Tax100 税百

  • 在线人数 1165
  • Tax100会员 29871
查看: 33|回复: 0

[东南亚] 印度尼西亚《2008年第36号法律(UU),关于1983年第7号所得税法的第四次修正案》

1012

主题

2049

帖子

5138

积分

实习版主

Rank: 7Rank: 7Rank: 7

积分
5138
2024-11-28 16:27:17 | 显示全部楼层 |阅读模式
政策文件
政策原文链接: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39704/uu-no-36-tahun-2008
发文单位:
文件编号: -
文件名: 2008年第36号法律(UU),关于1983年第7号所得税法的第四次修正案
发文日期:
政策解读: -
备注: -
纵横四海点评: -
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR  36  TAHUN 2008

TENTANG

PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG
NOMOR 7 TAHUN  1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :   
a.   bahwa dalam upaya mengamankan penerimaan negara yang semakin  meningkat,  mewujudkan  sistem  perpajakan  yang netral,  sederhana,  stabil,  lebih  memberikan  keadilan,  dan lebih     dapat     menciptakan     kepastian     hukum     serta transparansi  perlu  dilakukan  perubahan  terhadap  Undang- Undang  Nomor  7  Tahun   1983  tentang  Pajak  Penghasilan sebagaimana  telah  beberapa  kali  diubah  terakhir  dengan Undang-Undang  Nomor  17 Tahun  2000  tentang  Perubahan Ketiga  atas  Undang-Undang  Nomor  7  Tahun  1983  tentang Pajak Penghasilan;

b.   bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud
dalam  huruf a,  perlu  membentuk  Undang-Undang  tentang Perubahan  Keempat  atas  Undang-Undang  Nomor  7  Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan;

Mengingat   :   
1.   Pasal  5  ayat  (1),  Pasal  20,  dan  Pasal  23A  Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun  1945;
2.   Undang-Undang  Nomor   6  Tahun   1983  tentang  Ketentuan Umum    dan    Tata    Cara    Perpajakan    (Lembaran    Negara Republik   Indonesia   Tahun    1983   Nomor    49,   Tambahan Lembaran     Negara     Republik     Indonesia     Nomor      3262) sebagaimana  telah   beberapa   kali   diubah   terakhir   dengan Undang-Undang  Nomor  28  Tahun  2007  tentang  Perubahan Ketiga  atas  Undang-Undang  Nomor  6  Tahun  1983  tentang Ketentuan   Umum   dan   Tata   Cara   Perpajakan   (Lembaran Negara    Republik    Indonesia    Tahun     2007     Nomor     85, Tambahan   Lembaran   Negara   Republik   Indonesia   Nomor 4740);
3.   Undang-Undang    Nomor    7   Tahun     1983    tentang    Pajak Penghasilan   (Lembaran  Negara   Republik   Indonesia  Tahun 1983   Nomor   50,   Tambahan   Lembaran   Negara   Republik Indonesia   Nomor   3263)   sebagaimana   telah   beberapa   kali diubah  terakhir  dengan  Undang-Undang  Nomor   17  Tahun 2000 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun  1983  tentang  Pajak  Penghasilan  (Lembaran  Negara Republik   Indonesia   Tahun   2000   Nomor   127,   Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3985);

Dengan Persetujuan Bersama
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
dan
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
MEMUTUSKAN:

Menetapkan: UNDANG-UNDANG   TENTANG    PERUBAHAN    KEEMPAT   ATAS UNDANG-UNDANG  NOMOR   7  TAHUN   1983  TENTANG  PAJAK PENGHASILAN.

Pasal I
Beberapa   ketentuan   dalam   Undang-Undang   Nomor   7  Tahun 1983   tentang   Pajak   Penghasilan   (Lembaran   Negara   Republik Indonesia  Tahun  1983  Nomor  50,  Tambahan  Lembaran  Negara Republik Indonesia Nomor 3263) yang telah beberapa kali diubah dengan Undang-Undang:
a.   Nomor  7 Tahun  1991  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia Tahun    1991    Nomor    93,   Tambahan    Lembaran    Negara Republik Indonesia Nomor 3459);
b.   Nomor  10 Tahun  1994 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun    1994    Nomor    60,    Tambahan    Lembaran    Negara Republik Indonesia Nomor 3567);
c.    Nomor  17 Tahun 2000 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun   2000    Nomor    127,   Tambahan    Lembaran   Negara Republik Indonesia Nomor 3985);

diubah sebagai berikut:
1.   Ketentuan Pasal  1 substansi tetap dan Penjelasannya diubah sehingga  rumusan  Penjelasan  Pasal   1  adalah  sebagaimana tercantum   dalam   Penjelasan   Pasal   demi   Pasal   Angka   1 Undang-Undang ini.
2.   Ketentuan Pasal 2 ayat (1) sampai dengan ayat (5) diubah dan di antara ayat  (1) dan ayat  (2) disisipkan  1  (satu) ayat, yakni ayat (1a) sehingga Pasal 2 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 2
(1)     Yang menjadi subjek pajak adalah: a.   1.  orang pribadi;
2.  warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak;
b.  badan; dan
c.  bentuk usaha tetap.
(1a)   Bentuk   usaha   tetap   merupakan   subjek   pajak   yang perlakuan  perpajakannya  dipersamakan  dengan  subjek pajak badan.
(2)      Subjek  pajak  dibedakan  menjadi  subjek  pajak  dalam negeri dan subjek pajak luar negeri.
(3)      Subjek pajak dalam negeri adalah:
a.     orang  pribadi yang  bertempat  tinggal  di  Indonesia, orang  pribadi  yang  berada  di  Indonesia  lebih  dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu   12   (dua  belas)  bulan,   atau   orang  pribadi yang dalam suatu tahun pajak berada di Indonesia dan  mempunyai  niat  untuk  bertempat  tinggal  di Indonesia;
b.    badan yang didirikan atau bertempat kedudukan di Indonesia,    kecuali     unit    tertentu    dari    badan pemerintah yang memenuhi kriteria:
1.  pembentukannya       berdasarkan       ketentuan peraturan perundang-undangan;
2.  pembiayaannya     bersumber     dari     Anggaran Pendapatan  dan  Belanja  Negara  atau  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
3.  penerimaannya   dimasukkan   dalam    anggaran Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah; dan
4.  pembukuannya       diperiksa         oleh         aparat pengawasan fungsional negara; dan
c.     warisan yang belum  terbagi  sebagai  satu kesatuan menggantikan yang berhak.
(4)      Subjek pajak luar negeri adalah:
a.     orang   pribadi   yang   tidak   bertempat   tinggal   di Indonesia,  orang  pribadi  yang  berada  di  Indonesia tidak  lebih  dari   183  (seratus  delapan  puluh  tiga) hari dalam jangka waktu  12 (dua belas) bulan, dan badan  yang  tidak  didirikan  dan  tidak  bertempat kedudukan  di  Indonesia, yang  menjalankan  usaha atau  melakukan   kegiatan   melalui   bentuk   usaha tetap di Indonesia; dan
b.    orang   pribadi   yang   tidak   bertempat   tinggal   di Indonesia,  orang  pribadi  yang  berada  di  Indonesia tidak  lebih  dari   183  (seratus  delapan  puluh  tiga) hari dalam jangka waktu  12 (dua belas) bulan, dan badan  yang  tidak  didirikan  dan  tidak  bertempat kedudukan   di   Indonesia,   yang   dapat   menerima atau  memperoleh  penghasilan  dari  Indonesia  tidak dari  menjalankan  usaha  atau  melakukan  kegiatan melalui bentuk usaha tetap di Indonesia.
(5)      Bentuk    usaha    tetap    adalah    bentuk    usaha    yang dipergunakan  oleh  orang  pribadi  yang  tidak  bertempat tinggal   di   Indonesia,   orang   pribadi   yang   berada   di Indonesia  tidak  lebih  dari  183  (seratus  delapan  puluh tiga) hari dalam jangka waktu  12 (dua belas) bulan, dan badan   yang    tidak    didirikan    dan    tidak    bertempat kedudukan di Indonesia untuk menjalankan usaha atau melakukan kegiatan di Indonesia, yang dapat berupa:
a.     tempat kedudukan manajemen;
b.     cabang perusahaan; c.      kantor perwakilan;    d.     gedung kantor;
e.      pabrik;   f.      bengkel; g.     gudang;
h.    ruang untuk promosi dan penjualan;
i.     pertambangan dan penggalian sumber alam;
j.     wilayah kerja pertambangan minyak dan gas bumi;
k.    perikanan,    peternakan,    pertanian,    perkebunan,
atau kehutanan;
l.     proyek konstruksi, instalasi, atau proyek perakitan;
m.   pemberian jasa dalam bentuk apa pun oleh pegawai atau orang lain, sepanjang dilakukan lebih dari  60 (enam  puluh)  hari   dalam  jangka  waktu   12   (dua belas) bulan;
n.    orang atau badan yang bertindak selaku agen yang kedudukannya tidak bebas;
o.     agen  atau  pegawai  dari  perusahan  asuransi  yang tidak  didirikan  dan  tidak  bertempat  kedudukan  di Indonesia   yang   menerima   premi   asuransi   atau menanggung risiko di Indonesia; dan
p.    komputer, agen elektronik, atau peralatan otomatis yang    dimiliki,     disewa,     atau     digunakan     oleh penyelenggara        transaksi        elektronik        untuk menjalankan kegiatan usaha melalui internet.
(6)    Tempat  tinggal  orang  pribadi  atau  tempat  kedudukan badan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak menurut keadaan yang sebenarnya.
3.  Ketentuan  Pasal  3  diubah  dan  ditambah  1  (satu)  ayat, yakni ayat (2) sehingga Pasal 3 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 3
(1)      Yang    tidak    termasuk    subjek    pajak    sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 adalah:
a.     kantor perwakilan negara asing;
b.    pejabat-pejabat perwakilan diplomatik dan konsulat atau  pejabat-pejabat   lain   dari   negara   asing   dan orang-orang  yang   diperbantukan   kepada   mereka yang bekerja pada dan bertempat tinggal bersama- sama  mereka  dengan  syarat  bukan  warga  negara Indonesia  dan  di  Indonesia  tidak  menerima  atau memperoleh   penghasilan    di   luar   jabatan    atau pekerjaannya  tersebut  serta  negara  bersangkutan memberikan perlakuan timbal balik;
c.      organisasi-organisasi internasional dengan syarat:
1.  Indonesia  menjadi  anggota  organisasi  tersebut; dan
2.  tidak   menjalankan   usaha   atau   kegiatan   lain untuk  memperoleh  penghasilan  dari  Indonesia selain memberikan pinjaman kepada pemerintah yang dananya berasal dari iuran para anggota;
d.    pejabat-pejabat perwakilan organisasi internasional sebagaimana   dimaksud   pada    huruf   c,   dengan syarat  bukan  warga   negara   Indonesia  dan   tidak menjalankan  usaha,  kegiatan,  atau  pekerjaan  lain untuk memperoleh penghasilan dari Indonesia.

(2)      Organisasi  internasional  yang   tidak   termasuk   subjek pajak  sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1)  huruf  c ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan.
4.   Ketentuan Pasal 4 ayat (1) huruf d, huruf e, huruf h, huruf l, dan  Penjelasan huruf k  diubah  dan  ditambah  3  (tiga) huruf, yakni  huruf q  sampai  dengan  huruf s,  ayat  (2)  diubah,  ayat (3)  huruf a,  huruf d,  huruf f,  huruf i,  dan  huruf k  diubah, huruf j  dihapus,  dan  ditambah  3  (tiga) huruf, yakni  huruf l, huruf  m,  dan  huruf  n  sehingga  Pasal  4  berbunyi  sebagai berikut:

Pasal 4
(1)      Yang  menjadi   objek   pajak   adalah   penghasilan,  yaitu setiap  tambahan  kemampuan  ekonomis  yang  diterima atau   diperoleh   Wajib   Pajak,   baik   yang   berasal   dari Indonesia   maupun   dari   luar   Indonesia,   yang   dapat dipakai    untuk    konsumsi    atau    untuk    menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan, dengan nama dan dalam bentuk apa pun, termasuk:
a.    penggantian    atau    imbalan    berkenaan     dengan pekerjaan  atau  jasa  yang  diterima  atau  diperoleh termasuk    gaji,    upah,    tunjangan,    honorarium, komisi,   bonus,   gratifikasi,   uang   pensiun,   atau imbalan  dalam  bentuk  lainnya,  kecuali  ditentukan lain dalam Undang-undang ini;
b.    hadiah  dari  undian  atau  pekerjaan  atau  kegiatan, dan penghargaan;
c.      laba usaha;
d.    keuntungan      karena      penjualan      atau      karena pengalihan harta termasuk:
1.   keuntungan  karena   pengalihan   harta  kepada perseroan,   persekutuan,   dan   badan   lainnya sebagai    pengganti    saham    atau    penyertaan modal;
2.   keuntungan  karena   pengalihan   harta  kepada pemegang  saham,  sekutu,  atau  anggota  yang diperoleh  perseroan,  persekutuan,  dan  badan lainnya;
3.   keuntungan   karena   likuidasi,   penggabungan, peleburan,              pemekaran,              pemecahan, pengambilalihan    usaha,     atau     reorganisasi dengan nama dan dalam bentuk apa pun;
4.   keuntungan   karena   pengalihan   harta   berupa hibah, bantuan, atau sumbangan, kecuali yang diberikan kepada keluarga sedarah dalam garis keturunan    lurus    satu    derajat    dan    badan keagamaan,   badan   pendidikan,   badan   sosial termasuk yayasan, koperasi, atau orang pribadi yang menjalankan usaha mikro dan kecil, yang ketentuannya    diatur    lebih     lanjut     dengan Peraturan  Menteri  Keuangan,  sepanjang  tidak ada     hubungan     dengan     usaha,     pekerjaan, kepemilikan, atau penguasaan di antara pihak- pihak yang bersangkutan; dan
5.   keuntungan karena penjualan  atau  pengalihan sebagian    atau    seluruh    hak    penambangan, tanda   turut   serta   dalam   pembiayaan,   atau permodalan dalam perusahaan pertambangan;
e.      penerimaan  kembali  pembayaran  pajak yang  telah dibebankan      sebagai      biaya      dan      pembayaran tambahan pengembalian pajak;
f.     bunga  termasuk  premium,  diskonto,  dan  imbalan karenajaminan pengembalian utang;
g.     dividen,  dengan  nama  dan  dalam  bentuk  apapun, termasuk dividen dari perusahaan asuransi kepada pemegang  polis,  dan  pembagian  sisa  hasil  usaha koperasi;
h.    royalti atau imbalan atas penggunaan hak;
i.     sewa   dan   penghasilan   lain   sehubungan   dengan penggunaan harta;
j.     penerimaan atau perolehan pembayaran berkala;
k.    keuntungan   karena   pembebasan   utang,   kecuali sampai  dengan  jumlah   tertentu  yang   ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah;
l.     keuntungan selisih kurs mata uang asing;
m.   selisih lebih karena penilaian kembali aktiva; n.    premi asuransi;
o.    iuran  yang  diterima  atau  diperoleh  perkumpulan dari  anggotanya yang terdiri  dari Wajib  Pajak yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas;
p.    tambahan    kekayaan    neto    yang    berasal    dari penghasilan yang belum dikenakan pajak;
q.    penghasilan dari usaha berbasis syariah;
r.      imbalan    bunga    sebagaimana    dimaksud    dalam Undang-Undang      yang        mengatur        mengenai ketentuan umum dan tata cara perpajakan; dan
s.      surplus Bank Indonesia.

(2)      Penghasilan  di  bawah  ini  dapat  dikenai  pajak  bersifat final:
a.    penghasilan  berupa  bunga  deposito  dan  tabungan lainnya,  bunga  obligasi  dan  surat  utang  negara, dan     bunga    simpanan    yang    dibayarkan    oleh koperasi kepada anggota koperasi orang pribadi;
b.    penghasilan berupa hadiah undian;
c.      penghasilan  dari   transaksi   saham   dan   sekuritas lainnya, transaksi derivatif yang diperdagangkan di bursa,    dan    transaksi    penjualan    saham    atau pengalihan   penyertaan   modal   pada   perusahaan pasangannya yang diterima oleh perusahaan modal ventura;
d.    penghasilan dari transaksi pengalihan harta berupa tanah  dan/atau bangunan, usaha jasa konstruksi, usaha  real estate,  dan  persewaan  tanah  dan/atau bangunan; dan
e.      penghasilan tertentu lainnya, yang    diatur    dengan    atau    berdasarkan    Peraturan Pemerintah.

(3)      Yang dikecualikan dari objek pajak adalah:
a.      1.   bantuan atau sumbangan, termasuk zakat yang
diterima  oleh  badan  amil  zakat  atau  lembaga amil  zakat  yang  dibentuk  atau  disahkan  oleh pemerintah  dan  yang  diterima  oleh  penerima zakat yang berhak atau sumbangan keagamaan yang  sifatnya  wajib  bagi  pemeluk  agama  yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan  yang  dibentuk  atau  disahkan  oleh pemerintah  dan  yang  diterima  oleh  penerima sumbangan  yang  berhak,  yang  ketentuannya diatur   dengan   atau   berdasarkan    Peraturan Pemerintah; dan
2.   harta   hibahan   yang   diterima   oleh   keluarga sedarah   dalam   garis   keturunan   lurus   satu derajat,  badan  keagamaan,  badan  pendidikan, badan  sosial termasuk yayasan, koperasi,  atau orang  pribadi  yang  menjalankan  usaha  mikro dan  kecil,  yang   ketentuannya   diatur   dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan,
sepanjang   tidak   ada   hubungan   dengan   usaha, pekerjaan, kepemilikan, atau penguasaan di antara pihak-pihak yang bersangkutan;
b.     warisan;
c.      harta  termasuk  setoran  tunai  yang  diterima  oleh badan  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  2  ayat (1)  huruf b  sebagai  pengganti  saham  atau  sebagai pengganti penyertaan modal;
d.    penggantian   atau   imbalan    sehubungan    dengan pekerjaan  atau  jasa  yang  diterima  atau  diperoleh dalam  bentuk  natura  dan/atau  kenikmatan   dari Wajib    Pajak     atau     Pemerintah,     kecuali    yang diberikan oleh bukan Wajib Pajak, Wajib Pajak yang dikenakan pajak secara final atau Wajib Pajak yang menggunakan     norma       penghitungan       khusus (deemed profit) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15;
e.      pembayaran   dari    perusahaan    asuransi    kepada orang    pribadi     sehubungan     dengan     asuransi kesehatan,   asuransi   kecelakaan,   asuransi   jiwa, asuransi dwiguna, dan asuransi bea siswa;
f.     dividen    atau    bagian    laba    yang    diterima    atau diperoleh  perseroan  terbatas  sebagai  Wajib  Pajak dalam  negeri,  koperasi, badan usaha  milik  negara, atau  badan  usaha  milik  daerah,  dari  penyertaan modal   pada   badan   usaha   yang   didirikan   dan bertempat kedudukan di Indonesia dengan syarat:
1.   dividen    berasal    dari    cadangan    laba    yang ditahan; dan
2.   bagi   perseroan   terbatas,   badan   usaha   milik negara   dan  badan   usaha   milik   daerah  yang menerima   dividen,   kepemilikan   saham   pada badan yang  memberikan  dividen  paling  rendah 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah modal yang disetor;
g.     iuran  yang  diterima  atau  diperoleh  dana  pensiun yang     pendiriannya     telah     disahkan     Menteri Keuangan,  baik  yang  dibayar  oleh  pemberi  kerja maupun pegawai;
h.    penghasilan dari modal yang ditanamkan oleh dana pensiun   sebagaimana   dimaksud   pada   huruf   g, dalam   bidang-bidang    tertentu    yang    ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan;
i.     bagian  laba  yang  diterima  atau  diperoleh  anggota dari  perseroan   komanditer  yang   modalnya   tidak terbagi         atas         saham-saham,         persekutuan, perkumpulan,      firma,      dan      kongsi,      termasuk pemegang    unit    penyertaan     kontrak     investasi kolektif;
j.      dihapus;
k.    penghasilan      yang       diterima       atau       diperoleh perusahaan modal ventura berupa bagian laba dari badan    pasangan    usaha    yang    didirikan    dan menjalankan   usaha   atau   kegiatan   di   Indonesia, dengan syarat badan pasangan usaha tersebut:
1.    merupakan       perusahaan       mikro,        kecil, menengah,   atau  yang   menjalankan   kegiatan dalam sektor-sektor usaha yang diatur dengan atau         berdasarkan         Peraturan         Menteri Keuangan; dan
2.    sahamnya  tidak  diperdagangkan  di bursa  efek di Indonesia;
l.     beasiswa   yang    memenuhi    persyaratan    tertentu yang ketentuannya diatur lebih lanjut dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan;
m.   sisa lebih yang diterima atau diperoleh badan atau lembaga    nirlaba   yang    bergerak    dalam    bidang pendidikan     dan/atau    bidang     penelitian     dan pengembangan,  yang  telah  terdaftar  pada  instansi yang   membidanginya,  yang   ditanamkan   kembali dalam   bentuk   sarana   dan    prasarana    kegiatan pendidikan         dan/atau            penelitian            dan pengembangan, dalam jangka waktu paling lama 4 (empat)     tahun    sejak    diperolehnya    sisa    lebih tersebut,  yang   ketentuannya   diatur   lebih   lanjut dengan    atau    berdasarkan     Peraturan     Menteri Keuangan; dan
n.    bantuan   atau   santunan   yang   dibayarkan   oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kepada Wajib Pajak   tertentu,   yang   ketentuannya   diatur   lebih lanjut dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

5.   Ketentuan  Pasal  6  ayat  (1)  huruf  a,  huruf  e,  huruf  g,  dan huruf h  diubah  dan  ditambah  5  (lima)  huruf,  yakni  huruf i sampai dengan huruf m, serta ayat (2) diubah sehingga Pasal
6 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 6
(1)      Besarnya   Penghasilan   Kena   Pajak   bagi   Wajib   Pajak dalam   negeri   dan   bentuk   usaha   tetap,   ditentukan berdasarkan  penghasilan  bruto  dikurangi  biaya  untuk mendapatkan,  menagih,  dan  memelihara  penghasilan, termasuk:
a.    biaya  yang  secara  langsung  atau  tidak  langsung berkaitan dengan kegiatan usaha, antara lain:
1.     biaya pembelian bahan;
2.    biaya  berkenaan  dengan  pekerjaan  atau  jasa termasuk    upah,    gaji,    honorarium,    bonus, gratifikasi,    dan    tunjangan    yang    diberikan dalam bentuk uang;
3.     bunga, sewa, dan royalti;
4.     biaya perjalanan;
5.     biaya pengolahan limbah;
6.     premi asuransi;
7.    biaya    promosi    dan    penjualan   yang    diatur dengan  atau   berdasarkan   Peraturan   Menteri Keuangan;
8.     biaya administrasi; dan
9.     pajak kecuali Pajak Penghasilan;
b.    penyusutan  atas  pengeluaran  untuk  memperoleh harta  berwujud  dan  amortisasi  atas  pengeluaran untuk  memperoleh  hak  dan  atas  biaya  lain  yang mempunyai masa manfaat lebih dari  1 (satu) tahun sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  11  dan  Pasal 11A;
c.      iuran   kepada   dana   pensiun   yang   pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan;
d.    kerugian  karena  penjualan  atau  pengalihan  harta yang   dimiliki   dan   digunakan   dalam  perusahaan atau  yang  dimiliki  untuk  mendapatkan,  menagih, dan memelihara penghasilan;
e.      kerugian selisih kurs mata uang asing;
f.     biaya   penelitian   dan   pengembangan   perusahaan yang dilakukan di Indonesia;
g.     biaya beasiswa, magang, dan pelatihan;
h.    piutang   yang    nyata-nyata    tidak    dapat    ditagih dengan syarat:
1.    telah  dibebankan  sebagai biaya dalam laporan laba rugi komersial;
2.    Wajib Pajak harus menyerahkan daftar piutang yang   tidak   dapat   ditagih   kepada   Direktorat Jenderal Pajak; dan
3.    telah      diserahkan      perkara      penagihannya kepada     Pengadilan     Negeri     atau     instansi pemerintah  yang  menangani  piutang  negara; atau    adanya    perjanjian    tertulis    mengenai penghapusan       piutang/pembebasan     utang antara        kreditur         dan         debitur        yang bersangkutan; atau telah dipublikasikan dalam penerbitan  umum  atau  khusus;  atau  adanya pengakuan  dari  debitur bahwa utangnya telah dihapuskan untukjumlah utang tertentu;

4.    syarat  sebagaimana  dimaksud  pada  angka  3 tidak berlaku untuk penghapusan piutang tak tertagih  debitur  kecil  sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) hurufk;
yang  pelaksanaannya   diatur   lebih   lanjut   dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan;
i.     sumbangan      dalam      rangka      penanggulangan bencana nasional yang ketentuannya diatur dengan Peraturan Pemerintah;
j.     sumbangan       dalam       rangka       penelitian       dan pengembangan  yang  dilakukan  di  Indonesia  yang ketentuannya diatur dengan Peraturan Pemerintah;
k.    biaya    pembangunan    infrastruktur    sosial    yang ketentuannya diatur dengan Peraturan Pemerintah;
l.     sumbangan fasilitas pendidikan yang ketentuannya diatur dengan Peraturan Pemerintah; dan
m.   sumbangan   dalam    rangka    pembinaan    olahraga yang    ketentuannya    diatur     dengan     Peraturan Pemerintah.
(2)     Apabila      penghasilan      bruto      setelah      pengurangan sebagaimana dimaksud pada ayat  (1) didapat kerugian, kerugian tersebut dikompensasikan dengan penghasilan mulai  tahun   pajak   berikutnya   berturut-turut   sampai dengan 5 (lima) tahun.
(3)      Kepada orang pribadi sebagai Wajib Pajak dalam negeri diberikan pengurangan berupa  Penghasilan Tidak  Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7.


6.   Ketentuan Pasal 7 diubah sehingga Pasal 7 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 7
(1)      Penghasilan   Tidak   Kena   Pajak   per   tahun   diberikan paling sedikit sebesar:
a.    Rp15.840.000,00   (lima   belas  juta   delapan   ratus empat  puluh  ribu   rupiah)  untuk  diri  Wajib  Pajak orang pribadi;
b.    Rp1.320.000,00   (satu  juta   tiga   ratus   dua   puluh ribu  rupiah)   tambahan   untuk   Wajib   Pajak  yang kawin;
c.      Rp15.840.000,00   (lima   belas  juta   delapan   ratus empat puluh ribu rupiah) tambahan untuk seorang isteri    yang    penghasilannya     digabung     dengan penghasilan  suami  sebagaimana  dimaksud  dalam Pasal 8 ayat (1); dan
d.    Rp1.320.000,00   (satu  juta   tiga   ratus   dua   puluh ribu    rupiah)    tambahan   untuk    setiap    anggota keluarga   sedarah   dan   keluarga   semenda   dalam garis   keturunan   lurus   serta   anak   angkat,  yang menjadi  tanggungan  sepenuhnya,  paling  banyak  3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.
(2)      Penerapan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat
(1) ditentukan oleh keadaan pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak.
(3)      Penyesuaian  besarnya   Penghasilan  Tidak   Kena   Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan   Menteri   Keuangan   setelah   dikonsultasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat.


7.   Ketentuan   Pasal   8   ayat   (2)   sampai   dengan   ayat   (4)   dan Penjelasan ayat (1) diubah sehingga Pasal 8 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 8
(1)    Seluruh  penghasilan  atau  kerugian  bagi  wanita  yang telah  kawin  pada  awal  tahun  pajak  atau  pada  awal bagian   tahun   pajak,   begitu   pula   kerugiannya   yang berasal   dari   tahun-tahun    sebelumnya   yang    belum dikompensasikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat  (2)  dianggap   sebagai  penghasilan  atau  kerugian suaminya,  kecuali   penghasilan   tersebut   semata-mata diterima atau diperoleh dari  1 (satu) pemberi kerja yang telah  dipotong  pajak  berdasarkan  ketentuan  Pasal  21 dan pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan usaha   atau   pekerjaan    bebas    suami    atau    anggota keluarga lainnya.
(2)    Penghasilan  suami-isteri  dikenai  pajak  secara  terpisah apabila:
a.    suami-isteri    telah    hidup    berpisah    berdasarkan
putusan hakim;
b.    dikehendaki     secara     tertulis     oleh     suami-isteri
berdasarkan     perjanjian     pemisahan     harta     dan
penghasilan; atau
c.      dikehendaki     oleh     isteri    yang     memilih    untuk menjalankan   hak   dan   kewajiban   perpajakannya sendiri.
(3)    Penghasilan  neto   suami-isteri   sebagaimana  dimaksud pada   ayat   (2)   huruf  b   dan   huruf   c   dikenai   pajak berdasarkan   penggabungan   penghasilan   neto   suami- isteri   dan  besarnya   pajak  yang   harus   dilunasi   oleh masing-masing   suami-isteri   dihitung   sesuai    dengan perbandingan penghasilan neto mereka.
(4)    Penghasilan anak yang belum dewasa digabung dengan penghasilan orang tuanya.


8.   Ketentuan Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf e, dan huruf g serta Penjelasan huruf f diubah sehingga Pasal 9 berbunyi sebagai berikut:

Pasal 9
(1)      Untuk  menentukan  besarnya  Penghasilan  Kena  Pajak bagi Wajib  Pajak  dalam  negeri  dan bentuk usaha  tetap tidak boleh dikurangkan:
a.    pembagian  laba  dengan  nama  dan  dalam  bentuk apapun   seperti   dividen,   termasuk   dividen   yang dibayarkan    oleh    perusahaan    asuransi    kepada pemegang  polis,  dan  pembagian  sisa  hasil  usaha koperasi;
b.    biaya   yang   dibebankan   atau   dikeluarkan   untuk kepentingan pribadi pemegang saham, sekutu, atau anggota;
c.      pembentukan   atau   pemupukan   dana   cadangan, kecuali:
1.    cadangan   piutang   tak   tertagih  untuk   usaha bank dan badan usaha lain yang menyalurkan kredit,   sewa   guna   usaha   dengan   hak   opsi, perusahaan      pembiayaan      konsumen,      dan perusahaan anjak piutang;
2.    cadangan   untuk   usaha   asuransi   termasuk cadangan  bantuan  sosial  yang  dibentuk  oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial;
3.    cadangan      penjaminan      untuk      Lembaga Penjamin Simpanan;
4.    cadangan     biaya     reklamasi     untuk     usaha pertambangan;
5.    cadangan   biaya   penanaman   kembali   untuk usaha kehutanan; dan
6.    cadangan  biaya  penutupan  dan  pemeliharaan tempat   pembuangan   limbah   industri   untuk usaha pengolahan limbah industri,
yang ketentuan dan syarat-syaratnya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan;
d.    premi   asuransi   kesehatan,   asuransi   kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi dwiguna, dan asuransi bea siswa, yang dibayar oleh Wajib Pajak orang pribadi, kecuali jika  dibayar  oleh  pemberi  kerja  dan  premi tersebut  dihitung  sebagai  penghasilan  bagi  Wajib Pajak yang bersangkutan;
e.      penggantian   atau   imbalan   sehubungan    dengan pekerjaan  atau jasa  yang  diberikan  dalam  bentuk natura    dan     kenikmatan,     kecuali     penyediaan makanan dan minuman bagi seluruh pegawai serta penggantian  atau   imbalan   dalam   bentuk   natura dan   kenikmatan   di   daerah   tertentu   dan   yang berkaitan   dengan    pelaksanaan    pekerjaan    yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan;
f.     jumlah  yang  melebihi  kewajaran  yang  dibayarkan kepada  pemegang  saham  atau  kepada  pihak  yang mempunyai  hubungan   istimewa   sebagai   imbalan sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan;
g.    harta yang  dihibahkan,  bantuan  atau  sumbangan, dan warisan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat  (3)  huruf a  dan  huruf b,  kecuali  sumbangan sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   6   ayat   (1) huruf  i  sampai  dengan  huruf  m  serta  zakat  yang diterima  oleh  badan  amil  zakat  atau  lembaga  amil zakat      yang      dibentuk      atau      disahkan      oleh pemerintah   atau    sumbangan    keagamaan    yang sifatnya  wajib  bagi  pemeluk  agama yang  diakui  di Indonesia,  yang  diterima  oleh  lembaga  keagamaan yang   dibentuk   atau   disahkan   oleh   pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;
h.     Pajak Penghasilan;
i.     biaya   yang   dibebankan   atau   dikeluarkan   untuk kepentingan  pribadi  Wajib  Pajak  atau  orang  yang menjadi tanggungannya;
j.     gaji yang dibayarkan kepada anggota persekutuan, firma,  atau  perseroan  komanditer  yang  modalnya tidak terbagi atas saham;
k.    sanksi   administrasi   berupa   bunga,   denda,   dan kenaikan  serta  sanksi  pidana  berupa  denda  yang berkenaan     dengan       pelaksanaan       perundang- undangan di bidang perpajakan.
(2)      Pengeluaran    untuk     mendapatkan,     menagih,     dan memelihara     penghasilan    yang     mempunyai     masa manfaat   lebih   dari   1   (satu)   tahun   tidak   dibolehkan untuk   dibebankan   sekaligus,   melainkan   dibebankan melalui     penyusutan     atau     amortisasi     sebagaimana dimaksud dalam Pasal  11 atau Pasal  11A.

9.   Ketentuan  Pasal  11  ayat  (7)  dan   ayat  (11)  serta  Penjelasan ayat  (1)  sampai  dengan  ayat  (4)  diubah  sehingga  Pasal   11 berbunyi sebagai berikut:

Pasal  11
(1)     Penyusutan     atas     pengeluaran     untuk     pembelian, pendirian,   penambahan,   perbaikan,   atau   perubahan harta berwujud, kecuali tanah yang berstatus hak milik, hak  guna  bangunan,  hak  guna  usaha,  dan  hak  pakai, yang   dimiliki   dan   digunakan    untuk    mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang mempunyai masa manfaat lebih dari  1 (satu) tahun dilakukan dalam bagian-bagian  yang  sama  besar  selama  masa  manfaat yang telah ditentukan bagi harta tersebut.
(2)     Penyusutan       atas       pengeluaran       harta       berwujud sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  selain  bangunan, dapat   juga    dilakukan    dalam    bagian-bagian    yang menurun  selama  masa  manfaat, yang  dihitung  dengan cara menerapkan tarif penyusutan atas nilai sisa buku, dan    pada    akhir    masa    manfaat    nilai    sisa    buku disusutkan  sekaligus,  dengan  syarat  dilakukan  secara taat asas.
(3)     Penyusutan      dimulai     pada      bulan      dilakukannya pengeluaran,  kecuali  untuk  harta  yang  masih  dalam proses  pengerjaan,  penyusutannya  dimulai  pada  bulan selesainya pengerjaan harta tersebut.
(4)     Dengan   persetujuan   Direktur   Jenderal   Pajak,   Wajib Pajak   diperkenankan   melakukan   penyusutan   mulai pada      bulan      harta      tersebut      digunakan      untuk mendapatkan,  menagih,   dan   memelihara  penghasilan atau   pada   bulan    harta    yang    bersangkutan    mulai menghasilkan.
(5)     Apabila Wajib Pajak melakukan penilaian kembali aktiva berdasarkan  ketentuan  sebagaimana  dimaksud  dalam Pasal   19,  maka  dasar  penyusutan  atas  harta  adalah nilai    setelah    dilakukan    penilaian    kembali    aktiva tersebut.
(6)     Untuk menghitung penyusutan, masa manfaat dan tarif penyusutan harta berwujud ditetapkan sebagai berikut:
图片1.png
(7)     Ketentuan lebih lanjut mengenai penyusutan atas harta berwujud  yang  dimiliki  dan  digunakan  dalam  bidang usaha    tertentu    diatur    dengan    Peraturan    Menteri Keuangan.
(8)     Apabila    terjadi    pengalihan     atau     penarikan     harta sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  4  ayat  (1)  huruf d atau   penarikan   harta   karena   sebab   lainnya,   maka jumlah   nilai   sisa   buku   harta   tersebut   dibebankan sebagai    kerugian    dan    jumlah    harga    jual    atau penggantian  asuransinya  yang  diterima  atau  diperoleh dibukukan  sebagai  penghasilan  pada  tahun  terjadinya penarikan harta tersebut.
(9)     Apabila  hasil  penggantian  asuransi yang  akan  diterima jumlahnya  baru  dapat  diketahui  dengan  pasti  di  masa kemudian, maka dengan persetujuan Direktur Jenderal Pajak jumlah  sebesar  kerugian  sebagaimana  dimaksud pada ayat (8) dibukukan sebagai beban  masa kemudian tersebut.
(10)   Apabila terjadi pengalihan harta yang memenuhi syarat sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  4  ayat  (3)  huruf a dan huruf b, yang berupa harta berwujud, maka jumlah nilai  sisa  buku  harta  tersebut  tidak  boleh  dibebankan sebagai kerugian bagi pihak yang mengalihkan.
(11)   Ketentuan    lebih    lanjut    mengenai    kelompok    harta berwujud  sesuai   dengan   masa   manfaat   sebagaimana dimaksud   pada    ayat    (6)    diatur    dengan    Peraturan Menteri Keuangan.

10.  Ketentuan Pasal  11A ayat (1) dan Penjelasan ayat (5) diubah serta di antara ayat  (1) dan ayat  (2) disisipkan  1 (satu) ayat, yakni ayat (1a) sehingga Pasal  11A berbunyi sebagai berikut:


Pasal  11A
(1)    Amortisasi  atas  pengeluaran  untuk  memperoleh  harta tak berwujud dan pengeluaran lainnya termasuk biaya perpanjangan  hak  guna  bangunan,  hak  guna  usaha, hak  pakai,  dan  muhibah   (goodwill)  yang  mempunyai masa    manfaat    lebih    dari    1    (satu)    tahun    yang dipergunakan    untuk    mendapatkan,    menagih,    dan memelihara    penghasilan    dilakukan    dalam    bagian- bagian yang sama besar atau dalam bagian-bagian yang menurun  selama masa manfaat, yang  dihitung dengan cara   menerapkan   tarif  amortisasi   atas   pengeluaran tersebut atau atas nilai sisa buku dan pada akhir masa manfaat     diamortisasi      sekaligus      dengan      syarat dilakukan secara taat asas.
(1a)  Amortisasi       dimulai       pada       bulan       dilakukannya pengeluaran, kecuali untuk bidang usaha tertentu yang diatur      lebih      lanjut      dengan      Peraturan      Menteri Keuangan.
(2)    Untuk  menghitung  amortisasi,  masa  manfaat  dan  tarif amortisasi ditetapkan sebagai berikut:
图片2.png
(3)    Pengeluaran    untuk     biaya     pendirian     dan     biaya perluasan  modal  suatu  perusahaan  dibebankan  pada tahun  terjadinya  pengeluaran  atau  diamortisasi  sesuai dengan  ketentuan  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat (2) .
(4)    Amortisasi  atas  pengeluaran  untuk   memperoleh  hak dan  pengeluaran  lain  yang  mempunyai  masa  manfaat lebih   dari   1   (satu)   tahun   di   bidang   penambangan minyak dan gas bumi dilakukan dengan menggunakan metode satuan produksi.
(5)    Amortisasi  atas  pengeluaran  untuk   memperoleh  hak penambangan selain yang dimaksud pada ayat  (4), hak pengusahaan  hutan,   dan  hak   pengusahaan   sumber alam  serta  hasil  alam  lainnya  yang  mempunyai  masa manfaat  lebih  dari  1  (satu)  tahun,  dilakukan  dengan menggunakan    metode     satuan     produksi     setinggi- tingginya 20% (dua puluh persen) setahun.
(6)    Pengeluaran yang dilakukan sebelum operasi komersial yang   mempunyai   masa   manfaat   lebih   dari   1   (satu) tahun, dikapitalisasi dan kemudian diamortisasi sesuai dengan  ketentuan  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat (2) .
(7)    Apabila  terjadi   pengalihan   harta  tak   berwujud   atau hak-hak  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat  (1),  ayat
(4), dan ayat  (5), maka nilai sisa buku harta atau hak- hak  tersebut  dibebankan  sebagai  kerugian  dan jumlah yang      diterima     sebagai      penggantian      merupakan penghasilan pada tahun terjadinya pengalihan tersebut.
(8)    Apabila terjadi pengalihan harta yang memenuhi syarat sebagaimana dimaksud  dalam  Pasal  4 ayat  (3) huruf a dan  huruf  b,  yang  berupa  harta  tak  berwujud,  maka jumlah   nilai   sisa   buku   harta   tersebut   tidak   boleh dibebankan     sebagai     kerugian     bagi    pihak     yang mengalihkan.

11.   Ketentuan  Pasal  14  ayat  (2),  ayat  (3),  ayat  (5),  dan  ayat  (7) serta Penjelasan ayat  (4) diubah sehingga Pasal  14 berbunyi sebagai berikut:

Pasal  14
(1)     Norma     Penghitungan      Penghasilan      Neto      untuk menentukan      penghasilan        neto,        dibuat        dan disempurnakan  terus-menerus  serta  diterbitkan  oleh Direktur Jenderal Pajak.
(2)     Wajib  Pajak  orang  pribadi  yang  melakukan  kegiatan usaha  atau  pekerjaan  bebas yang  peredaran  brutonya dalam  1  (satu) tahun kurang dari Rp4.800.000.000,00 (empat    miliar    delapan    ratus   juta    rupiah)    boleh menghitung  penghasilan   neto   dengan   menggunakan Norma  Penghitungan   Penghasilan   Neto   sebagaimana dimaksud        pada        ayat        (1),        dengan        syarat memberitahukan    kepada    Direktur   Jenderal    Pajak dalam jangka waktu 3  (tiga) bulan pertama dari tahun pajak yang bersangkutan.
(3)     Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang menghitung           penghasilan           netonya           dengan menggunakan  Norma  Penghitungan  Penghasilan  Neto wajib    menyelenggarakan    pencatatan     sebagaimana dimaksud    dalam    Undang-Undang    yang    mengatur mengenai ketentuan umum dan tata cara perpajakan.
(4)     Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang tidak memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak untuk       menghitung       penghasilan       neto       dengan menggunakan  Norma  Penghitungan  Penghasilan  Neto, dianggap memilih menyelenggarakan pembukuan.
(5)     Wajib Pajak yang wajib menyelenggarakan pembukuan atau  pencatatan,  termasuk  Wajib  Pajak  sebagaimana dimaksud  pada  ayat  (3)  dan  ayat  (4),  yang  ternyata tidak    atau    tidak     sepenuhnya     menyelenggarakan pencatatan       atau         pembukuan         atau         tidak memperlihatkan        pencatatan        atau        bukti-bukti pendukungnya   maka   penghasilan   netonya   dihitung berdasarkan   Norma   Penghitungan   Penghasilan   Neto dan  peredaran   brutonya   dihitung   dengan   cara  lain yang   diatur    dengan    atau    berdasarkan    Peraturan Menteri Keuangan.
(6)      Dihapus.
(7)     Besarnya   peredaran   bruto    sebagaimana    dimaksud pada  ayat  (2)  dapat  diubah  dengan  Peraturan  Menteri Keuangan.

12.  Ketentuan  Pasal   16  ayat  (1)  sampai  dengan  ayat  (3)  dan Penjelasan   ayat   (4)   diubah   sehingga   Pasal   16   berbunyi sebagai berikut:

Pasal  16
(1)      Penghasilan  Kena  Pajak  sebagai  dasar  penerapan tarif bagi  Wajib   Pajak   dalam   negeri   dalam   suatu   tahun pajak    dihitung    dengan    cara    mengurangkan    dari penghasilan   sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   4 ayat  (1)  dengan  pengurangan  sebagaimana  dimaksud dalam  Pasal  6  ayat  (1)  dan  ayat  (2),  Pasal  7  ayat  (1), serta  Pasal  9  ayat  (1)  huruf c,  huruf d,  huruf e,  dan huruf g.
(2)     Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak orang pribadi dan  badan   sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   14 dihitung  dengan  menggunakan  norma  penghitungan sebagaimana  dimaksud   dalam   Pasal   14   dan   untuk Wajib     Pajak     orang     pribadi     dikurangi     dengan Penghasilan Tidak  Kena  Pajak  sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) .
(3)     Penghasilan  Kena  Pajak  bagi  Wajib  Pajak  luar  negeri yang  menjalankan   usaha   atau  melakukan   kegiatan melalui  suatu  bentuk  usaha  tetap  di  Indonesia  dalam suatu       tahun       pajak       dihitung       dengan       cara mengurangkan      dari      penghasilan        sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) dengan memerhatikan ketentuan dalam Pasal 4 ayat  (1) dengan pengurangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) dan ayat
(3), Pasal 6 ayat  (1) dan ayat  (2), serta Pasal 9 ayat  (1) hurufc, huruf d, hurufe, dan huruf g.
(4)     Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang terutang pajak  dalam  suatu bagian tahun  pajak  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  2A ayat  (6)  dihitung  berdasarkan  penghasilan  neto  yang diterima atau diperoleh dalam bagian tahun pajak yang disetahunkan.

13.  Ketentuan  Pasal   17  ayat  (1)  sampai  dengan  ayat  (3)  dan Penjelasan  ayat  (5)  sampai  dengan  ayat  (7)  diubah  serta  di antara ayat  (2) dan ayat  (3) disisipkan 4  (empat) ayat, yakni ayat   (2a)   sampai   dengan   ayat    (2d)   sehingga   Pasal    17 berbunyi sebagai berikut:

Pasal  17
(1)     Tarif  pajak  yang   diterapkan  atas   Penghasilan   Kena Pajak bagi:
a.    Wajib  Pajak  orang  pribadi  dalam  negeri  adalah sebagai berikut:
图片4.png
图片3.png
b.    Wajib   Pajak   badan   dalam   negeri   dan   bentuk usaha   tetap   adalah   sebesar   28%   (dua   puluh delapan persen) .
(2)     Tarif  tertinggi  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat   (1) huruf a dapat  diturunkan menjadi paling rendah  25% (dua puluh lima persen) yang diatur dengan Peraturan Pemerintah.
(2a)   Tarif  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat   (1)  huruf  b
menjadi   25%   (dua   puluh   lima   persen)  yang   mulai berlaku sejak tahun pajak 2010.
(2b)   Wajib   Pajak   badan   dalam   negeri   yang   berbentuk
perseroan   terbuka  yang   paling   sedikit   40%   (empat puluh  persen)  dari  jumlah  keseluruhan  saham  yang disetor diperdagangkan di bursa efek di Indonesia dan memenuhi      persyaratan      tertentu      lainnya      dapat memperoleh   tarif   sebesar    5%    (lima   persen)    lebih rendah   daripada   tarif  sebagaimana   dimaksud   pada ayat (1) huruf b dan ayat (2a) yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah.
(2c)    Tarif yang dikenakan atas penghasilan berupa dividen
yang   dibagikan   kepada   Wajib   Pajak   orang   pribadi dalam    negeri    adalah    paling    tinggi    sebesar    10% (sepuluh persen) dan bersifat final.
(2d)    Ketentuan    lebih    lanjut    mengenai    besarnya    tarif
sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2c)  diatur  dengan Peraturan Pemerintah.
(3)     Besarnya lapisan Penghasilan Kena Pajak sebagaimana dimaksud  pada  ayat  (1)  huruf a  dapat  diubah  dengan Keputusan Menteri Keuangan.
(4)     Untuk  keperluan  penerapan  tarif  pajak  sebagaimana dimaksud   pada   ayat   (1),  jumlah   Penghasilan   Kena Pajak   dibulatkan   ke   bawah   dalam   ribuan   rupiah penuh.
(5)     Besarnya  pajak yang  terutang  bagi  Wajib  Pajak  orang pribadi dalam negeri yang terutang pajak dalam bagian tahun  pajak  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal   16 ayat  (4),  dihitung  sebanyak jumlah  hari  dalam  bagian tahun   pajak   tersebut   dibagi   360   (tiga   ratus   enam puluh)  dikalikan  dengan pajak yang  terutang untuk  1 (satu) tahun pajak.
(6)     Untuk   keperluan   penghitungan   pajak   sebagaimana dimaksud   pada   ayat   (5),   tiap   bulan   yang   penuh dihitung 30 (tiga puluh) hari.
(7)     Dengan  Peraturan  Pemerintah  dapat  ditetapkan  tarif pajak     tersendiri     atas     penghasilan     sebagaimana dimaksud   dalam   Pasal   4   ayat   (2),   sepanjang  tidak melebihi   tarif  pajak   tertinggi   sebagaimana   tersebut pada ayat (1) .


14.  Ketentuan Pasal  18 ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan Penjelasan ayat   (1)  diubah   serta  di   antara  ayat   (3a)   dan     ayat   (4) disisipkan  4  (empat)  ayat,  yakni  ayat  (3b)  sampai  dengan ayat (3e) sehingga Pasal  18 berbunyi sebagai berikut:


Pasal  18
(1)      Menteri       Keuangan       berwenang       mengeluarkan keputusan  mengenai  besarnya  perbandingan  antara utang    dan    modal    perusahaan    untuk    keperluan penghitungan pajak berdasarkan Undang-undang ini.
(2)      Menteri    Keuangan     berwenang     menetapkan     saat diperolehnya  dividen  oleh  Wajib  Pajak  dalam  negeri atas  penyertaan   modal   pada   badan   usaha   di  luar negeri selain badan usaha yang menjual sahamnya di bursa efek, dengan ketentuan sebagai berikut:
a.     besarnya  penyertaan   modal  Wajib   Pajak   dalam negeri  tersebut  paling  rendah   50%   (lima  puluh persen) dari jumlah saham yang disetor; atau
b.    secara  bersama-sama  dengan  Wajib  Pajak  dalam negeri  lainnya  memiliki  penyertaan  modal  paling rendah   50%   (lima   puluh   persen)   dari  jumlah saham yang disetor.
(3)       Direktur      Jenderal        Pajak        berwenang        untuk menentukan     kembali     besarnya     penghasilan    dan pengurangan  serta  menentukan  utang  sebagai  modal untuk  menghitung  besarnya  Penghasilan  Kena  Pajak bagi Wajib Pajak yang mempunyai hubungan istimewa dengan Wajib  Pajak  lainnya  sesuai  dengan  kewajaran dan   kelaziman  usaha   yang   tidak   dipengaruhi   oleh hubungan   istimewa   dengan   menggunakan   metode perbandingan  harga  antara  pihak  yang  independen, metode  harga  penjualan  kembali,  metode  biaya-plus, atau metode lainnya.
(3a)    Direktur    Jenderal     Pajak     berwenang     melakukan
perjanjian   dengan   Wajib   Pajak   dan   bekerja   sama dengan   pihak    otoritas    pajak    negara    lain    untuk menentukan  harga  transaksi  antar  pihak-pihak  yang mempunyai      hubungan      istimewa      sebagaimana dimaksud  dalam  ayat  (4), yang  berlaku  selama  suatu periode tertentu dan mengawasi pelaksanaannya serta melakukan    renegosiasi     setelah     periode     tertentu tersebut berakhir.
(3b)    Wajib  Pajak  yang  melakukan  pembelian  saham  atau
aktiva perusahaan melalui pihak lain atau badan yang dibentuk   untuk   maksud   demikian   (special  purpose company),    dapat    ditetapkan    sebagai    pihak    yang sebenarnya  melakukan  pembelian  tersebut  sepanjang Wajib Pajak yang bersangkutan mempunyai hubungan istimewa  dengan  pihak  lain  atau  badan  tersebut  dan terdapat ketidakwajaran penetapan harga.
(3c)    Penjualan  atau  pengalihan  saham  perusahaan  antara
(conduit company atau  special purpose company) yang didirikan  atau  bertempat  kedudukan  di  negara  yang memberikan  perlindungan  pajak  (tax  haven  country) yang  mempunyai  hubungan  istimewa  dengan  badan yang didirikan atau bertempat kedudukan di Indonesia atau bentuk usaha tetap di Indonesia dapat ditetapkan sebagai penjualan atau pengalihan saham badan yang didirikan atau bertempat kedudukan di Indonesia atau bentuk usaha tetap di Indonesia.
(3d)    Besarnya   penghasilan   yang   diperoleh   Wajib   Pajak
orang  pribadi  dalam  negeri  dari  pemberi  kerja  yang memiliki  hubungan  istimewa  dengan  perusahaan  lain yang  tidak  didirikan  dan  tidak  bertempat  kedudukan di   Indonesia   dapat   ditentukan   kembali,   dalam   hal pemberi   kerja   mengalihkan   seluruh   atau   sebagian penghasilan  Wajib  Pajak  orang  pribadi  dalam  negeri tersebut   ke   dalam   bentuk   biaya   atau   pengeluaran lainnya  yang   dibayarkan   kepada   perusahaan   yang tidak  didirikan   dan   tidak   bertempat   kedudukan   di Indonesia tersebut.
(3e)    Pelaksanaan  ketentuan  sebagaimana  dimaksud  pada
ayat  (3b),  ayat  (3c),  dan  ayat  (3d)  diatur  lebih  lanjut dengan     atau      berdasarkan       Peraturan       Menteri Keuangan.
(4)      Hubungan istimewa sebagaimana dimaksud pada ayat
(3)  sampai  dengan  ayat  (3d),  Pasal  9  ayat  (1)  huruf f, dan Pasal  10 ayat (1) dianggap ada apabila:
a.     Wajib    Pajak     mempunyai     penyertaan     modal langsung atau tidak langsung paling rendah  25% (dua  puluh  lima  persen)  pada  Wajib  Pajak  lain; hubungan antara Wajib Pajak dengan penyertaan paling rendah  25%  (dua puluh lima persen) pada dua  Wajib  Pajak  atau  lebih;  atau  hubungan  di antara  dua  Wajib  Pajak  atau  lebih  yang  disebut terakhir;
b.    Wajib  Pajak  menguasai  Wajib  Pajak  lainnya  atau dua   atau   lebih   Wajib   Pajak   berada   di   bawah penguasaan  yang  sama  baik  langsung  maupun tidak langsung; atau
c.      terdapat    hubungan     keluarga     baik     sedarah maupun  semenda  dalam  garis  keturunan  lurus dan/atau ke samping satu derajat.
(5)       Dihapus.


15.  Ketentuan   Pasal   19   ayat   (2)   diubah   sehingga   Pasal   19 berbunyi sebagai berikut:


Pasal  19
(1)      Menteri  Keuangan  berwenang  menetapkan  peraturan tentang      penilaian      kembali      aktiva      dan      faktor penyesuaian   apabila   terjadi   ketidaksesuaian   antara unsur-unsur    biaya     dengan     penghasilan     karena perkembangan harga.
(2)      Atas   selisih   penilaian   kembali   aktiva   sebagaimana dimaksud    pada    ayat    (1)    diterapkan    tarif   pajak tersendiri    dengan     Peraturan     Menteri     Keuangan sepanjang     tidak     melebihi     tarif    pajak     tertinggi sebagaimana dimaksud dalam Pasal  17 ayat (1) .


16.  Ketentuan Pasal 21 ayat (1) sampai dengan ayat (5), dan ayat (8) diubah, serta di antara ayat  (5) dan ayat  (6) disisipkan  1 (satu)   ayat,  yakni   ayat   (5a)   sehingga   Pasal   21   berbunyi sebagai berikut:


Pasal 21
(1)       Pemotongan    pajak    atas    penghasilan    sehubungan dengan  pekerjaan,  jasa,  atau  kegiatan  dengan  nama dan   dalam   bentuk   apa   pun   yang   diterima   atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri wajib dilakukan oleh:
a.     pemberi    kerja    yang    membayar    gaji,    upah, honorarium,   tunjangan,   dan   pembayaran   lain sebagai  imbalan   sehubungan   dengan   pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai atau bukan pegawai;
b.    bendahara pemerintah yang membayar gaji, upah, honorarium,   tunjangan,   dan   pembayaran   lain sehubungan     dengan     pekerjaan,    jasa,     atau kegiatan;
c.      dana pensiun atau badan lain yang membayarkan uang pensiun dan pembayaran lain dengan nama apa pun dalam rangka pensiun;
d.    badan     yang      membayar      honorarium      atau pembayaran   lain   sebagai   imbalan   sehubungan dengan   jasa   termasuk   jasa   tenaga   ahli   yang melakukan pekerjaan bebas; dan
e.      penyelenggara        kegiatan      yang       melakukan pembayaran   sehubungan    dengan   pelaksanaan suatu kegiatan.
(2)       Tidak   termasuk   sebagai   pemberi   kerja   yang   wajib melakukan pemotongan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a adalah kantor perwakilan negara asing      dan        organisasi-organisasi        internasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.
(3)       Penghasilan   pegawai    tetap    atau    pensiunan    yang dipotong   pajak   untuk   setiap   bulan   adalah  jumlah penghasilan   bruto   setelah   dikurangi   dengan   biaya jabatan atau biaya pensiun yang besarnya ditetapkan dengan  Peraturan  Menteri  Keuangan,  iuran  pensiun, dan Penghasilan Tidak Kena Pajak.
(4)      Penghasilan pegawai harian, mingguan,  serta pegawai tidak tetap lainnya yang dipotong pajak adalahjumlah penghasilan       bruto       setelah       dikurangi       bagian penghasilan  yang  tidak  dikenakan  pemotongan  yang besarnya    ditetapkan     dengan     Peraturan     Menteri Keuangan.
(5)       Tarif   pemotongan    atas    penghasilan    sebagaimana dimaksud      pada      ayat      (1)      adalah      tarif     pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal  17 ayat  (1) huruf a,      kecuali      ditetapkan      lain      dengan      Peraturan Pemerintah.
(5a)    Besarnya  tarif  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (5)
yang   diterapkan   terhadap   Wajib   Pajak   yang   tidak memiliki  Nomor  Pokok  Wajib  Pajak  lebih  tinggi  20% (dua  puluh   persen)   daripada   tarif  yang   diterapkan terhadap Wajib Pajak yang dapat menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.
(6)       Dihapus.
(7)       Dihapus.
(8)       Ketentuan       mengenai         petunjuk         pelaksanaan pemotongan    pajak    atas    penghasilan    sehubungan dengan  pekerjaan, jasa,  atau  kegiatan  diatur  dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.


17.  Ketentuan   Pasal   22   ayat   (1)   dan   ayat   (2)   diubah,   serta ditambah   1  (satu)  ayat,  yakni  ayat  (3)  sehingga  Pasal  22 berbunyi sebagai berikut:


Pasal 22
(1)      Menteri Keuangan dapat menetapkan:
a.    bendahara   pemerintah   untuk   memungut   pajak sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang;
b.    badan-badan   tertentu   untuk   memungut   pajak dari   Wajib   Pajak   yang   melakukan   kegiatan   di bidang impor atau kegiatan usaha di bidang lain; dan
c.     Wajib   Pajak   badan   tertentu   untuk   memungut pajak  dari  pembeli  atas  penjualan  barang  yang tergolong sangat mewah.
(2)       Ketentuan mengenai dasar pemungutan, kriteria, sifat, dan besarnya pungutan pajak sebagaimana dimaksud pada    ayat    (1)    diatur    dengan    atau    berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(3)       Besarnya pungutan sebagaimana dimaksud pada ayat
(2)  yang  diterapkan  terhadap  Wajib  Pajak  yang  tidak memiliki  Nomor  Pokok  Wajib  Pajak  lebih  tinggi  100% (seratus    persen)    daripada    tarif   yang    diterapkan terhadap Wajib Pajak yang dapat menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.


18.  Ketentuan  Pasal  23  ayat  (1),  ayat  (2),  dan  ayat  (4)  huruf c diubah, ayat  (4) huruf d dan huruf g dihapus dan ditambah 1  (satu)  huruf,  yakni  huruf h,  serta  di  antara  ayat  (1)  dan ayat  (2)  disisipkan   1  (satu)  ayat,  yakni  ayat  (1a)  sehingga Pasal 23 berbunyi sebagai berikut:


Pasal 23
(1)     Atas  penghasilan  tersebut  di  bawah  ini  dengan  nama dan    dalam    bentuk    apa    pun    yang    dibayarkan, disediakan untuk  dibayarkan,  atau  telah jatuh  tempo pembayarannya  oleh  badan  pemerintah,  subjek  pajak badan  dalam  negeri,  penyelenggara  kegiatan,  bentuk usaha  tetap,  atau  perwakilan  perusahaan  luar  negeri lainnya kepada Wajib Pajak dalam negeri atau bentuk usaha  tetap,  dipotong  pajak  oleh  pihak  yang  wajib membayarkan:
a.     sebesar  15% (lima belas persen) dari jumlah bruto atas:
1.    dividen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf g;
2.    bunga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruff;
3.     royalti; dan
4.    hadiah,  penghargaan,  bonus,  dan  sejenisnya selain yang telah dipotong Pajak Penghasilan sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  21  ayat
(1) hurufe; b.     dihapus;
c.      sebesar 2% (dua persen) dari jumlah bruto atas:
1.    sewa    dan    penghasilan    lain    sehubungan dengan  penggunaan  harta,  kecuali  sewa  dan penghasilan       lain       sehubungan       dengan penggunaan  harta  yang  telah  dikenai  Pajak Penghasilan   sebagaimana   dimaksud   dalam Pasal 4 ayat (2); dan
2.    imbalan sehubungan denganjasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan, dan jasa lain  selain jasa yang  telah  dipotong Pajak   Penghasilan   sebagaimana   dimaksud dalam Pasal 21.
(1a)    Dalam    hal     Wajib     Pajak    yang     menerima     atau
memperoleh penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat   (1)   tidak   memiliki   Nomor   Pokok   Wajib   Pajak, besarnya  tarif  pemotongan  adalah  lebih  tinggi  100% (seratus persen) daripada tarif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) .
(2)     Ketentuan    lebih    lanjut    mengenai   jenis   jasa    lain sebagaimana dimaksud pada ayat  (1) huruf c angka 2 diatur  dengan   atau   berdasarkan   Peraturan   Menteri Keuangan.
(3)       Orang pribadi sebagai Wajib Pajak dalam negeri dapat ditunjuk    oleh     Direktur     Jenderal     Pajak     untuk memotong pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) .
(4)     Pemotongan  pajak  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat
(1) tidak dilakukan atas:
a.    penghasilan  yang  dibayar  atau  terutang  kepada bank;
b.    sewa yang dibayarkan atau terutang sehubungan dengan sewa guna usaha dengan hak opsi;
c.      dividen   sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   4
ayat  (3)  huruf  f  dan  dividen  yang  diterima  oleh orang pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (2c);
d.     dihapus;
e.      bagian laba sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (3) huruf i;
f.     sisa  hasil  usaha  koperasi  yang  dibayarkan  oleh koperasi kepada anggotanya;
g.     dihapus; dan
h.    penghasilan  yang  dibayar  atau  terutang  kepada badan  usaha  atas jasa  keuangan  yang  berfungsi sebagai penyalur pinjaman dan/atau pembiayaan yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan.


19.  Ketentuan  Pasal  24  ayat  (3)  dan  ayat  (6)  diubah  sehingga Pasal 24 berbunyi sebagai berikut:


Pasal 24
(1)      Pajak  yang  dibayar  atau  terutang  di  luar  negeri  atas penghasilan   dari   luar    negeri   yang    diterima    atau diperoleh  Wajib  Pajak  dalam  negeri  boleh  dikreditkan terhadap  pajak  yang  terutang  berdasarkan  Undang- undang ini dalam tahun pajak yang sama.
(2)       Besarnya  kredit  pajak  sebagaimana  dimaksud  pada ayat   (1)    adalah    sebesar    pajak    penghasilan    yang dibayar atau terutang di luar negeri tetapi tidak boleh melebihi       penghitungan       pajak       yang       terutang berdasarkan Undang-undang ini.
(3)      Dalam  menghitung   batas  jumlah   pajak  yang   boleh dikreditkan,  sumber  penghasilan  ditentukan  sebagai berikut:
a.    penghasilan   dari   saham   dan   sekuritas   lainnya serta   keuntungan   dari   pengalihan   saham   dan sekuritas  lainnya   adalah   negara   tempat   badan yang  menerbitkan  saham  atau  sekuritas  tersebut didirikan atau bertempat kedudukan;
b.    penghasilan   berupa   bunga,   royalti,   dan   sewa sehubungan   dengan   penggunaan    harta    gerak adalah negara tempat pihak yang membayar atau dibebani    bunga,    royalti,    atau    sewa    tersebut bertempat kedudukan atau berada;
c.      penghasilan   berupa   sewa   sehubungan   dengan penggunaan harta tak gerak adalah negara tempat harta tersebut terletak;
d.    penghasilan  berupa  imbalan  sehubungan  dengan jasa,   pekerjaan,   dan    kegiatan    adalah    negara tempat   pihak   yang   membayar    atau    dibebani imbalan   tersebut    bertempat    kedudukan    atau berada;
e.      penghasilan  bentuk  usaha  tetap  adalah  negara tempat bentuk usaha tetap tersebut menjalankan usaha atau melakukan kegiatan;
f.     penghasilan     dari     pengalihan     sebagian     atau seluruh hak penambangan atau tanda turut serta dalam    pembiayaan    atau    permodalan    dalam perusahaan  pertambangan  adalah  negara  tempat lokasi penambangan berada;
g.    keuntungan karena pengalihan harta tetap adalah negara tempat harta tetap berada; dan
h.    keuntungan    karena    pengalihan     harta     yang menjadi  bagian  dari  suatu  bentuk  usaha  tetap adalah negara tempat bentuk usaha tetap berada.
(4)       Penentuan   sumber   penghasilan   selain   penghasilan sebagaimana  dimaksud  pada  ayat   (3)  menggunakan prinsip  yang   sama   dengan   prinsip  yang   dimaksud pada ayat tersebut.
(5)       Apabila  pajak  atas  penghasilan  dari  luar  negeri  yang dikreditkan   ternyata    kemudian    dikurangkan    atau dikembalikan,   maka   pajak   yang   terutang   menurut Undang-undang  ini  harus  ditambah  dengan  jumlah tersebut  pada  tahun  pengurangan  atau  pengembalian itu dilakukan.
(6)       Ketentuan  mengenai  pelaksanaan  pengkreditan  pajak atas  penghasilan  dari  luar  negeri  diatur  dengan  atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.


20.  Ketentuan Pasal  25 ayat  (1), ayat  (2), ayat  (4), ayat  (6), ayat (7),  dan  ayat  (8)  diubah,  ayat  (9)  dihapus,  serta  di  antara ayat (8) dan ayat  (9) disisipkan  1 (satu) ayat, yakni ayat (8a) sehingga Pasal 25 berbunyi sebagai berikut:


Pasal 25
(1)       Besarnya angsuran pajak dalam tahun pajak berjalan yang  harus  dibayar  sendiri  oleh  Wajib  Pajak  untuk setiap  bulan  adalah  sebesar  Pajak  Penghasilan  yang terutang   menurut    Surat    Pemberitahuan   Tahunan Pajak  Penghasilan  tahun  pajak  yang  lalu  dikurangi dengan:
a.     Pajak   Penghasilan   yang   dipotong   sebagaimana dimaksud   dalam   Pasal   21   dan   Pasal   23   serta Pajak   Penghasilan  yang   dipungut   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22; dan
b.    Pajak  Penghasilan  yang  dibayar  atau  terutang  di luar  negeri  yang  boleh  dikreditkan  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24,
dibagi   12  (dua  belas)  atau  banyaknya  bulan  dalam bagian tahun pajak.
(2)       Besarnya  angsuran  pajak  yang  harus  dibayar  sendiri oleh  Wajib  Pajak  untuk  bulan-bulan  sebelum  Surat Pemberitahuan       Tahunan       Pajak         Penghasilan disampaikan sebelum batas waktu penyampaian Surat Pemberitahuan   Tahunan    Pajak    Penghasilan    sama dengan besarnya angsuran pajak untuk bulan terakhir tahun pajak yang lalu.
(3)       Dihapus.
(4)       Apabila  dalam  tahun  pajak  berjalan  diterbitkan  surat ketetapan    pajak   untuk    tahun    pajak    yang    lalu, besarnya      angsuran      pajak      dihitung      kembali berdasarkan   surat   ketetapan    pajak    tersebut    dan berlaku    mulai    bulan    berikutnya    setelah    bulan penerbitan surat ketetapan pajak.
(5)       Dihapus.
(6)       Direktur Jenderal Pajak berwenang untuk menetapkan penghitungan  besarnya  angsuran  pajak  dalam  tahun pajak berjalan dalam hal-hal tertentu, sebagai berikut:  a.    Wajib Pajak berhak atas kompensasi kerugian;
b.    Wajib     Pajak     memperoleh     penghasilan     tidak
teratur;
c.      Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun yang  lalu  disampaikan  setelah  lewat  batas waktu yang ditentukan;
d.    Wajib Pajak diberikan perpanjanganjangka waktu penyampaian    Surat    Pemberitahuan    Tahunan Pajak Penghasilan;
e.     Wajib       Pajak       membetulkan       sendiri       Surat Pemberitahuan  Tahunan  Pajak  Penghasilan  yang mengakibatkan   angsuran   bulanan   lebih   besar dari angsuran bulanan sebelum pembetulan; dan
f.     terjadi  perubahan  keadaan  usaha  atau  kegiatan Wajib Pajak.
(7)      Menteri      Keuangan       menetapkan       penghitungan besarnya angsuran pajak bagi:
a.     Wajib Pajak baru;
b.    bank,  badan  usaha  milik  negara,  badan  usaha milik   daerah,   Wajib   Pajak   masuk   bursa,   dan Wajib  Pajak  lainnya yang  berdasarkan  ketentuan peraturan  perundang-undangan  harus  membuat laporan keuangan berkala; dan
c.     Wajib   Pajak   orang   pribadi   pengusaha   tertentu dengan  tarif paling  tinggi  0,75%  (nol  koma  tujuh puluh lima persen) dari peredaran bruto.
(8)      Wajib  Pajak  orang  pribadi  dalam  negeri  yang  tidak memiliki  Nomor  Pokok  Wajib  Pajak  dan  telah  berusia 21 (dua puluh satu) tahun yang bertolak ke luar negeri wajib   membayar   pajak   yang   ketentuannya   diatur dengan Peraturan Pemerintah.
(8a)    Ketentuan    sebagaimana    dimaksud    pada    ayat    (8)
berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2010.
(9)       Dihapus.


21.     Ketentuan  Pasal  26  ayat  (1)  diubah  dan  ditambah  2  (dua)
huruf,  yakni  huruf g  dan  huruf h,  ayat  (2)  sampai  dengan ayat  (5)  diubah,  di  antara ayat  (1)  dan  ayat  (2)  disisipkan  1 (satu) ayat, yakni ayat (1a), serta di antara ayat (2) dan ayat (3) disisipkan  1 (satu) ayat, yakni ayat (2a) sehingga Pasal 26 berbunyi sebagai berikut:


Pasal 26
(1)       Atas penghasilan tersebut di bawah ini, dengan nama dan    dalam    bentuk    apa    pun,    yang    dibayarkan, disediakan untuk  dibayarkan,  atau  telah jatuh  tempo pembayarannya  oleh  badan  pemerintah,  subjek  pajak dalam  negeri,  penyelenggara  kegiatan,  bentuk  usaha tetap, atau perwakilan perusahaan luar negeri lainnya kepada  Wajib  Pajak  luar  negeri  selain  bentuk  usaha tetap  di  Indonesia  dipotong  pajak  sebesar  20%  (dua puluh persen) dari jumlah bruto oleh pihak yang wajib membayarkan:
a.     dividen;
b.    bunga termasuk premium, diskonto, dan imbalan sehubungan      dengan    jaminan     pengembalian utang;
c.      royalti,  sewa,  dan  penghasilan  lain  sehubungan dengan penggunaan harta;
d.    imbalan sehubungan dengan jasa, pekerjaan, dan kegiatan;
e.      hadiah dan penghargaan;
f.     pensiun dan pembayaran berkala lainnya;
g.     premi  swap  dan  transaksi  lindung  nilai  lainnya; dan/atau
h.    keuntungan karena pembebasan utang.
(1a)    Negara  domisili  dari  Wajib  Pajak  luar  negeri  selain
yang  menjalankan   usaha   atau   melakukan   kegiatan usaha   melalui   bentuk    usaha    tetap    di    Indonesia sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  adalah  negara tempat  tinggal  atau  tempat  kedudukan  Wajib  Pajak luar  negeri  yang  sebenarnya  menerima  manfaat  dari penghasilan tersebut (beneficial owner) .
(2)       Atas penghasilan dari penjualan atau pengalihan harta di  Indonesia,  kecuali  yang  diatur  dalam  Pasal  4  ayat
(2),  yang   diterima   atau   diperoleh   Wajib   Pajak   luar negeri  selain  bentuk  usaha  tetap  di  Indonesia,  dan premi  asuransi  yang  dibayarkan  kepada  perusahaan asuransi  luar  negeri  dipotong  pajak  20%  (dua  puluh persen) dari perkiraan penghasilan neto.
(2a)     Atas   penghasilan   dari   penjualan   atau   pengalihan
saham  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal   18  ayat (3c)  dipotong  pajak  sebesar  20%  (dua  puluh  persen) dari perkiraan penghasilan neto.
(3)       Pelaksanaan  ketentuan  sebagaimana  dimaksud  pada ayat  (2) dan ayat  (2a) diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(4)      Penghasilan  Kena Pajak sesudah dikurangi pajak dari suatu  bentuk  usaha  tetap  di  Indonesia  dikenai  pajak sebesar  20%  (dua  puluh  persen),  kecuali  penghasilan tersebut   ditanamkan    kembali    di    Indonesia,    yang ketentuannya    diatur    lebih    lanjut    dengan     atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(5)      Pemotongan  pajak  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat
(1),   ayat   (2),   ayat   (2a),   dan   ayat   (4)   bersifat   final, kecuali:
a.    pemotongan     atas     penghasilan     sebagaimana dimaksud  dalam  Pasal   5  ayat   (1)  huruf  b  dan hurufc; dan
b.    pemotongan  atas  penghasilan yang  diterima  atau diperoleh  orang  pribadi  atau  badan  luar  negeri yang  berubah  status  menjadi  Wajib  Pajak  dalam negeri atau bentuk usaha tetap.

22.  Ketentuan   Pasal   29   diubah   sehingga   berbunyi   sebagai berikut:

Pasal 29
Apabila   pajak   yang   terutang   untuk   suatu   tahun   pajak ternyata   lebih   besar   daripada   kredit   pajak   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat  (1), kekurangan pembayaran pajak     yang    terutang    harus    dilunasi    sebelum    Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan disampaikan.

23.  Ketentuan   Pasal   31A   diubah   sehingga   berbunyi   sebagai berikut:

Pasal 31A
(1)   Kepada Wajib Pajak yang melakukan penanaman modal di  bidang-bidang  usaha  tertentu  dan/atau  di  daerah- daerah  tertentu  yang  mendapat  prioritas  tinggi  dalam skala   nasional   dapat   diberikan   fasilitas   perpajakan dalam bentuk:
a.    pengurangan  penghasilan  neto  paling  tinggi  30% (tiga  puluh  persen)  dari  jumlah  penanaman  yang dilakukan;
b.    penyusutan dan amortisasi yang dipercepat;
c.      kompensasi  kerugian yang  lebih  lama,  tetapi  tidak lebih dari  10 (sepuluh) tahun; dan
d.    pengenaan      Pajak      Penghasilan      atas      dividen sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   26   sebesar 10% (sepuluh persen), kecuali apabila tarif menurut perjanjian   perpajakan  yang   berlaku   menetapkan lebih rendah.
(2)   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  bidang-bidang  usaha tertentu      dan/atau      daerah-daerah      tertentu      yang mendapat  prioritas  tinggi  dalam  skala  nasional  serta pemberian  fasilitas  perpajakan  sebagaimana  dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

24.   Pasal 31B dihapus.

25.  Ketentuan  Pasal  31C  ayat  (2)  dihapus  sehingga  Pasal  31C berbunyi sebagai berikut:

Pasal 31C
(1)   Penerimaan negara dari Pajak Penghasilan orang pribadi dalam   negeri   dan   Pajak   Penghasilan   Pasal   21  yang dipotong  oleh  pemberi  kerja  dibagi  dengan  imbangan 80%     untuk    Pemerintah    Pusat    dan    20%    untuk Pemerintah Daerah tempat Wajib Pajak terdaftar.
(2)    Dihapus.

26.  Di  antara  Pasal  31C  dan  Pasal  32  disisipkan  2  (dua)  pasal, yakni  Pasal  31D  dan  Pasal  31E  sehingga  berbunyi  sebagai berikut:

Pasal 31D
Ketentuan    mengenai    perpajakan     bagi     bidang     usaha pertambangan  minyak  dan  gas  bumi,  bidang  usaha  panas bumi,     bidang    usaha     pertambangan     umum     termasuk batubara, dan bidang usaha berbasis syariah diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah.

Pasal 31E
(1)   Wajib   Pajak   badan   dalam   negeri   dengan   peredaran bruto sampai dengan Rp50.000.000.000,00  (lima puluh miliar  rupiah)  mendapat  fasilitas  berupa  pengurangan tarif   sebesar    50%    (lima    puluh    persen)    dari    tarif sebagaimana dimaksud dalam Pasal  17 ayat (1) huruf b dan  ayat  (2a)  yang  dikenakan  atas  Penghasilan  Kena Pajak   dari   bagian   peredaran   bruto   sampai   dengan Rp4.800.000.000,00  (empat  miliar  delapan  ratus  juta rupiah) .
(2)   Besarnya     bagian     peredaran     bruto     sebagaimana dimaksud   pada    ayat    (1)    dapat    dinaikkan    dengan Peraturan Menteri Keuangan.

27.  Ketentuan   Pasal   32   diubah   sehingga   berbunyi   sebagai berikut:

Pasal 32
Tata  cara  pengenaan  pajak  dan  sanksi-sanksi  berkenaan dengan  pelaksanaan  Undang-Undang  ini  dilakukan  sesuai dengan   Undang-Undang   Nomor   6   Tahun   1983   tentang Ketentuan  Umum  dan  Tata  Cara  Perpajakan  sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor   28   Tahun   2007   tentang   Perubahan   Ketiga   atas Undang-Undang  Nomor  6  Tahun   1983  tentang  Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

28.  Di antara Pasal 32A dan Pasal 33 disisipkan  1  (satu) pasal, yakni Pasal 32B sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 32B
Ketentuan   mengenai   pengenaan   pajak   atas   bunga   atau diskonto Obligasi Negara yang diperdagangkan di negara lain berdasarkan   perjanjian   perlakuan    timbal    balik    dengan negara lain tersebut diatur dengan Peraturan Pemerintah.


29.  Ketentuan   Pasal   35   diubah   sehingga   berbunyi   sebagai berikut:


Pasal 35
Hal-hal yang belum cukup diatur dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang  ini   diatur  lebih  lanjut   dengan   Peraturan Pemerintah.

Pasal II

Pada saat Undang-Undang ini mulai berlaku:
1.    Wajib Pajak yang tahun bukunya berakhir setelah tanggal 30 Juni    2001    wajib    menghitung     pajaknya     berdasarkan ketentuan     sebagaimana     diatur     dalam     Undang-Undang Nomor     7     Tahun     1983     tentang     Pajak     Penghasilan sebagaimana  telah  beberapa  kali   diubah  terakhir   dengan Undang-Undang  Nomor  17 Tahun  2000  tentang  Perubahan Ketiga  atas  Undang-Undang  Nomor  7  Tahun  1983  tentang Pajak Penghasilan.
2.    Wajib Pajak yang tahun bukunya berakhir setelah tanggal 30 Juni    2009    wajib    menghitung     pajaknya     berdasarkan ketentuan     sebagaimana     diatur     dalam     Undang-Undang Nomor   7   Tahun   1983   sebagaimana   telah   beberapa   kali diubah terakhir dengan Undang-Undang ini.
Undang-Undang ini mulai berlaku pada tanggal  1 Januari 2009.
Agar       setiap         orang         mengetahuinya,         memerintahkan
pengundangan   Undang-Undang    ini    dengan    penempatannya
dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

Disahkan di Jakarta
pada tanggal 23 September 2008
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
ttd

DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 23 September 2008
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA,
ttd

ANDI MATTALATTA
LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008 NOMOR  133

Salinan sesuai dengan aslinya
SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA
Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan
Bidang Perekonomian dan Industri,

SETIO SAPTO NUGROHO




回复

使用道具 举报

Copyright © 2001-2013 Comsenz Inc. Powered by Discuz! X3.4 京公网安备 11010802035448号 ( 京ICP备19053597号-1,电话18600416813,邮箱1479971814@qq.com ) 了解Tax100创始人胡万军 优化与建议 隐私政策
快速回复 返回列表 返回顶部