2)
Cukup jelas.
Ayat (3)
Cukup jelas.
Ayat (4)
Cukup jelas.
Ayat (5)
Yang dimaksud dengan“jabatan atau pekerjaan tertentu” adalah jabatan yang memiliki tanggung jawab  sebagai  pemikir,perencana,dan  pengendali jalannya  Perusahaan  antara  lain  jabatan  pada   supervisor,manajer,dan   ahli  dengan besaran Upah paling sedikit sebesar batas paling  tinggi  Upah  untuk  dasar  perhitungan  iuran  jaminan  pensiun.

Pasal 8
Ayat(1)
Cukup jelas.
Ayat (2)
Huruf a
Cukup  jelas.
Huruf  b
Cukup  jelas.
Huruf  c
Cukup jelas.                        
Huruf  d                                
Yang        dimaksud        dengan“usaha        tertentu”adalah        usaha
hotel       dan       usaha       restoran       di       hotel.

Pasal        9
Cukup
Pasal         10
Cukup
Pasal        11
Cukup
jelas.
jelas.
jelas.

Pasal         12
Ayat(1)
Yang      dimaksud       dengan“fasilitas      kerja”adalah       sarana       atau peralatan      yang      disediakan      oleh      Perusahaan      bagi      jabatan atau     pekerjaan     tertentu     atau      seluruh     Pekerja/Buruh     untuk menunjang        pelaksanaan        pekerjaan.
Contoh:
Fasilitas            kendaraan,             kendaraan             antar           jemput
Pekerja/Buruh,dan/atau           alat           komunikasi.
Huruf   a
Yang       dimaksud       dengan       “jabatan       atau       pekerjaan  tertentu”adalah          kedudukan          atau          kegiatan          yang membutuhkan        fasilitas        tertentu        untuk        mendukung kelancaran      pelaksanaan       tugas       yang       ditetapkan       oleh Perusahaan     sebagai     penerima      fasilitas     kerja.
Huruf        b
Cukup     jelas.
Ayat   (2)
Cukup      jelas
Ayat  (3)
Cukup     jelas.

Pasal 13
Cukup jelas.
Pasal 14
Cukup jelas.
Pasal 15
Cukup jelas.

Pasal 16
Ayat (1)
Yang dimaksud dengan“bekerja secara paruh waktu”adalah bekerja kurang dari 7 (tujuh)jam  1 (satu)hari dan kurang dari 35 (tiga puluh lima)jam 1 (satu)minggu.
Ayat (2)
Cukup jelas.
Ayat (3)
Cukup jelas.
Ayat (4)
Angka  126  (seratus  dua  puluh  enam)merupakan  angka penyebut yang diperoleh dari hasil perkalian antara 29(dua puluh sembilan)jam 1 (satu)minggu dengan 52(lima puluh dua)minggu    (jumlah    minggu    dalam     1(satu)tahun) kemudian dibagi 12 (dua belas)bulan.
29 (dua puluh sembilan)jam merupakan median jam kerja Pekerja/Buruhparuh waktu tertinggi dari seluruh provinsi.
Ayat (5)
Cukup jelas
Ayat (6)
Cukup jelas.

Pasal 17
Cukup jelas.
Pasal 18
Cukup jelas.

Pasal  19
Yang   dimaksud   dengan    ”pemenuhan   pelaksanaan   ketentuan peraturan   perundang-undangan”adalah    pemenuhan   kewajiban Pengusaha  kepada  Pekerja/Buruh   antara   lain   tunjangan   hari raya     keagamaan,Upah     kerja     lembur,uang     pesangon,uang penghargaan  masa  kerja,dan  Upah  karena  sakit,serta  iuran  dan manfaat jaminan sosial.

Pasal 20
Ayat (1)
Struktur  dan  skala  upah  dimaksudkan  antara  lain  untuk:
a.mewujudkan  Upah  yang  berkeadilan;
b.mendorong  peningkatan  produktivitas   di  Perusahaan;
c.meningkatkan    kesejahteraan     Pekerja/Buruh;
d.menjamin   kepastian   Upah;dan
e.mengurangi   kesenjangan    antara   Upah   terendah    dan
tertinggi.
Ayat (2)
Cukup jelas
Ayat (3)
Cukup jelas.

Pasal 21
Ayat(1)
Faktor    yang     digunakan/dipilih    untuk    menilai     atau membobot      jabatan      yang      dapat      dikompensasikan
(compensable factor)dalam penyusunan struktur  dan skala
Upah         antara         lain         pendidikan,keterampilan,dan pengalaman yang dipersyaratkan oleh jabatan.
Ayat (2)
Cukup jelas.
Ayat (3)
Cukup jelas.

Pasal 22
Cukup jelas.
Pasal 23
Cukup jelas.
Pasal 24
Cukup jelas.
Pasal 25
Cukup jelas.

Pasal 26
Ayat (1)
Cukup jelas.
Ayat (2)
Cukup jelas.
Ayat (3)
Yang dimaksud dengan“Batas atas UM(t”adalah acuan batas tertinggi bagi Upah minimum yang akan ditetapkan. UM merupakan singkatan dari Upah Minimum.
Yang dimaksud dengan“Rata-rata konsumsi per kapita(t)” adalah  rata-rata  konsumsi  per  kapita  per  bulan  yang  dihitung dari survei sosial ekonomi nasionalbulan Maret setiaptahunnya.
Yang dimaksud dengan“Rata-rata banyaknya ART(t”adalah rata-rata banyaknya anggota rumah tangga yang dihitung dari survei sosial ekonomi nasional bulan Maret setiap tahunnya.ART merupakan singkatan dariAnggota Rumah Tangga.
Yang dimaksud dengan“Rata-rata banyaknya ART bekerja pada    setiap    rumah    tangga(t”adalah    rata-rata    banyaknya orang bekerja per rumah tangga yang dihitung dari survei sosial ekonominasionalbulan Maret setiaptahunnya.
Ayat (4)
Yang dimaksud dengan“Batas bawah UM(t”adalah acuan batas terendah bagi Upah minimum yang akan ditetapkan.
Yang  dimaksud  dengan“Batas  atas  UMt”adalah  acuan batastertinggi bagi Upah minimum yang akan ditetapkan.
Ayat (5)
Yang dimaksud dengan“UM(t+1)”adalahUpah minimum yang akan ditetapkan.
Yang dimaksud dengan“UM(t”adalahUpah minimum tahun berjalan.
Yang dimaksud dengan“Max(PEt),Inflasit)”adalah fungsi maksimum dari pertumbuhan ekonomi atau inflasi yaitu salah satu nilai tertinggi dari pertumbuhan ekonomi atau inflasi.Max    merupakan    singkatan    dari    maksimum. PE merupakan singkatan dari Pertumbuhan Ekonomi.
Yang dimaksud dengan“PEt”adalah pertumbuhan ekonomi provinsi yang dihitung dari pertumbuhan ekonomi yang mencakup periodekuartal IV tahun sebelumnya dan periode kuartal I,II dan III tahun berjalan (dalam persen).
Yang dimaksud dengan“Inflasi(u”adalah inflasi provinsi yang dihitung dari periode September tahun sebelumnya sampai dengan periode September tahun berjalan (dalam persen).
Yang dimaksud dengan“Batas atast”adalah acuan batas tertinggi bagiUpah minimum yang akan ditetapkan.
Yang dimaksud dengan“Batas bawah(t”adalah acuan batas terendah bagi Upah minimum yang akan ditetapkan.
Ayat (6)
Cukup jelas.
Ayat (7)
Cukupjelas
Ayat (8)
Cukup jelas.

Pasal 27
Cukup jelas.
Pasal 28
Cukup   jelas.
Pasal  29
Cukup jelas.
Pasal 30
Cukup jelas.
Pasal 31
Cukup jelas.

Pasal 32
Ayat (1)
Huruf a
Yang  dimaksud  dengan“UMKg1”adalah  nilai  Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor  paritas  daya  beli.UMK  merupakan  singkatan dari Upah Minimum Kabupaten/Kota.
Yang  dimaksud  dengan“PPP  Kab/Kota”adalah  rata- rata  paritas  daya  beli  3  (tiga)tahun  terakhir  pada kabupaten/kota  yang  bersangkutan.PPP  merupakan singkatan dari Purchasing Power Parity.
Yang dimaksud dengan“PPP Provinsi”adalah rata-rata paritas daya beli 3 (tiga)tahun terakhir pada provinsi yang bersangkutan.
Yang dimaksud dengan“UMPt”adalahUpah minimum provinsi  tahun  berjalan.UMP  merupakan   singkatan dari Upah Minimum Provinsi.
Hurufb
Yang dimaksud dengan“UMK(F2)”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor tingkat penyerapan tenagakerja.
Yang dimaksud dengan“1-TPT Kab/Kota”adalah rata- rata  tingkat  penyerapan  tenaga  kerja  3  (tiga)tahun terakhir   pada   kabupaten/kota   yang   bersangkutan. TPT merupakan singkatan dari Tingkat Pengangguran Terbuka.
Yang dimaksud dengan“1-TPT Provinsi”adalah rata- rata  tingkat  penyerapan  tenaga  kerja  3  (tiga)tahun terakhirpada provinsi yang bersangkutan.
Yang dimaksud dengan“UMPt”adalahUpah minimum provinsitahun berjalan.
Huruf c
Yang dimaksud dengan“UMK(F3)”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor    median     Upah    Pekerja/Buruh     di    luar penyelenggara    negara.
Yang  dimaksud  dengan“Median  Upah  Kab/Kota” adalah rata-rata median Upah Pekerja/Buruh di luar  penyelenggara  negara  3(tiga)tahun  terakhir  pada  kabupaten/kota yang bersangkutan.
Yang dimaksud dengan“Median Upah Provinsi”adalah rata-rata   median   Upah   Pekerja/Buruh   di   luar penyelenggara  negara  3  (tiga)tahun  terakhir  pada provinsi yang bersangkutan.
Yang dimaksud dengan“UMPt”adalahUpah minimum provinsi   tahun   berjalan.
Huruf d
Yang dimaksud dengan“UMK(t+1”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota yang akan ditetapkan.
Yang dimaksud dengan“UMK(r1”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor paritas daya beli.
Yang dimaksud dengan“UMK(r2)”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor tingkat penyerapan tenagakerja.
Yang dimaksud dengan“UMK(F3)”adalah nilai Upah minimum kabupaten/kota dengan mempertimbangkan faktor    median    Upah    Pekerja/Buruh    di    luar penyelenggara    negara.
Ayat (2)
Cukup  jelas.
Ayat (3)
Cukup jelas.

Pasal 33
Cukup jelas.
Pasal 34
Cukup jelas
Pasal 35
Cukup jelas.
Pasal 36
Cukup jelas.
Pasal 37
Cukup jelas
Pasal 38
Cukup jelas.
Pasal 39
Cukup jelas.

Pasal 40
Ayat(1)
Cukup  jelas.
Ayat (2)
Huruf a
Cukup jelas.
Huruf b
Cukup jelas.
Huruf c
Cukup jelas.
Huruf d
Yang  dimaksud  dengan  “Pekerja/Buruh  bersedia melakukan  pekerjaan  yang  telah  dijanjikan  tetapi Pengusaha    tidak     mempekerjakannya”    misalnya Pekerja/Buruh yang diperintahkanuntukmembongkar muatan kapal akan tetapi karena sesuatu hal kapal tersebut   tidak   datang   maka   Pengusaha   harus membayar    Upah    Pekerja/Buruh.
Ayat (3)
Cukup  jelas.
Ayat (4)
Cukup jelas.
Ayat (5)
Cukup jelas.

Pasal 41
Cukup jelas.
Pasal 42
Cukup jelas.
Pasal 43
Cukup jelas.
Pasal 44
Cukup jelas.
Pasal 45
Cukup jelas.
Pasal 46
Cukup jelas.
Pasal 47
Cukup jclas.

Pasal  48
Ayat (1)
Yang  dimaksud  dengan  “secara  berkala”adalah  suatu periode waktu tertentu yang bersifat tetap atau periode waktu    tertentu    yang    ditetapkan    sesuai    kebijakan Perusahaan.
Ayat (2)
Cukup jelas.

Pasal 49
Cukup  jelas.

Pasal 50
Seorang Pekerja/Buruh dimungkinkan akan dapat jatuh pailit yang disebabkan tidak terbayarnya hutang kepada pihak lain, baik kepada Pengusaha dan/atau orang lain.Guna menjamin kehidupan Pekerja/Buruh yang keseluruhan harta bendanya disita,ada   jaminan    untuk    hidup    bagi    dirinya    beserta keluarganya.Oleh   karena   itu,dalam   Pasal   ini   Upah   dan pembayaran lainnya yang menjadi hak Pekerja/Buruh tidak termasuk dalam kepailitan.Penyimpangan terhadap ketentuan pasal ini hanya dapat dilakukan oleh hakim dengan batas sampai dengan 25%(dua puluh lima persen).

Pasal 51
Cukup jelas.

Pasal 52
Ayat (1)
Yang   dimaksud   dengan“dokumen   Perusahaan”adalah dokumen yang memuat rincian pembayaran Upah setiap Pekerja/Buruh di Perusahaan.
Ayat (2)
Cukup jelas
Ayat (3)
Cukup jelas.

Pasal 53
Ayat(1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Cukup  jelas.
Ayat (3)
Cukup jelas.
Ayat (4)
Surat kuasa dari Pekerja/Buruh yang bersangkutan harus mencantumkan    batasan    waktu     atau    periode    untuk pembayaran Upah yang dikuasakan kepadapihak ketiga.

Pasal 54
Cukup jelas.
Pasal 55
Cukup jelas.
Pasal 56
Cukup jelas.
Pasal 57
Cukup jelas.
Pasal 58
Cukup jelas.
Pasal  59
Cukup   jelas.
Pasal 60
Cukupjelas.
Pasal 61
Cukup jelas.
Pasal  62
Cukup   jelas.
Pasal  63
Cukup   jelas.
Pasal 64
Cukup jelas.
Pasal 65
Cukup  jelas.
Pasal 66
Cukup jelas.

Pasal  67
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Yang  dimaksud  dengan“Upah  minimum  yang  berlaku  di wilayah    tempat     Pekerja/Buruh    bekerja”adalah    Upah minimum  kabupaten/kota  dalam  hal  di  daerah  tersebut ditetapkan      Upah      minimum      kabupaten/kota.Apabila kabupaten/kota  didaerah  tersebut  tidak  terdapat  penetapan Upah   minimum   kabupaten/kota   maka   berlaku   Upah minimum provinsi.

Pasal 68
Cukup jelas.
Pasal 69
Cukup jelas.
Pasal 70
Cukup jelas.

Pasal 71
Ayat (1)
Dalam rangka memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah,dewan pengupahan nasional dapat melakukan berbagai   kegiatan    seperti   kajian,analisis,koordinasi,dan kerja sama dengan pihak terkait.
Ayat (2)
Dalam rangka memberikan saran dan pertimbangan kepada gubernur,dewan  pengupahan  provinsi  dapat  melakukan berbagai   kegiatan   seperti   kajian,analisis,koordinasi,dan kerja sama dengan pihak terkait.
Ayat (3)
Dalam rangka memberikan saran dan pertimbangan kepada bupati/wali kota,dewan pengupahan kabupaten/kota dapat melakukan    berbagai    kegiatan    seperti    kajian,analisis, koordinasi,dan kerja sama dengan pihak terkait.

Pasal 72
Cukup jelas.
Pasal 73
Cukup  jelas.
Pasal 74
Cukup jelas.
Pasal  75
Cukupjelas.
Pasal 76
Cukup jelas.
Pasal 77
Cukup jelas.
Pasal 78
Cukup jelas.
Pasal 79
Cukup jelas.
Pasal 80
Cukup jelas.
Pasal 81
Cukup jelas.
Pasal 82
Cukup jelas.
Pasal 83
Cukup jelas
Pasal 84
Cukup jelas.
Pasal 85
Cukup jelas.
Pasal 86
Cukup jelas.

TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6648

SK No 086160 A

回复

使用道具 举报

Copyright © 2001-2013 Comsenz Inc. Powered by Discuz! X3.4 京公网安备 11010802035448号 ( 京ICP备19053597号-1,电话18600416813,邮箱1479971814@qq.com ) 了解Tax100创始人胡万军 优化与建议 隐私政策
快速回复 返回列表 返回顶部