Tax100 税百

  • 在线人数 1010
  • Tax100会员 29871
查看: 34|回复: 0

[东南亚] 印度尼西亚《2000年第21号工会法》

1012

主题

2049

帖子

5138

积分

实习版主

Rank: 7Rank: 7Rank: 7

积分
5138
2024-11-29 14:49:40 | 显示全部楼层 |阅读模式
政策文件
政策原文链接: https://peraturan.bpk.go.id/Details/44988/uu-no-21-tahun-2000
发文单位:
文件编号: -
文件名: 2000年第21号工会法
发文日期:
政策解读: -
备注: -
纵横四海点评: -
PRESIDEN
REPUBLIK INDONESIA


UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 21 TAHUN 2000
TENTANG
SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH


DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,


Menimbang     :      
a.   bahwa          kemerdekaan          berserikat,          berkumpul,
mengeluarkan  pikiran  baik  secara  lisan  maupun  secara tulisan,  memperoleh  pekerjaan  dan  penghidupan  yang layak  bagi  kemanusiaan,  serta  mempunyai  kedudukan yang  sama  dalam  hukum  merupakan  hak  setiap  warga negara;
b.   bahwa      dalam      rangka      mewujudkan      kemerdekaan berserikat,    pekerja/buruh     berhak     membentuk     dan mengembangkan    serikat   pekerja/serikat    buruh   yang bebas,  terbuka,  mandiri,  demokratis,  dan  bertanggung jawab;
c.   bahwa  serikat  pekerja/serikat  buruh  merupakan  sarana untuk    memperjuangkan,    melindungi,     dan    membela kepentingan   dan   kesejahteraan   pekerja/buruh   beserta keluarganya,   serta   mewujudkan   hubungan   industrial yang harmonis,dinamis, dan berkeadilan;
d.   bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  tersebut pada huruf a, b, dan c perlu ditetapkan Undang-undang tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh;
Mengingat        :      1.   Pasal  5 ayat  (1), Pasal 20 ayat  (2), Pasal 27, dan Pasal 28
Undang-Undang  Dasar   1945  sebagaimana  telah  diubah dengan Perubahan Pertama Tahun  1999;
2.   Undang-undang     Nomor      18     Tahun      1956     tentang Persetujuan         Konvensi         Organisasi         Perburuhan Internasional       Nomor       98       mengenai       berlakunya Dasar-Dasar   daripada   Hak   untuk   Berorganisasi   dan untuk   Berunding   Bersama    (Lembaran   Negara   Tahun
1956   Nomor   42,   Tambahan   Lembaran   Negara   Nomor 1050);
3.   Undang-undang   nomor   39   Tahun    1999   tentang   Hak Asasi   Manusia   (Lembaran   Negara  Tahun   1999   Nomor
165, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3886);


Dengan Persetujuan
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA


MEMUTUSKAN :
Menetapkan :        UNDANG-UNDANG  TENTANG  SERIKAT  PEKERJA/SERIKAT
BURUH.


BAB I
KETENTUAN UMUM


Pasal  1
Dalam Undang-undang ini yang dimaksuddengan :
1.       Serikat   pekerja/serikat   buruh  adalah  organisasi  yang   dibentuk   dari, oleh,  dan  untuk  pekerja/buruh  baik   di  perusahaan  maupun  di  luar perusahaan,  yang   bersifat   bebas,   terbuka,   mandiri,   demokratis,   dan bertanggung jawab  guna  memperjuangkan,  membela  serta  melindungi hak  dan  kepentingan  pekerja/buruh  serta  meningkatkan  kesejahteraan pekerja/buruhdan keluarganya.
2.       Serikat      pekerja/serikat     buruh      di     perusahaan      adalah     serikat pekerja/serikat  buruh  yang  didirikan  oleh  para  pekerja/buruh  di  satu perusahaan atau di beberapa perusahaan.
3.       Serikat    pekerja/serikat    buruh   di    luar    perusahaan   adalah    serikat pekerja/serikat  buruh  yang   didirikan  oleh  para  pekerja/serikat  yang tidakbekerjadi perusahaan.
4.       Federasi     serikat    pekerja/serikat    buruh    adalah    gabungan     serikat pekerja/serikat buruh.
5.       Konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   adalah   gabungan   federasi serikat pekerja/serikat buruh.
6.       Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalandalambentuk lain.
7.        Pengusaha adalah :
a.       orang    perseorangan,    persekutuan,    atau   badan    hukum    yang menjalankan suatu perusahaan milik sendiri;
b.       orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang secara berdirisendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya;
c.       orang perseorangan, persekutuan, atau badanhukum yang berada di  Indonesia  mewakili  perusahaan  sebagaimana  dimaksud  dalam huruf a danb yang berkedudukandi luar wilayah Indonesia.
8.       Perusahaan  adalah  setiap  bentuk  usaha  yang  berbadan  hukum  atau tidak, milik orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan memberi upah atau imbalandalambentuk lain.
9.       Perselisihan   antar   serikat   pekerja/antar   serikat   burh,   federasi   dan konfederasi   serikat  pekerja/serikat  buruh  adalah  perselisihan  antara serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan     konfederasi    serikat pekerja/serikat  buruh,  dan  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   lain,   karena   tidak   adanya persesuaian  paham  mengenai  keanggotaan  serta  pelaksanaan  hak  dan kewajibankeserikatpekerjaan.
10.     Menteri       adalah      menteri      yang       bertanggungjawab      di      bidang ketenagakerjaan.


BAB II
ASAS, SIFAT, DAN TUJUAN


Pasal 2
(1)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat  buruh  menerima   Pancasila  sebagai  dasar  negara   dan Undang-Undang    Dasar    1945    sebagai    konstitusi    Negara    Kesatuan Republik Indonesia.
(2)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat buruh mempunyai asas yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar  1945 .
Pasal 3
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat  buruh  mempunyai  sifat  bebas,  terbuka,  mandiri,  demokratis, dan bertanggung jawab.
Pasal 4
(1)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat  buruh  bertujuan  memberikan  perlindungan,  pembelaan hak dankepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layakbagi pekerja/serikatdan keluarganya.
(2)      Untuk  mencapai  tujuan  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat  (1)  serikat pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruhmempunyai fungsi :
a.        sebagai  pihak  dalam  pembuatan  perjanjian  kerja  bersama  dan penyelesaian perselisihan industrial;
b.       sebagai wakil  pekerja/buruh  dalam lembaga kerja  sama di bidang ketenagakerjaansesuaidengan tingkatannya;
c.        sebagai  sarana  menciptakan  hubungan industrial yang  harmonis, dinamis,       dan        berkeadilan       sesuai        dengan       peraturan perundang-undangan yang berlaku;
d.       sebagai sarana penyalur aspirasi dalam memperjuangkan hak dan kepentingan anggotanya;
e.        sebagai  perencana,  pelaksana,  dan  penanggungjawab  pemogokan pekerja/buruh   sesuai    dengan   peraturan    perundang-undangan yang berlaku;
f.        sebagai wakil  pekerja/buruh  dalam  memperjuangkan kepemilikan saham di perusahaan;


BAB III
PEMBENTUKAN


Pasal 5
(1)      Setiap  pekerja/buruh  berhak  membentuk  dan  menjadi  anggota  serikat pekerja/serikat buruh.
(2)      Serikat   pekerja/serikat   buruh   dibentuk   oleh   sekurang-kurangnya   10 (sepuluh) orang pekerja/buruh.


Pasal 6
(1)      Serikat  pekerja/serikat  buruh  berhak  membentuk  dan menjadi anggota federasiserikat pekerja/serikat buruh.
(2)       Federasi         serikat         pekerja/serikat        buruh         dibentuk         oleh sekurang-kurangnya 5 (lima) serikat pekerja/serikat buruh.


Pasal 7
(1)      Federasi  serikat  pekerja/serikat  buruh berhak membentuk dan menjadi anggota konfederasiserikat pekerja/serikat buruh.
(2)       Konfederasi       serikat        pekerja/serikat        buruh        dibentuk       oleh sekurang-kurangnya 3 (tiga) federasiserikat pekerja/serikat buruh.


Pasal 8
Perjenjangan   organisasi   serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   diatur   dalam   anggaran   rumah tangganya.


Pasal 9
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat  buruh  dibentuk  atas  kehendak  bebas  pekerja/buruh  tanpa tekanan atau campur tangan pengusaha,pemerintah, partai politik, dan pihak manapun.


Pasal  10
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat   buruh    dapat   dibentuk    berdasarkan   sektor    usaha,   jenis pekerjaan, atau bentuk lain sesuaidengan kehendak pekerja/buruh.


Pasal  11
(1)      Setiap  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat pekerja/serikat  buruh  harus  memiliki  anggaran  dasar  dan  anggaran rumah tangga.
(2)       anggaran       dasar       sebagaimana        dimaksud       dalam       ayat        (1) sekurang-kurangnya harus memuat :
a.        nama dan lambang;
b.        dasar negara, asas, dantujuan;
c.         tanggal pendirian;
d.        tempat kedudukan;
e.        keanggotaandan kepengurusan;
f.         sumber dan pertanggungjawabankeuangan; dan
g.       ketentuan  perubahan  anggaran  dasar  dan/atau  anggaran  rumah tangga.


BAB IV
KEANGGOTAAN


Pasal  12
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat    buruh    harus    terbuka    untuk    menerima    anggota    tanpa membedakanaliran politik, agama, suku agama, dan jenis kelamin.


Pasal  13
Keanggotaan   serikat   pekerja/serikat   buruh   federasi   dan   konfederasi serikat  pekerja/buruh   diatur   dalam   anggaran  dasar  dan  anggaran  rumah tangganya.
(1)      Seorang   pekerja/buruh   tidak   boleh   menjadi   anggota  lebih   dari   satu serikat pekerja/serikat buruhdi satu perusahaan.
(2)      Dalam    hal   seorang    pekerja/serikat   buruh   dalam    satu   perusahaan ternyata  tercatat   pada  lebih   dari  satu  serikat  pekerja/serikat  buruh, yang   bersangkutan   harus   menyatakan   secara   tertulis   satu   serikat pekerja/serikat buruh yang dipilihnya.


Pasal  15
Pekerja/buruh    yang    menduduki   jabatan    tertentu    di    dalam    satu perusahaan  dan jabatan  itu  menimbulkan  pertentangan  kepentingan  antara pihak  pengusaha  dan  pekerja/buruh,  tidak  boleh  menjadi  pengurus  serikat pekerja/serikat buruhdi perusahaan yang bersangkutan.


Pasal  16
(1)      Setiap  serikat  pekerja/serikat  buruh  hanya  dapat  menjadi  anggota  dari satu federasiserikat pekerja/serikat buruh.
(2)      Setiap   federasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   hanya   dapat   menjadi anggota dari satu konfederasiserikat pekerja/serikat buruh.


Pasal  17
(1)      Pekerja/buruh  dapat  berhenti  sebagai  anggota  serikat  pekerja/serikat buruh dengan pernyataan tertulis.
(2)      Pekerja/buruh  dapat  diberhentikan  dari  serikat  pekerja/serikat  buruh sesuai  dengan  ketentuan  anggaran  dasar  dan/atau  anggaran  rumah tangga serikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan.
(3)      Pekerja/buruh,  baik  sebagai  pengurus  maupun  sebagai  anggota  serikat pekerja/serikat  buruh  yang  berhenti  atau  diberhentikan  sebagaimana dimaksud  dalam  ayat  (1)  dan  ayat  (2)  tetap  bertanggung  jawab   atas kewajiban   yang   belum   dipenuhinya   terhadap   serikat   pekerja/serikat buruh.
BAB V
PEMBERITAHUAN DAN PENCATATAN


Pasal  18
(1)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat   buruh  yang   telah   terbentuk   memberitahukan   secara tertulis  kepada  instansi  pemerintah  yang  bertanggungjawab  di  bidang ketenagakerjaan setempat untuk dicatat.
(2)       Pemberitahuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dengan dilampiri : a.        daftar nama anggota pembentuk;
b.        anggaran dasar dan anggaran rumah tangga;
c.        susunan dan nama pengurus.


Pasal  19
Nama    dan    lambang    serikat    pekerja/serikat    buruh,    federasi    dan konfederasiserikat pekerja/serikat buruh yang akandiberitahukantidak boleh sama  dengan  nama  dan  lambang  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan konfederasiserikat pekerja/serikat buruh yang telah tercatat terlebih dahulu.


Pasal 20
(1)      Instansi  pemerintah,  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal   18  ayat  (1), wajib   mencatat   dan   memberikan   nomor   bukti   pencatatan   terhadap serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan     konfederasi    serikat pekerja/serikat   buruh  yang  telah   memenuhi  ketentuan   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, Pasal  5 ayat  (2), Pasal 6 ayat  (2), Pasal 7 ayat (2),  Pasal  11,  Pasal   18  ayat  (2),  dan  Pasal   19,  selambat-lambatnya  21 (dua    puluh     satu)    hari     kerja     terhitung    sejak     tanggal    diterima pemberitahuan.
(2)      Instansi   pemerintah   sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal   18  ayat   (1) dapat    menangguhkan     pencatatan     dan     pemberian     nomor     bukti pencatatan   dalam   hal    serikat   pekerja/serikat    buruh,   federasi    dan konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  belum  memenuhi  ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, Pasal 5 ayat (2), Pasal 6 ayat (2), Pasal 7 ayat (2), Pasal  11, Pasal  18 ayat (2), dan Pasal  19 .
(3)       Penangguhan      sebagaimana      dimaksud       dalam      ayat       (2),      dan alasan-alasannya     diberitahukan     secara      tertulis     kepada     serikat pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruh  yang   bersangkutan  selambat-lambatnya   14   (empat  belas)  hari kerjaterhitung sejak tanggalditerimapemberitahuan.


Pasal 21
Dalam hal perubahan anggaran dasar dan/atau anggaran rumah tangga, pengurus   serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan   konfederasi   serikat pekerja/serikat     buruh     memberitahukan      kepada     instansi     pemerintah sebagaimana dimaksud dalam  Pasal  18  ayat  (1) paling lambat 30  (tiga puluh) hari   sejak   tanggal   perubahan   anggaran   dasar   dan/atau   anggaran   rumah tangga tersebut.


Pasal 22
(1)      Instansi  pemerintah   sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal   18  ayat   (1), harus  mencatat  serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat    pekerja/serikat     buruh    yang     telah    memenuhi     ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, Pasal 5 ayat (2), Pasal 6 ayat (2),
Pasal 7 ayat  (2), Pasal  11,  Pasal  18 ayat  (2), dan Pasal  119  dalam buku pencatatan dan memeliharadenganbaik.
(2)      Buku  pencatatan  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat  (1),  harus  dapat dilihat disetiap saat danterbukauntuk umum.


Pasal 23
Pengurus serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat pekerja/serikat  buruh yang  telah  mempunyai  nomor  bukti  pencatatan  harus memberitahukan  secara  tertulis  keberadaannya  kepada  mitra  sesuai  dengan tingkatannya.


Pasal 24
Ketentuan  mengenai  tata  cara  pencatatan  diatur  lebih  lanjut  dengan keputusan menteri.


BAB VI
HAK DAN KEWAJIBAN


Pasal 25
(1)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat  buruh  yang  telah  mempunyai  nomor  bukti  pencatatan berhak :
a.       membuat perjanjiankerjabersama dengan pengusaha;
b.       mewakili      pekerja/buruh     dalam     menyelesaikan     perselisihan industrial;
c.        mewakilipekerja/buruhdalam lembaga ketenagakerjaan;
d.       membentuk   lembaga   atau   melakukan   kegiatan  yang   berkaitan denganusaha peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh;
e.        melakukan kegiatan lainnya di bidang ketenagakerjaan yang tidak bertentangandengan perundang-undangan yang berlaku.
(2)      Pelaksanaan  hak-hak  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat  (1)  dilakukan sesuaidengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Pasal 26
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat buruh dapat berafiliasi dan/atau bekerja sama dengan serikat pekerja/serikat buruh internasional dan/atau organisasi internasional lainnya dengan ketentuan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Pasal 27
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat
pekerja/serikat   buruh    yang    telah    mempunyai    nomor   bukti    pencatatan berkewajiban :
a.        melindungi   dan    membela    anggota    dari   pelanggaran    hak-hak    dan memperjuangkan kepentingannya;
b.       memperjuangkan peningkatan kesejahteraan anggota dan keluarganya;
c.        mempertanggungjawabkan    kegiatan     organisasi    kepada     anggotanya sesuaidengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.


BAB VII
PERLINDUNGAN HAK BERORGANISASI


Pasal 28
Siapapun  dilarang  menghalang-halangi  atau  memaksa  pekerja/buruh untuk   membentuk   atau   tidak   membentuk,   menjadi   pengurus   atau   tidak menjadi  pengurus,  menjadi  anggota  atau  tidak  menjadi  anggota  dan/atau menjalankan  atau  tidak  menjalankan  kegiatan  serikat  pekerja/serikat  buruh dengan cara :
a.       melakukan   pemutusan   hubungan   kerja,   memberhentikan   sementara, menurunkan jabatan, atau melakukan mutasi;
b.       tidakmembayar atau mengurangi upahpekerja/buruh;
c.         melakukan intimidasidalambentuk apapun;
d.       melakukankampanye antipembentukan serikat pekerja/serikat buruh.


Pasal 29
(1)      Pengusaha   harus   memberi   kesempatan   kepada   pengurus   dan/atau anggota   serikat   pekerja/serikat   buruh   untuk   menjalankan   kegiatan serikat  pekerja/serikat  buruh   dalam  jam  kerja  yang  disepakati  oleh kedua   belah    pihak   dan/atau   yang    diatur    dalam   perjanjian    kerja bersama.
(2)      Dalam    kesepakatan   kedua    belah   pihak    dan/atau   perjanjian    kerja bersama sebagaimana dimaksuddalam ayat (1) harus diatur mengenai :   a.       jenis kegiatan yang diberikan kesempatan;
b.        tata cara pemberian kesempatan;
c.        pemberian   kesempatan   yang   mendapat   upah   dan   yang   tidak mendapat upah.


BAB VIII
KEUANGAN DAN HARTA KEKAYAAN


Pasal 30
Keuangan serikat pekerja/serikat buruh, federasi dankonfederasiserikat pekerja/serikat buruhbersumber dari :
a.        iuran  anggota  yang  besarnya   ditetapkan  dalam  anggaran  dasar   atau anggaran dasar atau anggaran rumah tangga;
b.        hasil usaha yang sah; dan
c.        bantuan anggota atau pihak lain yang tidakmengikat.


Pasal 31
(1)      Dalam  hal  bantuan  pihak  lain,  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  30 huruf   c,   berasal   dari   luar   negeri,   pengurus   serikat   pekerja/serikat buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  harus memberitahukan secara tertulis kepada instansi yang bertanggung jawab di    bidang    ketenagakerjaan    sesuai    dengan     peraturan    perundang- undangan yang berlaku.
(2)      Bantuan    sebagaimana   dimaksud    dalam   ayat    (1)   digunakan   untuk meningkatkan kualitas dankesejahteraan anggota.


Pasal 32
Keuangan  dan  harta  kekayaan  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  harus  terpisah  dari  keuangan  dan harta kekayaanpribadi pengurus dan anggotanya.


Pasal 33
Pemindahan   atau  pengalihan  keuangan   dan   harta  kekayaan  kepada pihak lain serta investasidanadanusahalain yang sahhanya dapat dilakukan menurut    anggaran     dasar    dan/atau     anggaran     rumah    tangga     serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan.


Pasal 34
(1)      Pengurus    bertanggung   jawab    dalam    penggunaan    dan    pengelolaan keuangan  dan  harta  kekayaan  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi dankonfederasiserikat pekerja/serikat buruh.
(2)      Pengurus   wajib   memuat   pembukuan   keuangan   dan   harta   kekayaan
serta melaporkan  secara berkala kepada anggotanya menurut anggaran dasar  dan/atau  anggaran  rumah  tangga  serikat  pekerja/serikat  buruh, federasi     dan      konfederasi     serikat     pekerja/serikat      buruh     yang bersangkutan.


BAB IX
PENYELESAIAN PERSELISIHAN


Pasal 35
Setiap  perselisihan  antar  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan konfederasi   serikat  pekerja/serikat  buruh  diselesaikan  secara  musyawarah oleh    serikat     pekerja/serikat    buruh,     federasi    dan     konfederasi    serikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan.


Pasal 36
Dalam  hal  musyawarah  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  35  tidak mencapai    kesepakatan,    perselisihan    antarserikat    pekerja/serikat    buruh, federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  diselesaikan  sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


BAB X
PEMBUBARAN


Pasal 37
Serikat    pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat buruh bubardalam hal :
a.        dinyatakan   oleh   anggotanya   menurut   anggaran   dasar   dan   anggaran rumah tangga;
b.       perusahaan       tutup       atau       menghentikan        kegiatannya       untuk selama-lamanya  yang   mengakibatkan  putusnya  hubungan  kerja  bagi seluruh pekerja/serikat buruh di perusahaan setelah seluruh kewajiban pengusaha   terhadap   pekerja/buruh   diselesaikan   menurut   peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c.        dinyatakan dengan putusan Pengadilan.


Pasal 38
(1)      Pengadilan   sebagaimana   dimaksud   dalam   Pasal   37   huruf   c   dapat membubarkan  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi serikat pekerja/serikat buruhdalam hal :
a.       serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan   konfederasi   serikat
pekerja/serikat buruh mempunyai asas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD  1945;
b.       pengurus   dan/atau   anggota   atas   nama   serikat   pekerja/serikat buruh,   federasi   dan   konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh terbukti   melakukan   kejahatan   terhadap   keamanan   negara   dan dijatuhi  pidana  penjara  sekurang-kurangnya  5  (lima)  tahun  yang telah mempunyaikekuatanhukum tetap.
(2)      Dalam  hal  putusan yang  dijatuhkan  kepada  para pelaku tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) hurufb, lama hukumannya tidak sama, maka sebagai dasar gugatan pembubaran serikat pekerja/serikat buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat    pekerja/serikat     buruh, digunakan putusan yang memenuhi syarat.
(3)      Gugatan    pembubaran    serikat    pekerja/serikat   buruh,    federasi    dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh sebagaimana dimaksud dalam ayat    (1)   dan    ayat    (2)   diajukan    oleh    instansi   pemerintah    kepada pengadilan    tempat     serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan konfederasi      serikat      pekerja/serikat      burh      yang      bersangkutan berkedudukan.


Pasal 39
(1)      Bubarnya serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat pekerja/serikat  buruh  tidak  melepaskan  para  pengurus  dari  tanggung jawabdan kewajibannya,baik terhadap anggota maupun terhadappihak lain.
(2)      Pengurus  dan/atau  anggota  serikat  pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi    serikat    pekerja/serikat    buruh   yang    terbukti    bersalah menurut      keputusan       pengadilan      yang       menyebabkan       serikat pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruhdibubarkantidak boleh membentuk dan menjadi pengurus serikat pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruh  lain  selama  3  (tiga)  tahun  sejak  putusan  pengadilan  mengenai pembubaran   serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan   konfederasi serikat pekerja/serikat buruhtelah mempunyaikekuatanhukum tetap.


BAB XI
PENGAWASAN DAN PENYIDIKAN


Pasal 40
Untuk   menjamin   hak   pekerja/buruh   berorganisasi   dan   hak   serikat pekerja/serikat    buruh     melaksanakan     kegiatannya,     pegawai     pengawas ketenagakerjaan      melakukan      pengawasan      sesuai      dengan      peraturan perundang-perundangan yang berlaku.
Selain  penyidik  pejabat  Polisi  Negara  Republik  Indonesia,  juga  kepada pejabat  pegawai  negeri  sipil  tertentu  di  lingkungan  instansi  pemerintah yang lingkup   tugas    dan    tanggungjawabnya   di    bidang   ketenagakerjaan    diberi wewenang       khusus       sebagai       penyidik       sesuai       dengan       peraturan perundang-undangan   yang   berlaku    untuk   melakukan   penyidikan    tindak pidana.


BAB XII SANKSI
Pasal 42
(1)       Pelanggaran terhadap Pasal  5 ayat  (2), Pasal 6 ayat  (2), Pasal 7 ayat  (2), Pasal    21    atau    Pasal    31    dapat    dikenakan    sanksi    administratip pencabutan   nomor   bukti   pencatatan   serikat   pekerja/serikat   buruh, federasi dankonfederasiserikat pekerja/serikat buruh.
(2)      Serikat     pekerja/serikat     buruh,    federasi     dan    konfederasi     serikat pekerja/serikat    buruh    yang    dicabut    nomor    bukti    pencatatannya kehilangan haknya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) huruf a, b, dan c sampai denganwaktu serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi  serikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan telah memenuhi ketentuan Pasal  5 ayat  (2), Pasal  6 ayat  (2), Pasal 7 ayat  (2), Pasal 21 atau Pasal 31 .


Pasal 43
(1)      Barang  siapa  yang  menghalang-halangi  atau  memaksa  pekerja/buruh sebagaimana   dimaksud   dalam    Pasal   28,   dikenakan    sanksi   pidana penjara  paling  singkat   1  (satu)  tahun  dan  paling  lama  5  (lima)  tahun dan/atau  denda  paling  sedikit  Rp  100.000.000,00  (seratus juta  rupiah) dan paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) .
(2)      Tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat  (1) merupakan tindak pidana kejahatan.


BAB XIII
KETENTUAN LAIN-LAIN
(1)      Pegawai negerisipil mempunyai hak dankebebasan untuk berserikat.
(2)      Hak  dan  kebebasan  berserikat  sebagaimana  dimaksud  dalam  ayat  (1) pelaksanaannya diatur dengan undang-undang tersendiri.


BAB XIV
KETENTUAN PERALIHAN


Pasal 45
(1)      Pada  saat  diundangkannya  undang-undang  ini  serikat  pekerja/serikat buruh, federasi dankonfederasiserikat pekerja/serikat buruh yang telah mempunyai   nomor   bukti   pencatatan   harus   memberitahukan   untuk diberi   nomor   bukti   pencatatan  yang   baru   sesuai   dengan   ketentuan undang-undang  ini  selambat-lambatnya  1  (satu)  tahun  terhitung  sejak mulai berlakunya undang-undang ini.
(2)      Dalam jangka  waktu  1  (satu)  tahun  terhitung  sejak  undang-undang ini mulai  berlaku,  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi serikat   pekerja/serikat   buruh  yang   tidak   menyesuaikan   diri   dengan ketentuan  undang-undang  ini  dianggap  tidak  mempunyai  nomor  bukti pencatatan.


Pasal 46
Pemberitahuan   pembentukan   serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi dan  konfederasi   serikat  pekerja/serikat  buruh  yang   telah  diajukan,  tetapi pemberitahuan tersebut belum selesai diproses saat undang-undang ini mulai berlaku, harus diproses menurut ketentuan undang-undang ini.


BAB XV
KETENTUAN PENUTUP


Pasal 47
Undang-undang inimulai berlakupadatanggaldiundangkan.
Agar    setiap    orang    mengetahuinya,    memerintahkan    pengundangan undang-undang ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.


Disahkan di Jakarta
pada tanggal 4 Agustus 2000
PRESIDEN                           REPUBLIK
INDONESIA,
ttd.


ABDURRAHMAN WAHID
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 4 Agustus 2000
SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA,
ttd.
DJOHAN EFFENDI


LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2000 NOMOR  131


PRESIDEN
REPUBLIK INDONESIA


PENJELASAN
ATAS
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 21 TAHUN 2000
TENTANG
SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH


I.       UMUM
Pekerja    buruh    sebagai    warga    negara    mempunyai    persamaan kedudukan   dalam   hukum,    hak   untuk   mendapatkan   pekerjaan   dan penghidupan yang layak, mengeluarkan pendapat, berkumpul dalam satu organisasi, serta mendirikan dan menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh.
Hak  menjadi  anggota  serikat  pekerja/serikat  buruh  merupakan  hak asasi     pekerja/buruh     yang     telah     dijamin      di     dalam     Pasal     28 Undang-Undang  Dasar  1945 .  Untuk  mewujudkan  hak  tersebut,  kepada setiap  pekerja/buruh  harus  diberikan  kesempatan  yang  seluas-luasnya mendirikan  dan  menjadi  anggota  serikat  pekerja/serikat  buruh.  Serikat pekerja/serikat buruh berfungsi  sebagai  sarana untuk memperjuangkan, melindungi,  dan  membela  kepentingan  dan  meningkatkan  kesejahteraan pekerja/buruh   dan   keluarganya.    Dalam   menggunakan    hal   tersebut, pekerja/buruh dituntut bertanggung jawab untuk menjamin kepentingan yang  lebih  luas  yaitu  kepentingan  bangsa  dan  negara.  Oleh  karena  itu, penggunaan   hak    tersebut   dilaksanakan    dalam    kerangka   hubungan industrial yang harmonis,dinamis, dan berkeadilan.
Hak   berserikat    bagi   pekerja/buruh,    sebagaimana   diatur    dalam Konvensi   International   Labour    Organization   (ILO)    Nomor   87   tentang Kebebasan  Berserikat  dan  Perlindungan  Hak  Untuk  Berorganisasi,  dan Konvensi ILO Nomor 98 mengenai Berlakunya Dasar-dasar Daripada Hak Untuk  Beroragnisasi  dan  Untuk  Berunding  Bersama  sudah  diratifikasi oleh   Indonesia   menjadi    bagian   dari    peraturan   perundang-undangan nasional.
Namun,   selama   ini    belum   ada   peraturan   yang    secara   khusus mengatur   pelaksanaan    hak   berserikat    bagi   pekerja/buruh    sehingga serikat   pekerja/serikat   buruh   belum   dapat   melaksanakan   fungsinya secara maksimal.  Konvensi ILO yang dimaksud menjamin hak berserikat pegawai negeri sipil, tetapi karena fungsinya sebagai pelayan masyarakat pelaksanaan hak itudiatur tersendiri.


Pekerja/buruh   merupakan    mitra   kerja    pengusaha   yang    sangat penting     dalam      proses      produksi      dalam      rangka      meningkatkan kesejahteraan  pekerja/buruh  dan  keluarganya,  menjamin  kelangsungan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.  Sehubungan  dengan  hal  itu,  serikat  pekerja/serikat  buruh merupakan  sarana  untuk  memperjuangkan  kepentingan  pekerja/buruh dan   menciptakan   hubungan   industrial   yang   harmonis,   dinamis,   dan berkeadilan.  Oleh  karena  itu,  pekerja/buruh  dan  serikat  pekerja/serikat buruh    harus    memiliki    rasa    tanggung    jawab     atas    kelangsungan perusahaan      dan      sebaiknya      pengusaha      harus      memperlakukan pekerja/buruh    sebagai    mitra    sesuai    dengan    harkat    dan    martabat kemanusiaan.
Masyarakat    pekerja/buruh,    serikat    pekerja/serikat    buruh,    dan pengusaha  di  Indonesia  merupakan  bagian  dari  masyarakat  dunia yang sedang menuju era pasar bebas. Untuk menghadapi hal tersebut, semua pelaku dalam proses produksi perlu bersatu dan menumbuhkembangkan sikap     profesional.     Di     samping     itu,     pekerja/buruh     dan     serikat pekerja/serikat  buruh  perlu  menyadari  pentingnya  tanggung jawab yang sama  dengan  kelompok  masyarakat  lainnya  dalam  membangun  bangsa dan negara.
Serikat   pekerja/serikat   buruh   didirikan    secara   bebas,   terbuka, mandiri,  demokratis,  dan  bertanggung jawab  oleh  pekerja/buruh  untuk memperjuangkan kepentingan pekerja/buruhdan keluarganya.
Dalam      pembentukan      serikat      pekerja/serikat      buruh      dapat menggunakan   nama   yang   berbeda   seperti   antara   lain   perkumpulan pekerja/perkumpulan    buruh,     organisasi     pekerja/organisasi    buruh, sebagaimana diaturdalam ketentuan undang-undang ini.


II.        PASAL DEMI PASAL


Pasal  1
Cukup jelas


Pasal 2
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Meskipun  serikat  pekerja/serikat  buruh bebas  menentukan asas     organisasinya,     serikat     pekerja/serikat     buruh     tidak     boleh menggunakan     asas     yang     bertentangan     dengan     Pancasila     dan Undang-Undang Dasar  1945 karena Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang    Dasar    1945    sebagai    konstitusi    Negara    Kesatuan
Republik Indonesia.


Pasal 3
Yang dimaksud dengan :
-          Bebas  ialah  bahwa  sebagai  organisasi  dalam  melaksanakan hak   dan   kewajibannya,   serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh tidak di bawah pengaruh atau tekanandaripihak lain;
-         Terbuka ialah bahwa serikat pekerja/serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh dalam menerima anggota dan/atau      memperjuangkan       kepentingan       pekerja/buruh      tidak membedakanaliran politik, agama, suku bangsa, dan jenis kelamin;
-          Mandiri  ialah  bahwa  dalam  mendirikan,  menjalankan,  dan mengembangkan   organisasi   ditentukan   oleh  kekuasaan   sendiri  tidak dikendalikanoleh pihak lain di luar organisasi;
-          Demokratis   ialah   bahwa   dalam   pembentukan   organisasi, pemilihan   pengurus,   memperjuangkan   dan   melaksanakan   hak   dan kewajibannya organisasidilakukansesuai denganprinsip demokrasi;
-          Bertanggung jawab ialah bahwa dalam mencapai tujuan dan melaksanakan  hak  dan  kewajibannya,  serikat  pekerja/serikat  buruh, federasi   dan   konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   bertanggung jawabkepada anggota, masyarakat, dan negara.


Pasal 4
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2) Huruf a
Cukup jelas


Huruf b
Yang    dimaksud    dengan    lembaga    kerjasama    di    bidang ketenagakerjaan,    misalnya    Lembaga    Kerjasama    Bipartit,     Lembaga Kerjasama  Tripartit   dan   lembaga-lembaga   lain  yang   bersifat  tripartit seperti Dewan Pelatihan Kerja Nasional, Dewan Keselamatan Kerja, atau Dewan Penelitian Pengupahan.
Pada  lembaga-lembaga  tersebut  di  atas  dibahas  kebijakan yang berkaitandengan ketenagakerjaan perburuhan.


Huruf c
Cukup jelas


Huruf d
Cukup jelas


Huruf e
Cukup jelas


Huruf f
Cukup jelas


Pasal 5
Cukup jelas


Pasal 6
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Yang   dimaksud    dengan   federasi    serikat   pekerja/serikat buruh  adalah  gabungan  beberapa  serikat  pekerja/serikat  buruh  baik berdasarkan  sektor  usaha,  antarsektor  usaha  sejenis  atau  tidak, jenis pekerjaan atau bentuk lain sesuaidengan kehendak pekerja/buruh.


Pasal 7
Cukup jelas


Pasal 8
Yang   dimaksud   dengan   penjenjangan   organisasi   serikat pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruh      sesuai      dengan      wilayah       pemerintahan      yaitu      tingkat kabupaten/kota, propinsi, dannasional.


Pasal 9
Cukup jelas


Pasal  10
-          Yang   dimaksud    dengan   sektor    usaha   dalam    pasal   ini termasuk   usaha   jasa.   Contoh   serikat    pekerja/serikat   buruh   yang dibentuk berdasarkan sektor usaha, yaitu serikat pekerja/serikat buruh di perusahaan tekstil bergabung dengan serikat pekerja/serikat buruhdi perusahaan   tekstil   lainnya,    atau   serikat    pekerja/serikat   buruh    di perusahaan  jasa  perhotelan  bergabung  dengan  serikat  pekerja/serikat buruhdi perusahaan jasa perhotelan lainnya.
-         Yang  dimaksud  sengan  serikat  pekerja/serikat  buruh  yang dibentuk  berdasarkan jenis  pekerjaan  misalnya  serikat  pekerja/serikat buruhtukanglas atau serikat pekerja/serikat buruh pengemudi.
-         Yang    dimaksud    dengan    serikat    pekerja/serikat    buruh bentuk  lain  adalah  suatu  serikat  pekerja/serikat  buruh  yang  dibentuk tidak   berdasarkan   satu   sektor   usaha   tertentu   atau  jenis   pekerjaan tertentu.  Misalnya  pekerja/buruh  di  perusahaan  roti,  pekerja/buruh  di perusahaan   batik,   dan    pekerja/buruh   di   perusahaan    sepatu   atau pekerja/buruh   pembantu   rumah    tangga,   para   pekerja/buruh   yang bersangkutan    bergabung    membentuk    satu    serikat    pekerja/serikat buruh.


Pasal  11
Serikat pekerja/serikat buruh yang menjadi anggota federasi serikat  pekerja/serikat  buruh  dapat  menggunakan  anggaran  dasar  dan anggaran rumah tangga federasiserikat pekerja/serikat buruh, demikian juga  federasi  yang  menjadi  anggota  konfederasi  serikat  pekerja/serikat buruh dapat menggunakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga konfederasiserikat pekerja/serikat buruh.


Pasal  12
Serikat   pekerja/serikat   buruh,   federasi   dan   konfederasi serikat     pekerja/serikat      buruh      dibentuk      untuk      meningkatkan kesejahteraan   dan   perlindungan   bagi   kaum    pekerja/buruh   beserta keluarganya.  Oleh  karena  itu,  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi dan  konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  tidak  boleh  membatasi dirinyahanyauntuk kelompok-kelompok pekerja/buruh tertentu saja.


Pasal  13
Cukup jelas


Pasal  14
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Dalam  pernyataan  tertulis  yang  dibuatnya,  pekerja/buruh dapat menyatakan bahwa yang bersangkutan sama sekali tidak memilih di antara serikat pekerja/serikat buruh yang ada.


Pasal  15
Jabatan  tertentu yang  dimaksud  dalam  pasal  ini,  misalnya manajer   sumber   daya    manusia,   manajer    keuangan,   atau    manajer personaliasebagaimana yang disepakatidalam perjanjiankerjabersama.


Pasal  16
Cukup jelas


Pasal  17
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Cukup jelas
Ayat (3)
Tanggung jawab  dalam  ayat  ini  meliputi  seluruh  kewajiban yang   belum   diselesaikan    oleh   pengurus    dan/atau   anggota    serikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan termasuk kewajiban terhadap pihak ketiga.


Pasal  18
Cukup jelas


Pasal  19
Cukup jelas


Pasal 20
Cukup jelas


Pasal 21
Cukup jelas


Pasal 22
Cukup jelas


Pasal 23
Cukup jelas


Pasal 24
Cukup jelas


Pasal 25
Ayat (1) Huruf a
Cukup jelas
Huruf b
Cukup jelas
Huruf c
Cukup jelas Huruf d


Yang  dimaksud  dengan  usaha   peningkatan  kesejahteraan pekerja/buruhadalah mendirikankoperasi, yayasan, atau bentukusaha lain.
Huruf e
Cukup jelas
Ayat (2)
Cukup jelas


Pasal 26
Cukup jelas


Pasal 27
Cukup jelas


Pasal 28
Cukup jelas


Pasal 29
Yang dimaksud dengan pemberian kesempatan dalam pasal ini, adalah membebaskan pengurus dan anggota serikat pekerja/serikat buruh   dalam   beberapa  waktu  tertentu   dari  tugas  pokoknya   sebagai pekerja/buruh,     sehingga     dapat     melaksanakan     kegiatan      serikat pekerja/serikat buruh.


Pasal 30
Cukup jelas


Pasal 31
Cukup jelas


Pasal 32
Cukup jelas


Pasal 33
Cukup jelas


Pasal 34
Cukup jelas


Pasal 35
Cukup jelas


Pasal 36
Cukup jelas


Pasal 37
Huruf a
Cukup jelas
Huruf b
Cukup jelas
Huruf c
Walaupun   pihak-pihak   lain   di   luar   pekerja/buruh   tidak dapat    membubarkan    serikat    pekerja/serikat    buruh,    federasi    dan konfederasi  serikat  pekerja/serikat  buruh  hal  ini  tidak  dapat  berlaku secara  mutlak  karena  kepentingan  negara  harus  tetap  dilindungi.  Oleh sebab  itu, undang-undang  ini  memberi  kewenangan kepada pengadilan untuk    membubarkan    serikat    pekerja/serikat    buruh,    federasi    dan konfederasiserikat pekerja/serikat buruh dengan syarat-syarat tertentu.


Pasal 38
Ayat (1) Huruf a
Cukup jelas
Huruf b
Yang    dimaksud    dengan    kejahatan    terhadap    keamanan negara  adalah  kejahatan  sebagaimana  dimaksud  pada  Buku  II  Bab  I Kitab  Undang-Undang  Hukum  Pidana  dan  Undang-Undang  Nomor  27 Tahun  1999  tentang  Perubahan  Kitab  Undang-Undang  Hukum  Pidana yang berkaitandengan Kejahatan Terhadap Keamanan Negara.
Ayat (2)
Yang  dimaksud  dengan  lama  hukuman  yang   tidak  sama dalam   ayat    ini    misalnya   terdapat    5    pelaku    tindak   pidana    yang masing-masingdijatuhipenjara 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, dan 6  tahun,  maka  yang  memenuhi  syarat  adalah  putusan  yang  5  dan  6 tahun.
Ayat (3)
Cukup jelas


Pasal 39
Ayat (1)
Yang  dimaksud  dengan  tidak  melepaskan  para  pengurus dari   tanggung   jawabnya   misalnya   membayar   dan   menagih   hutang piutang   dan   tanggung   jawab   administratif   misalnya   menyelesaikan pembukuan atau dokumen organisasi.
Ayat (2)
Cukup jelas
Pasal 40
Yang   dimaksud    dengan   peraturan    perundang-undangan dalam  pasal  ini  adalah  Undang-Undang  Nomor  3  Tahun   1951  tentang Pernyataan Berlakunya Undang-Undang Pengawasan Perburuhan Tahun 1948 Nomor 23 dari Republik Indonesia untuk Seluruh Indonesia.


Pasal 41
Yang   dimaksud    dengan   peraturan    perundang-undangan dalam  pasal  ini  adalah  Undang-Undang  Nomor  8  Tahun   1981  tentang Hukum Acara Pidana.


Pasal 42
Ayat (1)
Pencabutan  nomor bukti pencatatan  serikat pekerja/serikat buruh,   federasi   dan   konfederasi   serikat   pekerja/serikat   buruh   tidak berarti  serikat  pekerja/serikat  buruh,  federasi  dan  konfederasi  serikat pekerja/serikat    buruh    tersebut    bubar,    tetapi    kehilangan    haknya sebagaimana diatur dalam Pasal 25 ayat (1) huruf a, b, dan c.
Instansi   pemerintah   yang   bertanggung   jawab   di   bidang ketenagakerjaan  memberitahukan  pencabutan  nomor  bukti  pencatatan kepada    mitra    kerja    serikat    pekerja/serikat    buruh,     federasi    dan konfederasiserikat pekerja/serikat buruh yang bersangkutan.
Ayat (2)
Setelah  serikat  pekerja/serikat  buruh  memenuhi  ketentuan Pasal 5 ayat (2), Pasal 6 ayat (2), Pasal 7 ayat (2), Pasal 21, dan Pasal 31 maka  nomor  bukti  pencatatan  yang  diberlakukan  adalah  nomor  bukti pencatatan yang lama.


Pasal 43
Cukup jelas


Pasal 44
Cukup jelas


Pasal 45
Cukup jelas


Pasal 46
Cukup jelas


Pasal 47
Cukup jelas


TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3989
回复

使用道具 举报

Copyright © 2001-2013 Comsenz Inc. Powered by Discuz! X3.4 京公网安备 11010802035448号 ( 京ICP备19053597号-1,电话18600416813,邮箱1479971814@qq.com ) 了解Tax100创始人胡万军 优化与建议 隐私政策
快速回复 返回列表 返回顶部