Tax100 税百

  • 在线人数 1004
  • Tax100会员 32503
查看: 116|回复: 0

[东南亚] 印度尼西亚《2023年第49号政府条例:关于2015年第44号政府条例第二次修正案,关于实施工伤保险和死亡保险计划》

203

主题

396

帖子

896

积分

超级版主

Rank: 8Rank: 8

积分
896
2024-11-28 17:33:11 | 显示全部楼层 |阅读模式
政策文件
政策原文链接: https://peraturan.bpk.go.id/Details/266186/pp-no-49-tahun-2023
发文单位:
文件编号: -
文件名: 2023年第49号政府条例:关于2015 年第 44 号政府条例第二次修正案,关于实施工伤保险和死亡保险计划
发文日期:
政策解读: -
备注: -
纵横四海点评: -
PRESIDEN
REPUBLIK INDONESIA

SALINAN   

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 49 TAHUN 2023
TENTANG

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 44
TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN
KECELAKAAN KERJA DAN JAMINAN KEMATIAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang
a.    bahwauntuk memberikan jaminan sosial yang dapat
meningkatkan perlindunganterhadappekerja/buruh dari    risiko    sosial    ekonomi,baik    pada     saat     bekerja maupun  saat  terjadi  pemutusan  atau  pengakhiran hubungan kerja,telah dikembangkan jaminan sosial berupa program jaminan kehilangan pekerjaan yang bersifat asuransi sosialberdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah  Pengganti  Undang-Undang  Nomor  2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang- Undang;
b.bahwa  untuk  mendukung  penyelenggaraan  program jaminan  kehilangan  pekerjaan  dan  meningkatkan pendayagunaan iuran jaminan kecelakaan kerja dan  jaminan         kematian,perlu         dilakukan         rekomposisi terhadap   iuran   jaminan   kecelakaan   kerja   dan jaminan kematian yang pelaksanaannya disesuaikan dengan ketentuan Pasal 46E ayat(1)hurufb Undang- Undang  Nomor  40  Tahun  2004  tentang  Sistem Jaminan    Sosial    Nasional     sebagaimana     telah    diubah dengan  Undang-Undang  Nomor  6  Tahun  2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja   Menjadi   Undang-Undang;
c.        bahwa    dalam    rangka    meningkatkan    kepastian perlindungan    terhadap    peserta,perlu     dilakukan penyesuaian    pengaturan     terhadap     kepesertaan, pemberian  manfaat  pada  dugaan  kecelakaan  kerja dan   dugaan   penyakit   akibat   kerja,pelaporan,serta kegiatan        promotif        dan        preventif       dalam penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja danjaminan kematian;
d.      bahwa    berdasarkan    pertimbangan     sebagaimana dimaksud  dalam  huruf a,huruf b,dan  huruf c,perlu menetapkan       Peraturan        Pemerintah       tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor
44  Tahun  2015  tentang  Penyelenggaraan  Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian;

Mengingat
1.      Pasal   5    ayat   (2)Undang-Undang   Dasar   Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
2.      Undang-Undang   Nomor   40  Tahun  2004  tentang Sistem Jaminan  Sosial Nasional (Lembaran Negara Republik   Indonesia   Tahun    2004   Nomor   150,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia Nomor   4456)sebagaimana    telah   diubah    dengan Undang-Undang   Nomor   6   Tahun   2023   tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia    Tahun   2023   Nomor       41,Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 6856);
3.      Undang-Undang   Nomor   24   Tahun   2011  tentang Badan  Penyelenggara  Jaminan   Sosial   (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 116,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia Nomor   5256)sebagaimana   telah    diubah    dengan Undang-Undang   Nomor   6   Tahun   2023   tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia    Tahun   2023    Nomor   41,Tambahan
Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 6856);
4.    Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian (Lembaran Negara Republik Indonesia   Tahun   2015  Nomor   154,Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5714) sebagaimana    telah     diubah     dengan     Peraturan
Pemerintah          Nomor    82         Tahun     2019       tentang
Perubahan  atas  Peraturan  Pemerintah  Nomor  44 Tahun   2015   tentang   Penyelenggaraan   Program Jaminan  Kecelakaan  Kerja  dan  Jaminan  Kematian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor  231,Tambahan  Lembaran Negara  Republik IndonesiaNomor 6427);

MEMUTUSKAN:
PERATURAN     PEMERINTAH      TENTANG     PERUBAHAN
KEDUA   ATAS   PERATURAN   PEMERINTAH   NOMOR   44 TAHUN  2015  TENTANG  PENYELENGGARAAN  PROGRAM JAMINAN       KECELAKAAN      KERJA        DAN      JAMINAN KEMATIAN.

Pasal I
Beberapa ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44   Tahun   2015   tentang    Penyelenggaraan    Program  Jaminan   Kecelakaan    Kerja    dan   Jaminan   Kematian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor  154,Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia Nomor 5714)sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah  Nomor  82  Tahun  2019  tentang  Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan    Program     Jaminan    Kecelakaan    Kerja     dan Jaminan Kematian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun  2019  Nomor  231,Tambahan  Lembaran  Negara Republik IndonesiaNomor 6427),diubah sebagai berikut:

1.Ketentuan  ayat  (2)Pasal  2  diubah  dan  ditambahkan 1 (satu)ayat,yakni ayat (3)sehingga Pasal 2 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 2
(1)Program  JKK  dan  JKM  diselenggarakan  oleh BPJS    Ketenagakerjaan.
(2)Program JKK dan JKM bagiPekerja yang bekerja padapenyelenggara negara yang berstatus calon pegawai  negeri   sipil,pegawai  negeri   sipil,pegawai pemerintah   dengan   perjanjian   kerja,prajurit Tentara    Nasional     Indonesia,anggota     Kepolisian Negara   Republik   Indonesia,pejabat   negara, prajurit siswa Tentara Nasional Indonesia,dan peserta      didik      Kepolisian      Negara      Republik Indonesia    diselenggarakan     sesuai    dengan ketentuan    yang    diatur    dengan    Peraturan Pemerintah tersendiri.
(3)Program  JKK  dan  JKM  bagi  Pekerja  yang  bekerja pada   penyelenggara   negara   selain   Pekerja sebagaimana     dimaksud     pada      ayat    (2) diselenggarakan  oleh  BPJS  Ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.
2.Ketentuan Pasal 5 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 5
(1)Peserta program JKK dan JKM terdiri atas:
a.    Peserta penerima Upah yang bekerja pada penyelenggara    negara    sesuai    dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b.Peserta  penerima  Upah  yang  bekerja  pada Pemberi   Kerja   selain   penyelenggara   negara; dan
c.Peserta  bukan  penerima  Upah.
(2)Peserta   penerima   Upah   yang   bekerja   pada Pemberi   Kerja   selain   penyelenggara   negara sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)huruf  b meliputi:
a.Pekerja   pada   perusahaan;
b.Pekerja  pada   orang  perseorangan;dan
c.orang asing yang bekerja di Indonesia paling singkat 6 (enam)bulan.
(3) Peserta bukan penerima Upah sebagaimana dimaksud pada ayat (1)huruf c meliputi:
a.Pemberi Kerja  selain penyelenggara negara;
b.Pekerja  di  luar  hubungan  kerja  atau  Pekerja mandiri;dan
c.Pekerja  yang  tidak  termasuk  huruf  b  yang bukan penerima Upah.
3.Di  antara  Pasal   16  dan  Pasal   17  disisipkan   1  (satu) pasal,yakni  Pasal   16A  sehingga  berbunyi  sebagai berikut:

Pasal 16A
(1)Iuran  JKK  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal 16  ayat  (1)direkomposisi  untuk  Iuran  jaminan  kehilangan  pekerjaan  sebesar  0,14%(nol  koma empat belas persen),sehingga Iuran JKK untuk setiapkelompok tingkat risiko menjadi:
a.      tingkat risiko sangat rendah sebesar 0,10% (nol    koma    sepuluh    persen)dari    Upah sebulan;
b.tingkat    risiko    rendah    sebesar    0,40%(nol koma    empat    puluh    persen)dari    Upah sebulan;
c.tingkat   risiko   sedang   sebesar   0,75%_(nol koma  tujuh  puluh  lima  persen)dari  Upah sebulan;
d.tingkat    risiko    tinggi    sebesar    1,13%(satu koma tiga belas persen)dari Upah sebulan; dan
e.      tingkat risiko sangat tinggi sebesar  1,60% (satu koma  enam puluh persen)dari  Upah sebulan
(2)   Besaran Iuran JKK sebagaimana dimaksud pada ayat(1)berlaku  untuk  Peserta  penerima  Upah yang wajib dan telah terdaftar  sebagai Peserta dalam program jaminan kehilangan pekerjaan.
(3)   Besaran   Iuran   JKK   sebagaimana   dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1)tidak direkomposisi dan tetap berlaku bagi:
a.      Peserta penerima Upah yang tidak terdaftar sebagai  Peserta  dalam  program  jaminan kehilangan  pekerjaan;atau
b.      Peserta    penerima    Upah     yang    masih tertunggak  Iurannya  oleh  Pemberi  Kerja selain penyelenggara negara sampai dengan diundangkannya  Peraturan  Pemerintah  ini dan belum dibayarkan lunas kepada BPJS Ketenagakerjaan.
4.Di  antara  Pasal  18  dan  Pasal  19  disisipkan  1(satu) pasal,yakni  Pasal   18A  sehingga  berbunyi  sebagai berikut:

Pasal 18A
(1)   Iuran  JKM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18  ayat  (1)direkomposisi  untuk  Iuran  jaminan kehilangan pekerjaan  sebesar 0,10%(nol koma  sepuluh  persen),sehingga  Iuran  JKM  menjadi 0,20%(nol   koma   dua   puluh   persen)dari   Upah sebulan.
(2)Besaran Iuran JKM sebagaimana dimaksud pada ayat(1)berlaku  untuk  Peserta  penerima  Upah yang wajib dan telah terdaftar  sebagai Peserta dalam program jaminan kehilangan pekerjaan.
(3)   Besaran   Iuran   JKM   sebagaimana   dimaksud dalam    Pasal    18    ayat    (1)tidak    direkomposisi    dan tetap berlaku bagi:
a.     Peserta penerima Upah yang tidak terdaftar sebagai  Peserta  dalam  program  jaminan kehilangan  pekerjaan;atau
b.      Peserta    penerima    Upah    yang     masih tertunggak  Iurannya  oleh  Pemberi  Kerja selain penyelenggara negara sampai dengan diundangkannya  Peraturan  Pemerintah  ini dan belum dibayarkan lunas kepada BPJS Ketenagakerjaan.

5.    Di  antara  Pasal 25  dan Pasal 26 disisipkan 2 (dua) pasal,yakni  Pasal  25A  dan  Pasal  25B   sehingga berbunyi sebagai berikut:


Pasal 25A


(1)        Pelayanan kesehatan untuk dugaan Kecelakaan Kerja  sebelum  mendapatkan  kesimpulan   atau penetapan status sebagai Kecelakaan Kerja atau bukan Kecelakaan Kerja dijamin terlebih dahulu oleh BPJS Ketenagakerjaan.
(2)        Penjaminan  pelayanan   kesehatan  atas  dugaan Kecelakaan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dilakukan sampai dengan status dugaan  Kecelakaan  Kerja  disimpulkan  atau  ditetapkan sebagai Kecelakaan Kerja.
(3)        Penyimpulan atau penetapan status Kecelakaan Kerja  atau  bukan  Kecelakaan  Kerja  dilakukan paling  lama  30(tiga  puluh)hari   sejak  laporan tahap I diterima oleh BPJS Ketenagakerjaan.
(4)        Pelayanan kesehatan untuk Peserta atas dugaan Kecelakaan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dapat dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan  yang  bekerja  sama  atau  yang  tidak bekerja   sama  dengan  BPJS  Ketenagakerjaan dan/atau  Badan  Penyelenggara  Jaminan  Sosial Kesehatan  sesuai  dengan  ketentuan  peraturan perundang-undangan.
(5)  Dalam      hhal          dugaan            Kecelakaan              Kerja
sebagaimana    dimaksud   pada    ayat    (1)telah disimpulkan     atau      ditetapkan      merupakan  Kecelakaan   Kerja,    semua    biaya    pelayanan kesehatan            menjadi           manfaat           JKK        yang
dibayarkan  oleh  BPJS  Ketenagakerjaan  sesuai dengan           ketentuan      peraturan      perundang- undangan.
(6) Dalam                  hal      dugaan             Kecelakaan      Kerja sebagaimana     dimaksud     pada     ayat(1)telah disimpulkan  atau  ditetapkan bukan  merupakan Kecelakaan  Kerja,    semua    biaya    pelayanan kesehatan     ditanggung     oleh     Peserta,Badan Penyelenggara  Jaminan  Sosial  Kesehatan,atau  penyelenggara jaminan  lainnya  sesuai  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(7)   Pemberian   pelayanan   kesehatan   sebagaimana dimaksud pada ayat (1)sampai dengan ayat (6) dikoordinasikan  antara  BPJS  Ketenagakerjaan dan    Peserta,Badan    Penyelenggara    Jaminan Sosial  Kesehatan,atau  penyelenggara  jaminan lainnya   sesuai   dengan   ketentuan   peraturan perundang-undangan.
(8)   Ketentuan mengenai tata cara penyimpulan atau penetapan status Kecelakaan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (3)diatur dengan Peraturan Menteri.


Pasal 25B
(1)   Pelayanan   kesehatan   untuk   dugaan   penyakit akibat kerja  sebelum mendapatkan kesimpulan atau  penetapan  status  sebagai  penyakit  akibat kerja atau bukan penyakit akibat kerja dijamin terlebih dahulu oleh BPJS Ketenagakerjaan.
(2)   Penjaminan  pelayanan  kesehatan   atas  dugaan penyakit  akibat  kerja  sebagaimana  dimaksud pada  ayat   (1)dilakukan  sampai  dengan   status dugaan penyakit akibat kerja disimpulkan atau ditetapkan sebagai penyakit akibat kerja.
(3) Penyimpulan   atau  penetapan   status   penyakit akibat  kerja  atau  bukan  penyakit  akibat  kerja dilakukan paling lama 30 (tiga puluh)hari sejak laporan     tahap      I           diterima                    oleh              BPJS Ketenagakerjaan.
(4)   Pelayanan kesehatan untuk Peserta  atas  dugaan penyakit  akibat  kerja  sebagaimana  dimaksud  pada   ayat(1)dapat   dilakukan   pada   fasilitas pelayanan  kesehatan  yang  bekerja  sama  atau yang    tidak    bekerja     sama    dengan    BPJS Ketenagakerjaan dan/atau Badan Penyelenggara Jaminan    Sosial    Kesehatan    sesuai    dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(5)   Dalam    hal    dugaan    penyakit    akibat    kerja sebagaimana     dimaksud     pada     ayat(1)telah disimpulkan    atau      ditetapkan     merupakan  penyakit  akibat  kerja,semua  biaya  pelayanan kesehatan     menjadi     manfaat     JKK    yang dibayarkan  oleh  BPJS  Ketenagakerjaan  sesuai dengan     ketentuan     peraturan     perundang-  undangan.
(6)   Dalam    hal    dugaan    penyakit    akibat    kerja sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1)telah  disimpulkan  atau  ditetapkan  bukan  merupakan penyakit  akibat  kerja,semua  biaya  pelayanan kesehatan ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan    Sosial    Kesehatan    sesuai    dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(7)   Pemberian   pelayanan   kesehatan   sebagaimana dimaksud pada  ayat(1)sampai  dengan  ayat  (6) dikoordinasikan  antara  BPJS  Ketenagakerjaan  dan    Badan    Penyelenggara    Jaminan    Sosial Kesehatan.
(8)Ketentuan  mengenai   tata  cara  penyimpulan   atau penetapan       status    penyakit     akibat     kerja  sebagaimana    dimaksud    pada    ayat    (3)diatur dengan Peraturan Menteri.


6.Di antara Pasal 43 dan Pasal 44 disisipkan  1  (satu) pasal,yakni Pasal 43A  sehingga berbunyi  sebagai berikut:


Pasal 43A
(1)   Peserta,keluarga    Peserta,serikat    Pekerja/serikat buruh     di     tempat     Pemberi     Kerja,dan/atau fasilitas  kesehatan  yang  memberikan  pelayanan kesehatan     berhak     memberitahukan      dugaan Kecelakaan  Kerja  atau  dugaan  penyakit  akibat kerja yang dialami oleh Peserta penerima Upah  kepada   Pemberi   Kerja,BPJS    Ketenagakerjaan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, dinas           provinsi           yang          membidangi ketenagakerjaan,unit  Pengawas   Ketenagakerjaan setempat, ,   atau      satuan      kerja     pemerintah  pusat/daerah yang membidangi kepegawaian.
(2)Pemberi       Kerja,BPJS       Ketenagakerjaan,Badan Penyelenggara  Jaminan   Sosial  Kesehatan,dinas provinsi  yang  membidangi  ketenagakerjaan,unit Pengawas    Ketenagakerjaan     setempat,      atau  satuan    kerja    pemerintah    pusat/daerah    yang membidangi    kepegawaian     yang      menerima  pemberitahuan    sebagaimana     dimaksud    pada ayat (1)wajib memastikan penjaminan pelayanan kesehatan     terlayani     pada    saat      menerima pemberitahuan.
(3)Pemberitahuan   sebagaimana   dimaksud   pada ayat(1)tidak   membebaskan   kewajiban   Pemberi Kerja untuk  melaporkan  Kecelakaan  Kerja  atau penyakit akibat kerja.
(4)     Dalam          hal         pemberitahuan              sebagaimana
dimaksud pada ayat (1)dan ayat (2)disampaikan kepada  Badan  Penyelenggara  Jaminan  Sosial Kesehatan,Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan  wajib  berkoordinasi  dengan  BPJS Ketenagakerjaan    sebagai   penjamin   pertama dengan tetap memastikan pelayanan kesehatan diberikan    oleh    fasilitas    kesehatan    kepada Peserta.


7.Di  antara  Pasal  44  dan  Pasal  45  disisipkan   1  (satu) pasal,yakni  Pasal  44A   sehingga  berbunyi   sebagai berikut:


Pasal 44A
(1)   Serikat   Pekerja/serikat   buruh   yang   Peserta bukan   penerima   Upah   menjadi   anggotanya, wadah    atau    kelompok     tertentu,   dan/atau   fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan    berhak    memberitahukan     dugaan Kecelakaan Kerja atau dugaan penyakit akibat kerja yang dialami oleh Peserta bukan penerima Upah   kepada   BPJS   Ketenagakerjaan,Badan Penyelenggara Jaminan  Sosial  Kesehatan,dinas provinsi yang membidangi ketenagakerjaan,atau unit Pengawas Ketenagakerjaan setempat.
(2)   BPJS    Ketenagakerjaan,Badan    Penyelenggara Jaminan  Sosial  Kesehatan,dinas  provinsi  yang membidangi     ketenagakerjaan,      atau       unit      Pengawas     Ketenagakerjaan    setempat     yang menerima         pemberitahuan         sebagaimana dimaksud   pada    ayat    (1)wajib    memastikan penjaminan pelayanan kesehatan terlayani pada saat menerima pemberitahuan.
(3)Pemberitahuan    sebagaimana    dimaksud     pada ayat  (1)tidak  membebaskan  kewajiban  Peserta bukan  penerima  Upah   dan/atau   keluarganya untuk    melaporkan    Kecelakaan    Kerja    atau penyakit akibat kerja.
(4)   Dalam      hal      pemberitahuan       sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dan ayat (2)disampaikan kepada  Badan  Penyelenggara  Jaminan  Sosial Kesehatan,Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan  wajib  berkoordinasi  dengan  BPJS Ketenagakerjaan    sebagai   penjamin   pertama dengan tetap memastikan pelayanan kesehatan diberikan    oleh    fasilitas    kesehatan    kepada Peserta.

8.Ketentuan ayat (2)Pasal 50 diubah dan di antara ayat (1)dan   ayat    (2)disisipkan    1(satu)ayat,yakni   ayat (1a)sehingga Pasal 50 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 50
(1)   Pemberi Kerja selain penyelenggara negara wajib melakukan upaya pencegahan melalui kegiatan  promotif  dan  preventif  bekerja  sama  dengan BPJS Ketenagakerjaan.
(1a)BPJS    Ketenagakerjaan    dapat    melaksanakan kegiatan  promotif  dan  preventif  bagi  Peserta bukan   penerima   Upah   dan   Pekerja   migran Indonesia.
(2)   Ketentuan   mengenai   kegiatan   promotif   dan preventif sebagaimana  dimaksud  pada  ayat(1) dan ayat(1a)diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal II
Peraturan  Pemerintah  ini  mulai  berlaku   pada  tanggal diundangkan.

Agar   setiap    orang    mengetahuinya,    memerintahkan pengundangan    Peraturan     Pemerintah     ini    dengan penempatannya   dalam   Lembaran   Negara   Republik Indonesia.

Ditetapkan   di   Jakarta
pada tanggal 6 Oktober 2023
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
ttd.

JOKO  WIDODO
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 6 Oktober 2023
MENTERI SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA,
ttd.

PRATIKNO

LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2023 NOMOR 128

Salinan sesuai dengan aslinya
KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA
REPUBLIK INDONESIA
De  u取Rigang     Perundang-undangan     dan
unistrasi  Hukum

SK No 177020 A

PRESIDEN
REPUBLK INDONESIA

PENJELASAN ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR  49  TAHUN  2023
TENTANG

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 44
TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN
KECELAKAAN KERJA DAN JAMINAN KEMATIAN

I.UMUM
Sistem  jaminan  sosial  nasional  merupakan  program  negara  yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Melalui program ini,setiap penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan,karena menderita    sakit,mengalami   Kecelakaan   Kerja,kehilangan   pekerjaan, memasuki usia lanjut,atau pensiun.
Untuk mewujudkan komitmen sistem jaminan sosial dimaksud,telah disahkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan SosialNasional sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang CiptaKerja Menjadi Undang-Undang dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang CiptaKerja Menjadi Undang-Undang. Dengan  berlakunya  kedua  Undang-Undang  tersebut,pelaksanaan  sistem jaminan  sosial  nasional  harus  terlaksana   dalam  bingkai  perlindungan sosial yang utuh untuk melindungi Peserta dari risiko sosial baik pada saat bekerja maupun tidak bekerja.

Peraturan    Pemerintah     ini    dimaksudkan      untuk     memberikan perlindungan   jaminan   sosial    bagi   Peserta   yang    mengalami   risiko Kecelakaan  Kerja.Dampak  dari  Kecelakaan  Kerja  tersebut  tentu  akan mengakibatkan Peserta kehilangan mata pencaharian sehingga berdampak terhadap   biaya   hidup   Peserta   dan   keluarganya.Namun   demikian, memperhatikan   dinamika   perlindungan  jaminan   sosial   yang   terjadi, kehilangan mata pencaharian serta merta tidak hanya dimaknai sebagai akibat   Kecelakaan   Kerja,akan   tetapi   terdapat    situasi   lainnya   yang mengakibatkan  Peserta  kehilangan  mata  pencaharian  yaitu  saat  terjadi pemutusan  hubungan  kerja  atau  pengakhiran  hubungan  kerja  sebelum berakhirnya  jangka   waktu  yang  diperjanjikan.Oleh  karena  itu  untuk memberikan  kepastian  jaminan   sosial   bagi  Peserta  yang  kehilangan pekerjaan dapat berjalan optimal,telah disahkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang CiptaKerja Menjadi Undang-Undang yang salah satunya mengatur jaminan sosial bagi Peserta yang mengalami pemutusan hubungan kerja.

Bentuk  jaminan   sosial  bagi  Peserta  yang  mengalami  pemutusan hubungan  kerja   sebagaimana  diatur  dalam  Undang-Undang  Nomor   6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang CiptaKerja Menjadi Undang-Undang yaitu   berupa   program   jaminan    kehilangan    pekerjaan.Program    ini dilaksanakan dengan tidak menambah beban Iuran bagi Pekerja maupun Pemberi Kerjayaitu dilakukan melalui rekomposisi Iuran program JKK dan  program JKM.Rekomposisi Iuran program dilakukan dengan mengalihkan sebagian Iuran program JKK dan program JKM untuk pembayaran Iuran  program jaminan kehilangan pekerjaan,dengan tidak mengurangi manfaat yang diterima oleh Peserta.
Selain hal  sebagaimana  dimaksud  di  atas,beberapa  pengaturan  lain seperti cakupan kepesertaan,pemberian manfaat pada dugaan Kecelakaan Kerja dan dugaan penyakit akibat kerja,pelaporan,serta kegiatan promotif dan preventif dalam penyelenggaraan program JKK dan JKM juga perlu dilakukan penyesuaian untuk meningkatkan perlindungan bagi Peserta.
Berkaitan  dengan  hal-hal  tersebut  di  atas  maka  perlu  dilakukan penyesuaian  terhadap  Peraturan  Pemerintah  Nomor  44  Tahun  2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun   2015   tentang   Penyelenggaraan   Program   Jaminan   Kecelakaan   Kerja dan Jaminan Kematian.


Ⅱ.PASAL  DEMI  PASAL

Pasal I
Angka 1

Pasal 2
Ayat(1)
Cukup jelas. Ayat (2)
Cukup jelas. Ayat (3)
Yang  dimaksud  dengan“Pekerja  yang  bekerja pada    penyelenggara    negara    selain    Pekerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2)”antara lain pimpinan dan anggota lembaga nonstruktural.

Angka  2

Pasal 5
Ayat (1)
Cukup jelas. Ayat (2)
Cukup jelas. Ayat (3)
Huruf a
Cukup jelas. Hurufb
Cukupjelas Huruf c
Yang dimaksud dengan“Pekerja yang tidak termasuk  huruf  b  yang  bukan  penerima  Upah”antara  lain  peserta  pelatihan  kerja, instruktur  lembaga  pelatihan kerja,peserta magang,siswa    kerja    praktik,mahasiswa kerja   praktik   atau   peserta   pendidikan pengembangan   bakat    dan   minat,tenaga honorer,       atau         narapidana            yang dipekerjakan  dalam proses  asimilasi pada Pemberi Kerja selain penyelenggara negara.

Angka 3

Pasal 16A
Ayat (1)
Yang      dimaksud      dengan“direkomposisi”adalah pengurangan   besaran   Iuran   JKK   dalam   jumlah tertentu        untuk         diperhitungkan         sebagai    pembayaran  Iuran  jaminan  kehilangan  pekerjaan.  Yang    dimaksud     dengan    “jaminan    kehilangan pekerjaan”adalah  jaminan   sosial   yang   diberikan kepada        Pekerja/buruh         yang         mengalami  pemutusan  hubungan  kerja  berupa  manfaat  uang tunai,akses   informasi   pasar   kerja,dan   pelatihan kerja.
Ayat (2)
Cukup jelas. Ayat (3)
Cukup jelas.

Angka 4

Pasal 18A
Ayat (1)
Yang      dimaksud      dengan“direkomposisi”adalah pengurangan   besaran   Iuran   JKM   dalam   jumlah
tertentu         untuk       diperhitungkan         sebagai
pembayaran  Iuran  jaminan  kehilangan  pekerjaan. Ayat (2)
Cukup jelas. Ayat (3)
Cukup  jelas

Angka 5

Pasal 25A
Cukup jelas. Pasal 25B
Cukup jelas.

Angka 6

Pasal 43A
Cukupjelas.

Angka 7

Pasal 44A
Cukup  jelas

Angka 8

Pasal 50
Cukup  jelas
Pasal II
Cukup jelas.

TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6893

SK No 177022 A

回复

使用道具 举报

Copyright © 2001-2013 Comsenz Inc. Powered by Discuz! X3.4 京公网安备 11010802035448号 ( 京ICP备19053597号-1,电话18600416813,邮箱1479971814@qq.com ) 了解Tax100创始人胡万军 优化与建议 隐私政策
快速回复 返回列表 返回顶部